iskrimAvatar border
TS
iskrim
Beni Penjual Hp Ini Kasih Tips Bagus Agar Baterai Hp Kamu Awet! (Sering Disepelekan)


Saya punya tetangga yang punya usaha counter hp di sebuah mall dekat rumah, sebut saja lokasinya di ITC, Jakarta. Kita biasa panggil dia dengan nama tongkrongan si 'Ben' karena dia fans banget sama seniman lejen Betawi, Benyamin Suaeb.

Selesai membeli apa yang saya butuhkan saya dengan sengaja melewati counter tempat dia bekerja. "Widiiih.. habis borong nih!"kata si Ben kepada saya. "Nggak kok, cuma beli ini.." kata saya menunjukkan kantong kresek kecil.

"Hp masih bagus gak, buat elo gw lagi ada diskon nih," kata Ben mulai beraksi nggak pandang orang, tetangga apa bukan pokoknya mental marketingnya kuat kalau dia udah ngendon di tempat dia kerja.

"Masih baguslah, lecet-lecet sih ada cuma batere hp gua kayaknya mulai cepet habis.." kata saya. "Ya, udah lem biru aja.. lempar (jual) ke gwa trus beli yang baru, hehe," kata Ben terkekeh jahad khasnya si Ben.

"Mang kalau ganti batere berapaan?, sejenak si Ben megang hp saya lalu, "Hp elo baterenya tanem nih, kalau dibuka garansi bisa hangus, makanya punya hp harus dipelihara biar tetep sehat..," kata si Ben mulai berceramah.

"Emang gimana peliharanya biar batere hp tetep awet, Ben?", nggak pakai lama si Ben pun mulai mengedukasi saya dia bilang kalau charge HP paling bagus tuh jangan nunggu kondisi baterai habis dulu, kalau sudah 40% itu langsung saja di charge. Menunggu baterai 5% sampai 0% baru di charge malah memperpendek umur pakai baterai.



Tips kedua, waktu charge hp sebaiknya dalam keadaan mati, charge hp dalam kondisi mati akan lebih cepat penuh karena hp dan baterai tidak mengalami banyak aktivitas dibelakang layar. Daya yang harusnya disimpan penuh kedalam baterai malah kepotong buat aktifitas layar, sinyal dan lain-lain otomatis waktu pengisian jadi lebih lama, seiring waktu daya tahan baterai menurun.

Tips ketiga katanya ini banyak terjadi. "Banyak tuh gw lihat orang ngecharge Hp tapi sambil main game, nonton video, atau bahkan mendengarkan lagu, atau pantengin layar barangkali ada orderan masuk.." selain mempercepat usia pakai baterai (karena baterai jadi cepat panas/overheat) tapi juga baterai bisa meledak atau pemilik bisa kena arus pendek kalau hp mulai soak atau portnya bocor.



Tips ke empat Beni berpesan sebisa mungkin hindari pemakaian charger HP yang berbeda, walaupun tipe port nya sama tapi sebenarnya daya yang diberikan belum tentu sesuai dengan HP kita. Termasuk menggunakan kabel charge yang berbeda dapat berpotensi juga memperpendek usia baterai. "Biasanya terjadi kalau lagi pada kumpul nih, pinjem punya teman karena dia males bawa, tapi kalau benar-benar ori dan sama tipe hp nya sih nggak masalah."

Tips terakhir dari Beni, adalah jangan charge hp di ruangan bersuhu panas atau terlalu dingin, apalagi memasukkan hp kedalam kulkas demi mendinginkan baterai. "Ini namanya double kill, merusak hp tapi juga meracuni makanan atau minuman yang didalam kulkas karena dua suhu berbeda bertemu jadi terjadi reaksi kimia dari baterai.. bahaya!", kata Beni mengakhiri tipsnya yang panjang kali lebar itu.

Tengkiyuuh, Ben!






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, Beni | img : gugel 


kokonaga
bagasdiamara269
pakdejoss
pakdejoss dan 24 lainnya memberi reputasi
25
3.7K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan