Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

habibtaekAvatar border
TS
habibtaek
Daftar 5 Kilang Minyak Terbesar di Indonesia, Ada yang Masuk Top ASEAN
TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Industri minyak memegang peranan penting dalam perekonomian negara ini. Maka tak mengherankan terdapat beberapa kilang minyak terbesar di Indonesia yang tersebar di beberapa wilayah tanah air.

Kilang minyak merupakan fasilitas industri yang bertugas mengolah minyak mentah menjadi produk-produk petrokimia, termasuk produk petroleum yang siap pakai. Oleh karenanya, kilang minyak terbesar di Indonesia memiliki peran vital dalam menghasilkan produk minyak bumi yang beragam untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga ekspor. Adapun produk utama yang dihasilkan oleh kilang minyak antara lain minyak bensin (gasoline), minyak diesel, serta minyak tanah (kerosin).

Daftar Kilang Minyak Terbesar Di Indonesia

1. Kilang Balikpapan Pertamina

Kilang Pertamina Balikpapan terletak di kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan merupakan salah satu fasilitas pengolahan minyak bumi terbesar di Asia Tenggara. Refinery Unit (RU) V Balikpapan sudah beroperasi sejak 1922 dan memasok sampai 26 persen total kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia. Kilang Pertamina Balikpapan memiliki kapasitas produksi yang besar dan mampu memproses 260 juta barel minyak per hari.

2. Kilang Dumai Pertamina

Kilang Pertamina Dumai atau refinery unit II Dumai merupakan salah satu kilang terbesar yang ada di Indonesia dan telah beroperasi sejak 1971. Unitnya berada di dua lokasi yakni Dumai dan Sungai Pakning. Kapasitas produksi di kilang Pertamina Dumai ini adalah sekitar 170.000 BPD. Selain mengolah bahan bakar minyak (BBM), kilang ini juga menghasilkan produk bahan bakar khusus (BBK) serta non-BBM.

3. Kilang Plaju Pertamina

Kilang minyak terbesar di Indonesia selanjutnya adalah kilang Plaju Pertamina yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Tidak hanya terbesar, kilang Plaju juga merupakan salah satu kilang minyak tertua di Indonesia dan memiliki peran sejarah dalam industri minyak bumi di negara ini. Kilang Plaju didirikan tahun 1904 oleh perusahaan minyak asal Belanda yaitu Shell. Saat ini, kapasitas kilang Plaju mencapai 134.000 barel minyak per hari.

4. Kilang Balongan Pertamina

Kilang Balongan merupakan salah satu kilang terbesar di tanah air yang berlokasi di Indramayu, Jawa Tengah. Kilang Pertamina Balongan memiliki peran penting dalam menghasilkan berbagai produk minyak bumi dan bahan kimia yang dibutuhkan dalam industri. Bisnis utama dari kilang minyak ini adalah mengolah minyak mengolah minyak mentah (Crude Oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM dan Petrokimia. Kilang yang dibangun sejak 1990 dan mulai beroperasi pada 1994 ini mampu menghasilkan 125.000 barel minyak per hari.

5. Kilang Cilacap Pertamina

Salah satu kilang minyak terbesar di Indonesia ini berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah. Kilang ini bernama kilang refinery Unit IV Cilacap. Dilansir dari laman pertamina, kilang ini memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348.000 barrel per hari serta terlengkap fasilitasnya. Kilang Pertamina Cilacap memiliki peran kunci dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar di Pulau Jawa dan sekitarnya. Pasalnya, kilang ini memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa. Kilang minyak Pertamina di Cilacap juga termasuk yang terbesar di ASEAN

https://bisnis.tempo.co/amp/1758768/...ean?page_num=2

Teknologi pengeboran offshore nya pakai buatan negara mana ya?
0
371
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan