harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Daerah Kurang Layak Huni di Indonesia Versi TS! Daerahmu Termasuk?

Sumber Gambar

Indonesia merupakan rumah dari banyak suku dan budaya. Di tempat ini, ada banyak bangsa berkumpul dengan budaya dan adatnya masing-masing. Semua menempati ribuan pulau yang tersebar di seluruh wilayah dan hidup rukun satu sama lain. Selalu ada ciri khas tersendiri dari suku yang mendiami satu daerah tertentu di Indonesia.

Orang Indonesia bisa hidup di mana saja. Mulai dari di perkampungan yang begitu asri dan masih terjaga alamnya hingga perkotaan super padat yang sibuknya tak kenal waktu. Selama nyaman dan aman, pasti orang akan datang untuk mendiami wilayah itu. Walau ada juga beberapa daerah di Indonesia yang tidak layak untuk dihuni. Wah apa sajakah itu?

Berikut TS berikan beberapa daerah di Indonesia yang tidak layak huni!



1. Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan


Sumber Gambar

Daerah ini masuk di nomor pertama ada Nduga. Sebuah Kabupaten yang masuk wilayah provinsi Papua Pegunungan dengan pusat pemerintahan di Distrik Kenyam. Kabupaten ini merupakan lokasi yang dikelilingi oleh pegunungan Jayawijaya.

Alasan mengapa Kabupaten ini tidak layak huni karena dianggap berbahaya. Nduga kerap kali menjadi lokasi di mana para kelompok separatis dan KKB melakukan aksinya. Bahkan pesawat Susi Air pernah dibajak di sini dan mengakibatkan disanderanya pilot Philip.

2. Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah


Sumber Gambar

Masih dari kawasan Papua. Intan Jaya merupakan Kabupaten Intan Jaya di Provinsi Papua Tengah. Sama seperti Nduga, kawasan ini juga merupakan dataran tinggi yang dekat dengan pegunungan. Suhu di sini pun cenderung dingin dan rendah.

Kawasan ini juga kerap jadi lokasi konflik para KKB. Dan selain itu, Kabupaten Intan Jaya juga merupakan kota termiskin di Indonesia dengan presentase mencapai 42% penduduknya miskin. Jadi kemungkinan akan sulit hidup dan mencari pekerjaan di sini.

3. Aceh Darussalam, Nanggroe Aceh Darussalam


Sumber Gambar

TS sengaja memasukkan Aceh ke dalam daftar dikarenakan lokasi ini merupakan lokasi yang rawan gempa bumi dan tsunami. Sebenarnya tidak hanya Aceh, kawasan sekitarnya juga termasuk daerah yang rawan sekali terjadi gempa bumi.

Nias, Padang, Mentawai merupakan daerah yang juga rawan terjadi gempa. Tapi karena Aceh pernah jadi yang terparah, jadi TS masukan namanya di daftar ini.

4. Sorong, Papua Barat


Sumber Gambar

Kita kembali ke Papua, kali ini dari Papua Barat ada Kota Sorong. Kota yang berada persis di ujung barat Papua ini punya pantai yang indah. Sayangnya, Sorong menjadi kota terkotor nomor satu di Indonesia menurut KLHK yang membuatnya masuk ke daftar ini.

Salah satu penyebabnya adalah Tempat Pembuangan Akhir di Kota Sorong masih melakukan pembuangan terbuka. Sehingga limbah dan sampahnya masih belum dikelola.

5. Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur


Sumber Gambar

Kabupaten Belu terletak di Nusa Tenggara Timur atau NTT. Salah satu bagian Indonesia yang memiliki banyak spot-spot pantai yang indah. Sayang salah satunya yakni Kabupaten Belu masih tertinggal dalam hal infrastruktur dan kebutuhan warganya.

Di mana akses jalan masih sulit di sini dan sumber air bersih masih sulit didapat. Ditambah kurangnya sarana kesehatan dan pendidikan.

emoticon-2 Jempol

Ya itulah tadi beberapa daerah di Indonesia yang kurang layak untuk dihuni. Semua ini adalah opini TS yang tidak mewakilkan semua masyarakat. Meski dianggap tidak layak huni, sesekali mencoba tinggal di sana bukanlah hal yang salah. Hitung-hitung membuktikan.

emoticon-2 Jempol

Jadi menurut kalian, daerah mana lagi yang tidak layak huni? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3, Link Referensi 4
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MemoryExpress
shinwjy
yasyah81
yasyah81 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.1K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan