Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rifki.albasyuniAvatar border
TS
rifki.albasyuni
(Social Humanism Islam) Ada 5 Perbuatan Fardhu Kifayah thd Sesama Manusia dlm Islam
ASSALAMUALAIKUM WR WB


SALAM KESELAMATAN dan SALAM KESEJAHTERAAN

untuk KITA SEMUA



Artikel kali ini adalah amaliyah perbuatan yang bersifat Sosial-Kemanusiaan dalam Ajaran Agama Islam kita semuanya. Yaitu adalah 4 Amaliyah Perbuatan antar sesama Muslim/at dan 1 Amaliyah Perbuatan terhadap sesama manusia yang berstatus Fardhu Kifayah. Semoga bermanfaat & bermakna untuk NKRI dan Islam kita semuanya, Aamiin YRA...


(Social Humanism Islam) Ada 5 Perbuatan Fardhu Kifayah thd Sesama Manusia dlm Islam


SEDIKIT TENTANG AGAMA ISLAM



Islam diambil dari kata As Salam = Keselamatan. Islam merupakan agama yang terbanyak penganutnya di NKRI dan terbanyak kedua di dunia. Yang menyebarkan adalah Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul penutup serta terakhir hingga akhir jaman.
Islam merupakan pedoman hidup untuk keselamatan bagi penganutnya dan bukan penganutnya di dunia dan akhirat(bagi penganutnya). Dalam Islam terdapat beragam nan begitu banyak ayat-ayat, hadist-hadist juga riwayat-riwayat untuk saling berhati nurani terhadap semua jenis makhluk hidup. Agama Islam merupakan Agama yang sangat melarang untuk melakukan perbuatan yang keji, bengis apalagi kejam. Sesuai dengan ajaran-ajaran hukum yang ada lainnya.



JENIS/SIFAT HUKUM  PERBUATAN dalam AGAMA ISLAM


Agama Islam merupakan pedoman untuk setiap Muslim/at dalam mengarungi kehidupan sesuai kehendak Allah SWT. Allah SWT menginginkan manusia (khususnya Muslim/at) untuk bersikap perilaku sesuai kehendak-Nya yang dapat dipelajari dalam Agama Islam. Dalam Agama Islam juga terdapat 5 Jenis/Sifat Hukum perbuatan setiap Muslim/at. Jenis/Sifat Hukum tersebut adalah :

1. Fardhu (Wajib)

Hukum jenis ini memiliki sifat wajib untuk dilaksanakan oleh setiap Muslim/at. Jika tidak dilaksanakan merupakan sebuah dosa dan jika dilaksanakan mendapat pahala. Hukum jenis ini dibagi 2 jenis yaitu Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah.

2. Sunnah (Tidak Wajib namun Dianjurkan)

Hukum jenis ini memiliki sifat yang tidak wajib untuk dilaksanakan oleh setiap Muslim/at. Jika tidak dilaksanakan tidak berdosa sedangkan jika dilaksanakan mendapat pahala. Hukum jenis ini dibagi 2 jenis yaitu Sunnah Muakkad dan Sunnah Ghairu Muakkad.

3. Mubah (Netral = Tidak Wajib, Tidak Dianjurkan & Tidak mendapat Pahala/Dosa)

Hukum jenis ini memiliki sifat yang tidak wajib untuk dilaksanakan juga tidak dianjurkan serta tidak mendapat pahala maupun dosa. Perbuatan jenis ini bisa dibilang bersifat netral. Perbuatan ini seperti berbisnis.

4. Makruh 


Hukum jenis ini memiliki sifat yang cenderung jelek jika dilaksanakan.  Perbuatan jenis ini dianjurkan untuk tidak dilakukan dan jika dipatuhi mendapat pahala. Perbuatan berjenis hukum ini seperti merokok.



5. Haram 

Hukum jenis ini memiliki sifat sangat dilarang untuk dilakukan. Jika dilakukan mendapat dosa sedangkan jika tidak dilakukan mendapat pahala. Perbuatan jenis ini seperti yang bersifat keji, bengis apalagi kejam.


ADA 5 JENIS PERBUATAN BERHUKUM FARDHU KIFAYAH terhadap SESAMA MANUSIA dalam Ajaran Agama Islam

Jika Fardhu yaitu perbuatan yang berjenis wajib untuk dilaksanakan. Kalau Fardhu Kifayah yaitu perbuatan berjenis wajib untuk dilakukan oleh sebagian Muslim/at namun jika sudah dilaksanakan, kewajiban terhadap semua Muslim/at dari Allah SWT tidak lagi berdosa (jika sebagian sudah melaksanakan). Sedangkan 5 jenis hukum Fardhu Kifayah itu adalah dibawah ini :

1. Menjawab Salam antar Sesama Muslim/at.

Salam yaitu adalah "Assalamualaikum Wr Wb". Yang berarti "Salam/Keselamatan bagi kamu juga Rahmat serta Barokah Allah". Jika yang berkewajiban menjawab (yang menerima/mendengar) berjumlah jamak maka yang wajib menjawab adalah Muslim/at yang terdekat dengan pemberi salam.

2. Mendatangi/Menjenguk Sesama Muslim/at jika sedang terkena Musibah ataupun Sakit.

Sesama Muslim/at merupakan "seperti satu tubuh" jika yang anggota badan sedang luka pasti seluruh tubuh seorang muslim akan kesakitan. Meskipun begitu jika sebagian sudah melakukan maka semua Muslim/at tidak ada dosa wal kewajiban untuk melaksanakannya. Perbuatan Fardhu Kifayah ini seperti menjenguk sesama muslim/at yang sedang menderita sakit, memandikan jenazah, menshalatkan serta menguburkannya.

3. Mempelajari Ilmu Pengetahuan

Belajar merupakan kebutuhan bagi setiap muslim/at atau setidaknya menulis dan membaca karena ayat Al Qur'an yang pertama diwahyukan dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Jibril AS adalah QS. Al Isra : 1-2. Mempelajari apalagi memperdalam ilmu pengetahuan seperti ilmu IT, kedokteran, dll merupakan Fardhu Kifayah. Bahkan jika meninggal sedang memperdalam ilmu (semisal kuliah) maka tergolong Syahid.


4. Memberi Makan/Menolong SESAMA MANUSIA yang Sedang Kelaparan/Menderita.
Perbuatan seperti ini SANGAT POSITIVE, TERPUJI lagi MULIA. Amaliyah perbuatan ini merupakan Fardhu Kifayah terhadap LINTAS SARA (Suku, Agama, Ras serta Etnik). Karena dalam Islam untuk berbuat baik, terpuji lagi mulia tidak dibatasi hanya kepada sesama Muslim/at saja, amaliyah ini yaitu berhukum Fardhu Kifayah.

5. Jihad Ibtida'i

Dapat disebut lain yaitu adalah memerangi orang lain yang memerangi kaum Muslim/at, yaitu bersifat Fardhu Kifayah.


KESIMPULAN

Agama Islam merupakan Agama/Pedoman untuk hidup Muslim/at. Pun yang bukan Muslim/at karena Agama Islam merupakan Rahmatan lil Alamin. Islam sangat menegaskan/memprioritaskan berhati nurani terhadap semua jenis makhluk hidup juga memprioritaskan perdamaian wal persatuan.


PENUTUP

Sekian dari artikel ini. Semoga dapat bermanfaat & bermakna untuk NKRI atau Islam kita semuanya terutama sebagai Amal Jariyah saya pribadi. Dan semoga kita semuanya diridhoi Allah SWT hingga akhirnya Syahid.

...Sekian dan Semoga Bermanfaat...

.....Aamiin YRA....



Diubah oleh rifki.albasyuni 23-07-2023 09:25
rifkishop.com
rifkishop.com memberi reputasi
1
821
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan