Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Cerita soal Lukas Enembe Tak Berbusana di Rutan KPK Ditepis Komnas HAM

Cerita soal Lukas Enembe Tak Berbusana di Rutan KPK Ditepis Komnas HAM
Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Agu 2023 22:05 WIB

Foto: Pradita Utama
Jakarta - Kondisi kesehatan dari Lukas Enembe kembali menjadi sorotan. Baru-baru ini pengacara Lukas, Petrus Bala Pattyona, membeberkan adanya surat keluhan dari 20 tahanan di rumah tahanan (rutan) KPK menyangkut kondisi kesehatan Lukas.
Dalam surat itu, para tahanan mengeluhkan kebiasaan jorok dari Lukas Enembe selama ditahan di Rutan KPK. Gubernur Papua nonaktif ini disebut kerap kencing di celana hingga tidak membersihkan diri usai buang air besar.

Berdasarkan surat dari tahanan itu, Lukas Enembe disebut dalam kondisi tanpa busana saat mendapatkan kunjungan dari delegasi Komnas HAM. Pihak Komnas HAM diketahui sempat mengunjungi Lukas Enembe di Rutan KPK pada Februari lalu.


Surat Keluhan Tahanan soal Kebiasaan Jorok Lukas Enembe
Petrus Bala selaku pengacara Lukas menyebut pihaknya mendapatkan surat berisi keluhan dari 20 tahanan di Rutan Merah Putih KPK. Para tahanan itu mengaku telah terganggu dengan kebiasaan jorok dari Lukas di rutan selama enam bulan terakhir.

"Dalam surat yang ditandatangani John Irfan, tahanan Rutan dan 19 tahanan rutan lainnya, menuliskan bahwa Bapak Lukas Enembe selama enam bulan di rutan, selalu kencing di celana dan di tempat tidur," kata Petrus dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (4/8).

Petrus mengatakan para tahanan menyebut Lukas Enembe tidak pernah membersihkan diri setelah buang air besar. Surat yang ditulis tahanan bernama John Irfan itu, menyebut Lukas juga membuang air kecil di kursi di ruangan bersama tahanan.


"Kencing di celana di kursi di ruang bersama, meludah ke lantai ataupun di tempat tempat lain di mana dia berada, tidak pernah membersihkan diri setelah buang air besar, dan tidur di atas kasur yang sudah berbau pesing, oleh karena kasur tersebut tidak diganti," kata Petrus.

Dalam surat itu tertulis, para tahanan sudah tidak sanggup lagi dengan perilaku Lukas. Petugas Rutan KPK pun disebut tidak melakukan perawatan khusus ke Lukas.

"Kami, para tahanan dengan kesibukan dan beban pikiran kami masing-masing, sudah tidak mungkin untuk menyelesaikan hal hal di atas," kata Petrus menyampaikan isi keluhan para tahanan.

"Yang paling mungkin kami lakukan adalah berteriak ke penjaga ketika kondisi kesehatan Bapak Lukas menurun," tambahnya.

Para tahanan itu, katanya, menceritakan Lukas dalam keadaan tidak pakai baju saat delegasi Komnas HAM mendatangi Rutan KPK. Petrus menyebut para tahanan meminta agar Lukas dirawat di rumah sakit.

"Diceritakan John, ketika datang delegasi Komnas HAM, sebelum mereka memasuki ruang tahanan, Para Tahanan rutan mendapati Bapak Lukas dalam keadaan tanpa busana sesudah ngompol di lorong depan kamar isolasi," ujarnya.

"Dan tanpa bermaksud mencampuri proses hukum Bapak Lukas, izinkan Bapak Lukas mendapat pengobatan dan perawatan di rumah sakit, yang lengkap dengan dokter, paramedis, peralatan," imbuhnya.

Komnas HAM membantah. Simak selengkapnya di hala

Bantahan dari Komnas HAM
Komnas HAM buka suara usai diungkit oleh pengacara Lukas Enembe terkait kondisi mantan Gubernur Papua itu saat ditahan di rumah tahanan (rutan) KPK. Pihak Komnas HAM pun menjelaskan momen pertemuan dengan Lukas Enembe bulan Februari lalu.

Pengacara Lukas, Petrus Balla Pattyona, awalnya mengatakan pihaknya mendapatkan surat dari tahanan KPK yang menyebut kondisi Lukas Enembe dalam keadan tanpa busana saat dikunjungi tim dari Komnas HAM. Pihak Komnas HAM membantah keras keterangan tersebut.

"Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI telah melakukan kunjungan ke dalam Rutan KPK pada 16 Februari 2021 siang dan bertemu dengan saudara LE. Saat tim bertemu dengan saudara LE yang bersangkutan sedang makan siang dengan warga rutan lainnya di ruang bersama dalam kondisi mengenakan pakaian lengkap,' kata Koordinator Sub Komisi Penegakan HAM Komnas HAM RI Uli Parulian Sihombing saat dihubungi, Sabtu (5/8/2023).

Uli mengaku hadir langsung bersama para Komisioner dan staf dari Komnas HAM saat mengunjugin Lukas di rutan KPK pada Februari lalu. Dia menyebut Lukas masih mengenakan pakaian rapih ketika dikunjungi oleh Komnas HAM.

"Waktu saya mengunjungi Lukas Enembe bersama Komisoner yang lain bersama staf Komnas HAM itu Lukas Enembe lengkap menggunakan celana dan baju, rapih," jelas Uli.

Pihak Komnas HAM pun sempat berkomunikasi dengan Lukas Enembe. Saat itu Komnas HAM bertanya mengenai kondisi kesehatan kepada Lukas.

"Kami menyapa 'Pak Lukas sehat, dia ngangguk saja'. Tapi itu kan kompetensi dari dokter untuk menilai sehat tidaknya," ujar Uli.

Selain itu Komnas HAM juga membeberkan kondisi tempat Lukas ditahan. Dalam kunjungan itu Komnas HAM menilai kondisi kamar tahanan Lukas Enembe bersih.[/B[

"Waktu itu kan melihat kondisi di ruang tahanan di kamar tahanannya itu bersih. kemudian kondisi ruang makan di situ kan ruang bertemu bersama itu bersih tidak ada bekas ludah segala macam,' tutur Uli.


Tim Dokter Nyatakan Kondisi Lukas Enembe Sehat
KPK mengaku telah menerima surat dari para tahanan yang berisi keluhan atas kebiasaan Lukas di rutan. KPK menyebut hasil pemeriksaan tim dokter menyatakan Lukas Enembe layak untuk mengikuti persidangan.

"Kondisi terdakwa Lukas Enembe berdasarkan hasil pemeriksaan dokter PB IDI tertanggal 31 Juli 2023 berkesimpulan bahwa terdakwa Lukas Enembe dinilai layak untuk menjalani proses persidangan (fit to stand trial)," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Sabtu (5/8/2023).

Menurut Ali, KPK kini masih berkoordinasi dengan pengelola rutan KPK dalam menyelesaikan keluhan dari tahanan terkait kebiasaan jorok Lukas Enembe tersebut.


"Kami segera komunikasikan dengan pihak rutan KPK untuk memastikan penyelesaian kondisi dimaksud," ucap Ali.

https://news.detik.com/berita/d-6860...is-komnas-ham.

Cerita berak sembarang dan tanpa busana berarti karangan pengacara yang ikut=ikutan napi koruptor lain kayaknya kalau Lukas Enembe masih bisa pakai baju rapi dan kamarnya bersih

extreme78
nomorelies
nomorelies dan extreme78 memberi reputasi
2
685
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan