Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adivaazzahraAvatar border
TS
adivaazzahra
Tips Manajemen Waktu Bagi Pekerja Jarak Jauh
Tips Manajemen Waktu Bagi Pekerja Jarak Jauh
Dokpri


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi, selamat beraktivitas di Senin yang tenang ini. Semoga hari ini semua rencana yang sudah disusun bisa berjalan dengan baik dan lancar. Setelah sebelumnya aku bahas mengenai keuntungan dan tantangan bagi pekerja jarak jauh, maka hari ini aku akan menuliskan tentang "Tips Manajemen Waktu Bagi Pekerja Jarak Jauh"yang mungkin juga akan menjadi pengingat bagi diri penulis untuk bisa konsisten melakukannya juga. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita cek tips-tips manajemen waktu tersebut.

1. Buat Jadwal Rutin



Bagi pekerja jarak jauh sangat perlu untuk menetapkan jadwal harian yang konsisten. Sertakan waktu untuk pekerjaan, istirahat dan kegiatan pribadi. Ini bisa membantu menjaga rutinitas harian pekerja jarak jauh agar tetap berjalan dengan baik antara urusan pekerjaan dan pribadi, tentunya juga agar tetap bisa memiliki waktu istirahat yang cukup agar tidak berakibat pada kelelahan, stres dan mungkin saja depresi.

2. Buat Lingkungan Kerja yang Terpisah

Jika memungkinkan, pekerja jarak jauh bisa membuat ruang kerja yang terpisah dari ruang pribadi. Pemisahan arena kerja dengan ruang pribadi ini bisa membantu para pekerja jarak jauh untuk fokus dan memberikan sinyal jelas bahwa ia sedang bekerja.

3. Tetapkan Batasan Waktu

Pekerja jarak jauh juga perlu untuk menetapkan batas waktu, kapan mrmulai dan mengakhiri aktivitas bekerja setiap harinya. Setelah melewati waktu kerja yang ditentukan, sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat dan kembali pada aktivitas pribadi.

4. Gunakan Teknologi dengan Bijak

Memanfaatkan alat kolaborasi seperti kalender berbagi, aplikasi manajemen tugas dan pesan instan untuk berkomunikasi dengan tim memang sangat diperlukan oleh pekerja jarak jauh. Namun, tetap harus menghindari terlalu banyak bergantung pada teknologi, agar pekerjaan tidak terdistraksi karena berlama-lama berada di ruang obrolan sehingga melupakan apa yang seharusnya segera untuk dikerjakan dan diselesaikan.

5. Prioritaskan Tugas

Pekerja jarak jauh semestinya membuat daftar tugas berdasarkan prioritas. Fokuslah pada tugas-tugas yang memiliki dampak paling signifikan terlebih dahulu. Dengan daftar ini, tentunya akan membuat pekerja jarak jauh bisa lebih memaksimalkan waktunya dan pekerjaannya benar-benar selesai sesuai urutan urgensinya, sehingga memungkin untuk bisa tetap menikmati waktu pribadi di luar jam kerja dan tidak berujung pada sistem kebut yang bisa saja membuat semuanya menjadi kacau.

6. Atur Batasan untuk Gangguan

Matikan pemberitahuan yang tidak perlu saat sedang bekerja, termasuk pemberitahuan media sosial dan aplikasi lainnya yang dapat mengganggu fokus dalam bekerja.

7. Jaga Keseimbangan

Jangan lupa mengatur waktu untuk istirahat, olahraga dan aktivitas pribadi yang meremajakan. Keseimbangan yang baik membantu pekerja jarak jauh untuk bisa meningkatkan produktivitas. Tubuh yang sehat dan segar membantu seseorang untuk bisa tetap bekerja dengan nyaman, sehingga pekerja jarak jauh harus tetap bisa membagi waktunya dengan seimbang.

8. Berikan Waktu untuk Diri Sendiri

Tips selanjutnya adalah jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk melakukan refleksi, evaluasi dan pengembangan diri. Ini membantu untuk bisa terus berkembang dalam lingkungan kerja yang tidak selalu memberikan interaksi tatap muka. Memberikan waktu kepada diri sendiri juga merupakan hak yang mesti diterima oleh tubuh kita, apa pun pekerjaannya, tentu saja tetap membutuhkan waktu khusus untuk diri sendiri atau yang sering disebut dengan istilah me time.

9. Komunikasikan Kapan Anda Tersedia

Menetapkan jam kerja yang sudah komunikasikan dan disepakati oleh tim. Ini membantu untuk menghindari gangguan di luar jam kerja. Juga untuk memberi batasan kepada orang lain untuk membicarakan perihal pekerjaan di luar jam kerja.

10. Evaluasi dan Sesuaikan

Setelah melaksanakan beberapa tips sebelumnya, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi manajemen waktu yang sudah dilaksanakan tersebut. Identifikasi apa saja yang kurang dan masih perlu untuk diperbaiki. Sesuaikan jadwal dan kebiasaan tersebut berdasarkan pengalaman.

Berdasarkan 10 tips yang sudah diuraikan di atas, sangat penting untuk diingat bahwa manajemen waktu yang efektif adalah keterampilan yang perlu dilatih dan disempurnakan. Jadilah fleksibel dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan dan perubahan dalam lingkungan kerja jarak jauh. Selain itu, kunci utamanya adalah konsisten dan disiplin. Sebab, tips apa pun yang diberikan oleh orang lain, ketika di dalam diri pribadi tidak ada kedisiplinan dan tindakan yang konsisten, maka semuanya tetap akan sia-sia. Olehnya itu, yang paling utama dalam manajemen waktu adalah kedisiplinan setiap individu, kemudian kedisiplinan itu pun harus dibarengi dengan tindakan yang konsisten.

Oke, sekian thread kali ini. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Senin, semuanya.


Adiva Azzahra,
Gowa, 14 Agustus 2023.

Sumber: Opini pribadi dan referensi Google
Okutet
ardhanionline
bukan.bomat
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
729
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan