Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amdar07Avatar border
TS
amdar07 
Harga BBM di Indonesia Agustus 2023 Naik atau Turun? [Kompetisi KGPT]
#AmdarGanteng



emoticon-Wowemoticon-Wow emoticon-Wow
Halo agan dan sista,
Kalian pasti udah pada denger kan kabar tentang kenaikan harga BBM di Indonesia bulan Agustus 2023? Nah, ane mau kasih info nih, jadi Shell Indonesia resmi menaikkan harga BBM untuk semua jenis produknya per 1 Agustus 2023. Wah, pasti pada penasaran dong, berapa sih harga BBM di SPBU Shell sekarang?



sumber

Berikut adalah perubahan harga untuk BBM non-subsidi per 1 Agustus 2023:

1. Pertamax Turbo (RON 98): Naik menjadi Rp 14.400 per liter dari Rp 14.000 per liter pada periode Juli 2023.
2. Dexlite: Naik menjadi Rp 13.950 per liter dari Rp 13.150 per liter pada periode Juli 2023.
3. Pertamina DEX: Naik menjadi Rp 14.350 per liter dari Rp 13.550 per liter pada periode Juli 2023.

Sementara itu, harga BBM Pertamax (RON 92) dan Pertalite (RON 90) tetap tidak mengalami penyesuaian, yaitu Rp 12.400 per liter dan Rp 10.000 per liter, berturut-turut.

Penyesuaian harga ini dilakukan oleh Pertamina sebagai langkah mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 yang mengubah Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Di sisi lain menurut laman resmi Shell, di wilayah Jakarta, harga Shell Super naik Rp360 menjadi Rp13.280 per liter. Wah, lumayan naik juga ya. Jadi, kalo agan-agan mau isi bensin di Shell, harus siap-siap kantongnya agak jebol nih.

Tapi, jangan khawatir, agan-agan dan sista-sista. Kenaikan harga BBM ini belum tentu berarti harga BBM di Indonesia selalu naik terus. Sebenernya, di masa lalu, harga BBM di Indonesia pernah mengalami penurunan loh. Tapi, ini terjadi di era sebelum reformasi, jadi udah agak lama sih.

Kalo mau tau lebih lengkapnya, agan-agan bisa baca artikelnya di link yang udah ane kasih di atas. Di situ dijelasin tentang fakta-fakta kenaikan harga BBM pertama kali di Indonesia beserta penurunan harga BBM yang pernah terjadi. Jadi, agan-agan bisa dapetin info yang lebih lengkap dan akurat.



sumber

Tapi, satu hal yang perlu diinget, agan-agan dan sista-sista. Harga BBM memang bisa naik dan turun, tergantung dari berbagai faktor seperti harga minyak dunia, inflasi, dan kebijakan pemerintah. Jadi, kita harus selalu siap-siap menghadapinya.

Nah, itu dia info tentang harga BBM di Indonesia bulan Agustus 2023. Semoga bisa jadi referensi buat agan-agan dan sista-sista semua. Tetap hemat ya dalam menggunakan BBM, jangan lupa juga cari alternatif lain seperti transportasi umum atau kendaraan ramah lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen agan-agan dan sista-sista yang lain ya!
Thanks and see you next thread GanSist.


raffisaga
Exceltron
ratreiaa
ratreiaa dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan