c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa Orang Bisa Menggoreng Memakai Tangan? Itu Semua Karena Efek Leidenfrost




Hi sobat kaskus,

Kamu pernah melihat orang yang menggoreng memakai tangannya, padahal minyak panas bisa saja membuat tangan orang itu menjadi melepuh.

Atau ada orang yang berjalan diatas api, biasanya pada pentas seni hal ini sering dilakukan. Bahkan ada juga yang mencelupkan tangan di air yang sedang direbus, dan tidak terjadi apa-apa.



Apakah orang itu sakti dan kuat?

Jadi hal ini disebabkan Efek Leidenfrost ya gan, nah ada yang belum tahu apa efek ini. Yuk kita bahas.

Efek Leidenfrost adalah fenomena fisika di mana sebuah cairan mendidih di atas permukaan yang jauh lebih panas daripada titik didih cairan tersebut. Ini terjadi karena adanya lapisan uap yang terbentuk di antara cairan dan permukaan panas, yang mengurangi kontak langsung antara keduanya. Sebagai hasilnya, cairan tidak langsung bersentuhan dengan permukaan panas dan tampak "melayang" di atasnya dalam gerakan-gerakan yang terkadang mirip dengan gerakan bongkar-muat.

Efek Leidenfrost terjadi karena adanya lapisan uap yang terbentuk antara permukaan panas dan cairan yang mendidih. Ketika cairan tersebut datang dalam kontak dengan permukaan yang jauh lebih panas dari titik didihnya, bagian bawah cairan segera mendidih dan berubah menjadi uap. Uap ini menciptakan lapisan pelindung di antara cairan dan permukaan panas, mencegah cairan dari kontak langsung dengan panas yang tinggi dan sekaligus memperlambat proses pemanasan.



Lapisan uap ini bertindak seperti isolator termal, mengurangi laju transfer panas dari permukaan panas ke cairan. Ini mengakibatkan cairan tetap relatif dingin di atas permukaan panas dan terhindar dari penguapan instan. Sehingga, cairan tampak "melayang" di atas permukaan dan dapat bergerak dengan gerakan yang unik akibat tekanan uap yang terbentuk.

Masih pening, mungkin bisa melihat video dibawah ini agar lebih mengerti,



Jadi intinya, Efek Leidenfrost bisa memberikan ilusi sementara bahwa benda atau tangan menjadi kebal terhadap panas, karena lapisan uap yang terbentuk di antara permukaan panas dan benda yang datang dalam kontak dengan permukaan tersebut. Namun, ini hanya efek sementara dan tidak membuat benda atau tangan benar-benar kebal terhadap panas.

Jika suatu benda atau tangan terlalu lama berada di atas permukaan panas yang menyebabkan Efek Leidenfrost, lapisan uap tersebut dapat terganggu dan kontak langsung dengan panas dapat terjadi. Ini dapat menyebabkan luka bakar atau kerusakan pada benda atau tangan.

Jadi, meskipun Efek Leidenfrost dapat memberikan perlindungan sementara terhadap panas, tetaplah berhati-hati dan hindari kontak berlebihan dengan permukaan panas untuk mencegah cedera.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star













CaiFuk
haritosu
bigbabyirl
bigbabyirl dan 20 lainnya memberi reputasi
21
3.8K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan