Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adivaazzahraAvatar border
TS
adivaazzahra
Inovasi Teknologi Pendidikan: Membantu Menutup Kesenjangan Kemampuan [Kompetisi KGPT]

Inovasi Teknologi Pendidikan: Membantu Menutup Kesenjangan Kemampuan [Kompetisi KGPT]

Dokpri

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat siang Agan dan Sista. Masih membahas seputar inovasi teknologi dalam bidang pendidikan, kali ini yang akan dibahas adalah tentang "Inovasi Teknologi Pendidikan dalam Membantu Menutup Kesenjangan Kemampuan."

Sudah buka hal baru dan aneh lagi, bahwa teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam sistem pendidikan modern. Dalam beberapa waktu lalu, majalah TIME merilis empat inovasi terbaik 2020 di bidang pendidikan. Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah penciptaan untuk menutup kesenjangan kemampuan Matematika dan membaca bagi siswa sekolah dasar.

Inovasi dalam pendidikan adalah penciptaan atau desain ulang produk, proses, dan model bisnis yang bertujuan untuk membuat perubahan positif dalam ruang kelas, sekolah, universitas, praktik pelatihan, dan pembelajaran organisasi.

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran memberikan dampak positif bagi peserta didik. Teknologi membantu peserta didik untuk mengejar minat pribadi mereka, mempelajari topik-topik yang mereka sukai, dan memperoleh pemahaman yang lebih dalam. Kemampuan untuk mempelajari topik minat pribadi ini mengajarkan peserta didik untuk belajar secara eksploratif, sehingga membantu menanamkan pemikiran pembelajaran seumur hidup.

Akses teknologi yang adil juga membantu menutup kesenjangan digital, sehingga semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama dalam pembelajaran. Selain itu, teknologi juga dapat membangun kepercayaan diri peserta didik melalui latihan dan memperkuat penggunaan keterampilan berbahasa yang baik.

Salah satu contoh inovasi teknologi dalam pendidikan adalah proyek "In Touch With Molecules". Proyek ini memungkinkan peserta didik untuk memanipulasi model bola dan tongkat fisik dari sebuah molekul, sementara kamera merekam dan memvisualisasikannya dengan fenomena ilmiah. Dengan menghubungkan interaksi fisik dan virtual menggunakan teknologi pembelajaran, proyek ini berhasil menjembatani dunia nyata dan abstrak dalam pembelajaran.

Pendidik juga memainkan peran penting dalam mendorong inovasi teknologi dalam pendidikan. Pendidik yang memiliki visi jauh, reseptif terhadap perubahan, dan semangat sebagai perintis memiliki kesempatan untuk membentuk dan mengendalikan inovasi inspiratif dan imajinatif dalam pembelajaran.

Keterlibatan teknologi dalam sistem pendidikan membuka peluang untuk pembelajaran yang lebih dinamis dan kreatif. Selain itu, teknologi juga membantu memangkas kesenjangan pendidikan dan memperkuat hubungan antara pendidik dan peserta didik.

Dalam dunia yang terus berkembang ini, inovasi teknologi pendidikan menjadi salah satu kunci untuk menutup kesenjangan kemampuan dan memberikan pendidikan yang lebih baik lagi bagi generasi bangsa di masa mendatang.

Baiklah, sekian thread kali ini. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


0
658
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan