si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Dua Karyawan Goodyear Meninggal Saat Melakukan Uji Coba Ban di Sirkuit Nurburgring
Quote:


Kabar duka datang dari manufaktur ban ternama, yakni Goodyear, perusahaan ini telah kehilangan dua pegawainya saat sedang melakukan tes ban di sirkuit Nurburgring. Mengutip artikel media Jerman, yakni Merkur, kecelakaan itu terjadi pada hari Rabu (09/08/2023). Dua karyawan yang meninggal merupakan pegawai Goodyear yang berbasis di Luxembourg. Mereka mendapat tugas untuk melakukan tes ban memakai Porsche 911 Carrera S pada Rabu pagi.

Menurut beberapa saksi mata, mereka melihat Porsche 911 terbalik beberapa kali dengan kecepatan tinggi, menyebabkan kedua orang yang ada di dalam mobil sampai terlempar keluar. Mobil kemudian berhenti di dekat ujung jalur lurus utama. Pengujian industri dan perjalanan wisata pada hari Rabu dan Kamis dibatalkan karena insiden tersebut.

Salah satu korban bernama Christan Franck, seorang test driver dan pebalap berusia 39 tahun. Sementara satu karyawan lainnya yang berusia 44 tahun belum diidentifikasi secara publik. Insiden itu terjadi di trek yang diberi nama Tiergarten, rangkaian tikungan-S yang merupakan bagian dari tikungan berkecepatan tinggi di ujung jalan lurus Döttinger Hohe yang panjang.

Quote:


Meski kejadian kecelakaan tersebut berada di sirkuit dan bukan ada di jalan raya, tetapi polisi setempat ikut dilibatkan untuk menyelidiki penyebab kecelakaann tersebut. Sementara itu, jaksa penuntut umum yang berbasis di kota terdekat Koblenz, Kirsten Mietasch, mengindikasikan belum ada temuan terkait penyebab kecelakaan di sirkuit legendaris ini.

Sebagai tambahan informasi bagi Agan, selain digunakan untuk balapan, Nurburgring juga dipakai berbagai manufaktur kendaraan dan pemasok komponen untuk melakukan uji coba produknya. Sementara itu uji coba ban yang dilakukan 9 Agustus lalu dikenal sebagai Industry Pool.

Mengutip artikel Road & Track, Industry Pooladalah sesi uji coba pribadi berskala besar yang rutin diadakan bagi para pembuat mobil dan pemasok untuk mengembangkan produk terbaru mereka. Selama sesi Industry Pool tertentu, sejumlah purwarupa mobil dari berbagai jenis akan melakukan tes bersamaan di Nurburgring. Sesi Industry Pool ini tidak terbuka untuk umum.

Seringkali setelah sesi Industry Pool selesai, sirkuit akan dibuka untuk acara Touristenfaharten (Tourist Drivers). Acara ini terbuka untuk umum dan berbayar. Rencananya pada 9 dan 10 Agustus 2023 lalu akan dilakukan Touristenfaharten, tetapi karena ada kecelakaan, maka acara yang dijadwalkan pada Rabu malam tersebut dibatalkan.

Quote:


Mobil yang terlibat kecelakaan di sirkuit Nurburgring merupakan Porsche 911 Carrera S yang diperkirakan buatan tahun 2011 atau 2019. Pihak Porsche pun sudah mengkonfirmasi jika mobil buatan mereka dipakai dalam pengujian ban pada 9 Agustus 2023 lalu. Sementara Goodyear adalah pembuat ban ternama asal Amerika, kantor pusat mereka ada di Akron, Ohio.

Nah, kali ini ane ingin membahas sekilas mobil yang dimaksud Gan. Karena tidak diketahui secara pasti Porsche 911 Carrera S buatan tahun berapa yang terlibat kecelakaan kemarin, maka ane akan bahas varian model 2019. Mengingat varian ini belum lama diproduksi, dan untuk Porsche 911 tahun 2019 ini kebetulan juga dipasarkan di Indonesia. Untuk model 2019, Porsche menyebutnya sebagai Timeless Machineyang diberi kode 992. Varian ini masih mempertahankan desain klasik 911, tapi dengan tambahan berbagai teknologi modern.

Varian 2019 memakai mesin flat-6 3.0-litre twin-turbo yang ditempatkan di belakang as roda belakang. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 450 hp di putaran mesin 6.500 rpm, serta torsi puncak 530 Nm mulai dari putaran mesin 2.300 rpm sampai 5.000 rpm. Tenaga ini kemudian disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi 8 kecepatan. Untuk performanya, dari 0 - 100 km/jam ditempuh dalam waktu 3.5 detik dan punya top speed 308 km/jam.

Quote:


Pihak PT Eurokars Artha Utama sebagai distributor tunggal Porsche enggan membocorkan harga mobil Porsche 911 Carrera S 2019, mereka menyebut harga mobil bergantung pada kustomisasi dan fitur yang diinginkan pembeli. Pihak distributor kemudian melabeli mobil ini dengan status Price by Orders.Tetapi, pekiraan harga mobil ini ada di angka Rp 3 sampai Rp 5 miliar waktu itu Gan. Porsche 911 sendiri sudah diproduksi sejak 1963, dan merupakan salah satu mobil yang punya desain terbaik sepanjang masa. Demikian thread kali ini, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



----------------------




Referensi Tulisan: Road & Track, cintamobil.com& Merkur
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 18-08-2023 03:44
black.robo
ajicipta
gabener.edan
gabener.edan dan 14 lainnya memberi reputasi
15
5.2K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan