rifki.albasyuniAvatar border
TS
rifki.albasyuni
(Humanisme Islam) Islam Agama yang BerHatiNurani terhadap Semua Jenis Makhluk Hidup

ASSALAMUALAIKUM WR WB

SALAM KESELAMATAN dan SALAM KESEJAHTERAAN

untuk KITA SEMUANYA


Artikel kali ini adalah tentang sifat Agama Islam yaitu ber-kemanusiaan (big emphaty/Good Deeds) terhadap sesama makhluk hidup. Yaitu adalah tentang menjadi manusia yang baik atau berhati nurani terhadap semua jenis makhluk hidup di sekitar kita. Semoga bermanfaat & bermakna untuk Islam kita semuanya, Aamiin YRA...




SEBUAH PENDAHULUAN - TENTANG AGAMA ISLAM


Islam diambil dari kata As Salam = Keselamatan. Islam merupakan agama yang terbanyak penganutnya di NKRI dan terbanyak kedua di dunia. Yang menyebarkan adalah Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul penutup serta terakhir hingga akhir jaman.

Islam merupakan pedoman hidup untuk keselamatan bagi penganutnya dan bukan penganutnya di dunia dan akhirat(bagi penganutnya). Dalam Islam terdapat beragam nan begitu banyak ayat-ayat, hadist-hadist juga riwayat-riwayat untuk saling berhati nurani terhadap banyak jenis makhluk hidup.Agama Islam merupakan Agama yang sangat melarang untuk melakukan perbuatan yang keji, bengis apalagi kejam. Sesuai dengan ajaran-ajaran hukum yang ada lainnya.



ISLAM TENTANG BERHATI NURANI TERHADAP SEMUA JENIS MAKHLUK HIDUP



Islam merupakan agama yang sangat memprioritaskan/sangat menegaskan untuk ber-kemanusiaan/berhati nurani tidak hanya kepada sesama manusia juga terhadap semua makhluk hidup. Agama Islam sangat menegaskan untuk memelihara, merawat juga menjaga banyak makhluk hidup. Dalam Islam terdapat riwayat tentang seorang wanita yang membiarkan seekor kucing kelaparan hingga tewas yang menyebabkan dia mampir ke Neraka.

Agama Islam sangat menganjurkan untuk berhati nurani meskipun terhadap hewan sekalipun. Seperti kebanyakan agama-agama lainnya yaitu sebagai pedoman untuk menjadi manusia yang baik sejati.Meskipun tidak diharuskan untuk memberi makan semua hewan di dunia.

Dalam Islam tidak dibenarkan untuk menganiaya bahkan terhadap hewan sekalipun tanpa ada alasan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara logis juga rasional.Dengan menjadi manusia yang baik sejati mudah-mudahan dapat diridhoi oleh Allah SWT sehingga dapat masuk Surga-Nya. Sedangkan di dunia mudah-mudahan dapat membangun peradaban yang memperbanyak manusia yg baik sejati terhadap banyak jenis makhluk hidup. Sehingga akhirnya peradaban di dunia menjadi nyaman nan tentram bahkan untuk hewan sekalipun.


KESIMPULAN


Agama Islam merupakan pedoman dalam hidup manusia untuk mengarungi kehidupan sesuai kehendak Allah SWT. Agama Islam sangat menegaskan untuk berhati nurani bahkan terhadap banyak jenis makhluk hidup. Sehingga akhirnya dunia menjadi tempat yang lebih baik yaitu seperti aman, nyaman nan tentram untuk banyak jenis makhluk hidup bahkan terhadap hewan konsumsi/untuk dikonsumsi manusia.Itulah substansi dari ajaran-ajaran Agama Islam.

PENUTUP


Sekian dari artikel saya tentang Ajaran Islam yaitu berhati nurani terhadap semua jenis makhluk hidup. Semoga NKRI tidak kehilangan identitas dan jati diri yang sangat berhati nurani terhadap sesama makhluk hidup. Semoga bermanfaat & bermakna untuk Islam kita semuanya terutama saya untuk amal jariyah saya...


...Sekian dan Semoga Bermanfaat...

.....Aamiin YRA....





saya.komunis
DeviMp
DeviMp dan saya.komunis memberi reputasi
2
736
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan