si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
KRI Tuna 876 Buatan Batam Resmi Diluncurkan, Akan Bertugas di Lantamal 1 Belawan
Quote:


Jika TNI AU mendapat alutsista bekas, maka TNI AL kebagian alutsista baru Gan. Tepatnya pada Rabu, 5 Juli 2023 lalu, kapal patroli cepat 60 meter (PC 60) bernama KRI Tuna resmi diluncurkan. Menurut artikel Koarmada 1, peluncuran dan penamaan kapal dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali di galangan PT Karimun Anugerah Sejati, Batam, Kepulauan Riau.

Rencananya kapal ini akan memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama Angkatan Laut 1 Belawan, Medan. Nama Tuna diambil dari bahasa Yunani, Tuna dalam filosofi Yunani disebut dengan Thino dan punya akronim “melesat." Selain cepat, ikan Tuna juga punya kemampuan untuk bisa hidup dalam kondisi air yang beragam.

Dari segi spesfikasi, kapal punya panjang 62,40 meter, lebar 8,80 meter dan tinggi 19,37 meter. Serta diawaki oleh 50 personel. Kapal memiliki kecepatan maksimal 24 knots dan kecepatan jelajah 17 knots. Dari sisi persenjataan, kapal dilengkapi 1 unit meriam kaliber 40 mm dan 2 unit meriam kaliber 12,7 mm. Dalam foto yanh beredar, nampak belum tampak terpasang senjata yang dimaksud. Artinya kapal ini dibuat memakai sistem Fitted For But Not With (FFBNW) alias nyicil,di mana pemasangan persenjataan menunggu turunnya anggaran.

Quote:


Mengutip informasi dari Tempo, biaya pembuatan kapal ini adalah Rp 310 miliar. Di mana penandatanganan kontrak dilakukan pada 4 Maret 2022. Sementara kapal ini dibuat mulai Maret 2022 sampai juli 2023. Selain galangan kapal di Batam, galangan kapal PT Caputra Mitra Sejati (CMS) di Serang juga membuat kapal patroli 60 meter. Sebelumnya pada 21 Maret 2022, diluncurkan dua kapal patroli 60 meter bernama KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875. KRI Dorang bertugas di Lantamal IX Ambon, sedangkan KRI bertugas di Lantamal XIV Sorong.

KRI Tuna dengan nomor lambung 876 kelak akan melakukan misi patroli dalam saat situasi damai atau perang, penegakan hukum laut serta operasi kemanusiaan. Bergabungnya KRI Tuna telah menambah jumlah inventaris kapal patroli TNI AL, kini total kapalnya menjadi 168 unit.



------------------------






Referensi Tulisan: Koarmada 1& Tempo
Sumber Foto: sudah tertera
itkgid
jlamp
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.9K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan