taatpajakhebatAvatar border
TS
taatpajakhebat
Sri Mulyani Ingin Pembayaran Pajak Semudah Beli Pulsa,Dirjen Pajak: Insyaallah Tahun

Sri Mulyani Ingin Pembayaran Pajak Semudah Beli Pulsa, Dirjen Pajak: Insyaallah Tahun Depan




TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut pembayaran pajak harusnya semudah membeli pulsa. Direktur Jenderal atau Dirjen Pajak Kemenkeu Suryo Utomo menanggapi hal ini.

"Insyaallah mudah mudahan tahun 2024 (core tax) kita rolling up," kata Suryo saat ditemui di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat pada Ahad, 6 Juli 2023.

Baca Juga:

Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II Capai 5,17 Persen, Sri Mulyani: Keren Habis!

Adapun yang dimaksud Suryo adalah sistem inti administrasi perpajakan atau core tax administration system (CTAS). Sistem itu diklaim mampu membuat masyarakat tidak ribet mengisi surat pemberitahuan tahunan pajak (SPT).

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengumpulkan semua data yang dipotong pemberi kerja, seperti pajak penghasilan atau PPh 21, PPh 22 hingga PPh 23.

"Termasuk transaksi yang ada PPn (pajak pertambahan nilai)-nya yang dipotong oleh pihak lain ketika saya harus lapor SPT (surat pemberitahuan tahunan pajak)," beber Suryo saat ditemui di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat pada Ahad, 6 Agustus 2023.

Baca Juga:

KPK Periksa Putri Rafael Alun Sebagai Saksi Kasus TPPU Hari Ini

Suryo menjelaskan, dalam SPT itu yang pasti ada PPh. Dari data pemotongan pungutan yang dibuat pelaku usaha, kata dia, itu menjadi bahan bagi SPT wajib pajak.

IKLAN
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN
"Kami ingin membuat data-data itu jadi satu, kami letakkan dalam format SPT yang bisa diakses semua wajib pajak," ujar Dirjen Pajak tersebut.

Pada acara yang sama, Sri Mulyani menekankan pentingnya edukasi pajak kepada masyarakat. "Saya dulu mengatakan, harusnya (bayar pajak) sama mudahnya atau lebih mudah dari membeli pulsa untuk telepon," ujar dia.


Menurut Sri Mulyani, hal terjadi hanya bisa dilakukan apabila Ditjen Pajak membuat reformasi internal pelayanan pajak dan penjelasan kepada masyarakat.


Nunggu kadrun sinophobia pemuja barat komen dulu deh. Biar keliatan dungunya. Udah ga bayar pajak, teriaknya paling keras.emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
507
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan