harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Benarkah Minum Air Galon Dapat Menyebabkan Autisme? Begini Penjelasan Pakar!

Sumber Gambar

Air memanglah salah satu kebutuhan dasar bagi manusia. Mendapatkan air tidaklah sulit di bumi ini, sebagai planet tempat kita tinggal, bumi telah banyak menyediakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk hidup. Sehingga sebagai penghuninya kita tak perlu khawatir akan kehabisan sumber daya dan kebutuhan lainnya.

Air sendiri memang memiliki banyak fungsi mulai dari untuk kebersihan atau untuk minum dan menjaga diri gar tetap terhidrasi dengan baik. Tubuh kita tentu membutuhkan asupan air mineral yang cukup, dan alam telah memberikan kepada kita dengan bebas. Walau di masa kini, air pun harus bayar. Salah satunya adalah air minum kemasan.

Tentu sebagian dari kita banyak yang menggunakan galon sebagai salah satu alat untuk menyuplai keperluan air minum kita sehari-hari. Dengan adanya galon, kita bisa minum dengan lebih praktis. Cukup dengan menaruhnya dan menekan tombolnya ketika hendak ingin mengambil air. Hal ini sangat mudah dan bisa digunakan oleh siapa saja.


Sumber Gambar

Galon sendiri biasanya berbahan plastik dan identik dengan warna biru. Bisa kita temukan di tempat-tempat khusus yang menjual galon, bahkan kita bisa meminta jasa pengantar galon untuk membawa galon ke rumah kita. Namun, di balik praktisnya galon ternyata masih ada narasi negatif mengenai alat minum yang sering kita gunakan ini.

Baru-baru ini, sebuah rumor menyatakan bahwa meminum air dari galon polikarbonat dapat menyebabkan autisme. Terutama ibu hamil yang meminum air dari galon polikarbonat akan menyebabkan bayi yang lahir menjadi autis. Narasi yang muncul ini kemudian diperdebatkan dan menjadi bahan perbincangan beberapa orang.

Adanya isu ini lantas membuat Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Anak, dr. bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH memberi penjelasan mengenai isu yang beredar. Ia menegaskan bahwa tidak ada hubungannya air galon dengan autisme. Menurutnya, isu bahwa ibu hamil yang meminum air galon anaknya akan autis adalah salah besar dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya.


Sumber Gambar

Dokter Spesialis Kandungan, Dr. Muhammad Alamsyah, dr., Sp.OG(K), M.Kes, juga menyatakan hal yang sama. Air dri AMDK galon tidak menyebabkan autisme. Galon yang sudah mendapat label dari BPOM maka aman untuk diminum dan tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan apapun. Sepanjang karirnya, Dr. Muhammad Alamsyah mengaku tidak pernah menemukan kasus anak autis karena air galon.

Isu seperti ini entah bagaimana begitu cepat berkembang di masyarakat. Entah mengapa air minum galon polikarbonat selalu diterpa isu-isu negatif. Sebelumnya air galon ini juga pernah disebut dapat menyebabkan kemandulan. Tapi Pakar Kesehatan Reproduksi dokter Mohammad Caesario membantah tegas isu yang beredar tersebut.


Sumber Gambar

Sedangkan dari yang TS dapatkan di beberapa sumber, autisme sendiri masih belum diketahui apa penyebabnya pastinya. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya autisme. Yaitu mutasi gen, sindrom fragile X, komplikasi selama masa mengandung, konsumsi alkohol dan obat-obatan saat mengandung bahkan polusi udara.

Tidak ada satu pun sumber kredibel yang menyatakan air galon dapat sebabkan autis. Jadi bisa dikatakan bahwa informasi ini adalah HOAX dan keliru. Entah untuk apa dibuat, yang jelas hal ini dapat membuat banyak orang menjadi resah dan cemas apalagi orang-orang yang secara pengetahuan memang minim sehingga dapat dengan mudah percaya isu-isu tidak benar seperti ini.

emoticon-2 Jempol

Jadi menurut kalian gimana? Apakah air galon dapat sebabkan autisme? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jiresh
koi7
screamo37
screamo37 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4.2K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan