tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
AKI Group Mulai Kembangkan Perumahan Berteknologi Solar Panel


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Anugerah Kasih Investama (AKI) Group akan mengembangkan perumahan yang menggunakan teknologi panel surya (solar panel), atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber energi untuk menghemat tagihan listrik hingga 60 persen.

Chief executive officer (CEO) & Founder AKI Group, Victor Wirawan mengatakan, terobosan ini merupakan langkah awal pihaknya dalam mengembangkan perumahan berkonsep listrik mandiri.

Dengan pemasangan solar panel di setiap atap rumah yang akan dikembangkannya nanti akan mampu mengurangi pemakaian listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) hingga 60 persen.

Baca: Insiden Kebocoran Pipa Tak Ganggu Perdagangan Saham di BEI

“Energi yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung digunakan ke beban dan selebihnya akan disalurkan ke dalam jaringan PLN, sehingga dapat menekan pembayaran dari biaya listrik PLN atau bahkan dibayar oleh PLN untuk setiap listrik yang disuplai ke jaringan PLN,” kata Victor, dalam keterangan tertulis, Jumat (6/4/2018).

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Energi Surya Indonesia, panel surya dengan kapasitas 1 kWp dapat menghasilkan listrik selama 8 jam dari pukul 08.00 sampai 16.00, total yang dihasilkan kurang lebih 3,5 kWh dengan intensitas sinar matahari di Jakarta.

Maka, konsumsi listrik dari PLN berkurang 3,5 kWh per hari atau setara dengan Rp 5.000 (tarif listrik PLN Rp 1.400/kWh). Berarti dalam sebulan, tagihan listrik berkurang Rp 150.000.

Sebagai proyek awal pemakaian solar panel, AKI Group akan mengembangkan cluster Almanda Residence, di dekat Stasiun Kereta Tigaraksa, Tangerang, yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari Stasiun Tigaraksa. Adapun harga awal, AKI Group akan me-release harga mulai dari Rp 200 juta.

Perumahan bergaya modern minimalis dan dikelilingi area yang hijau dan dapat dijangkau hanya 50 menit dari Jakarta ini memiliki luas sekitar 7 hektar.


Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...gi-solar-panel

---

Baca Juga :

- PLN Kenalkan Layanan Pasang Listril DP Nol Rupiah

- Seorang PNS Setrum Anak dan Istrinya Hanya karena Pegang Ponsel saat Belajar

- Pendapatan PLN Naik 14,6 Persen

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.9K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan