si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Angkatan Udara AS Pensiunkan 119 Unit F-15E Strike Eagle, Hanya Sisakan 99 Unit
Quote:


Pasar barang bekas sepertinya akan kembali ramai Gan, pasalnya Angkatan Udara AS (USAF) akan menghentikan operasional salah satu jet tempurnya, yakni F-15E Strike Eagle. Jumlah pesawat yang akan pensiun pun cukup banyak, yakni 119 unit. F-15E sendiri akan mulai pensiun mulai tahun 2023 sampai 2028. Saat ini tidak diketahui, apakah pesawat yang pensiun itu akan dijual lagi atau di-scrap.

Artikel Air & Space Forces Magazinemenyebutkan jika USAF hanya akan menerbangkan 99 unit F-15E di masa mendatang, pengurangan armada F-15E dilakuka karena layanan tersebut berusaha untuk memodernisasi dan menghadirkan platform pesawat baru sambil tetap mempertahankan cukup banyak pesawat tempur untuk dapat memenuhi tuntutan misi.

Dalam dokumen anggaran yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS tentang struktur kekuatan masa depan pada bulan Mei 2023, Angkatan Udara mengatakan ingin mempertahankan 99 F-15E dan menghabiskan uang untuk meng-upgrade semua jet tersebut dengan Eagle Passive Active Warning Survivability System (EPAWSS) (juga dipasang pada F-15EX). USAF saat ini memiliki 218 unit F-15E dengan usia rata-rata lebih dari 30 tahun.

Quote:


Untuk 119 F-15E yang akan pensiun ditenagai oleh dua mesin turbofan Pratt & Whitney F100-PW-220E, yang masing-masing menghasilkan daya dorong sekitar 23.500 pounds. Sementara 99 pesawat yang tersisa ditenagai sepasang mesin Pratt & Whitney F100-PW-229 yang lebih kuat, dengan daya dorong masing-masing 29.000 pounds. Jet tempur yang memakai F100-PW-220E mewakili bagian yang lebih tua dari Strike Fleet, yang pertama kali memasuki layanan mulai tahun 1988.

F-15E sendiri dibuat sebagai penerus F-15C/D, pada varian E; dibekali kemampuan khusus untuk melakukan misi serangan ke darat. penerbangan perdananya pada 11 Desember 1986. Sementara pengembangan F-15E dimulai pada tahun 1985. Pesawat ini adalah varian lanjutan dari F-15C/D dengan penambahan fitur-fitur khusus serangan darat. Desain F-15E terdiri dari tempat duduk tandem untuk pilot dan operator senjata, peningkatan sistem avionik dan radar serta penambahan kapasitas bahan bakar yang lebih besar untuk terbang dengan jangkauan yang lebih luas.

F-15E menawarkan kemampuan unik untuk USAF, beberapa diantaranya adalah jangkauan terbang yang jauh; dengan sepasang tangki bahan bakar tamabahan. Pesawat juga dapat membawa sebagian besar amunisi berpemandu presisi dan stand-off yang diluncurkan dari udara dalam inventaris USAF saat ini, termasuk bom gravitasi nuklir B61-12 yang baru. Strike Eagle juga memiliki kemampuan untuk membawa sejumlah besar senjata dari berbagai jenis sekaligus. Pesawat ini memiliki ruang di bawah sayap dan badan pesawatnya untuk membawa amunisi yang sangat besar dan berpotensi menjadi platform untuk rudal hipersonik masa depan.

Berkat program peningkatan yang sedang berjalan, masing-masing F-15E sekarang membawa radar AN/APG-82(V)1 active electronically scanned array (AESA) berkemampuan tinggi. Angkatan Udara AS juga sedang dalam proses menambahkan Eagle Passive/Active Warning and Survivability System (EPAWSS) ke pesawat ini, untuk menawarkan pertahanan baru yang masif, kesadaran situasional, dan peningkatan serangan elektronik.

Quote:


Sementara itu, saat F-15E pensiun, USAF pun terus menambah inventaris F-15. Mereka berencana membeli 104 F-15 Eagle II, varian terbaru dari pesawat tempur F-15.  Untuk tahun fiskal 2024, Angkatan Udara AS ingin membeli 72 pesawat tempur baru terdiri dari 24 F-15EX dan 48 F-35A Lightning II. Pada tahun fiskal yang sama, USAF juga akan memensiunkan 57 unit F-15C/D yang lebih tua dan mulai beroperasi pada 1970-an.

Di sisi lain, pensiunnya F-15E tentu akan jadi kabar baik bagi pars pemburu barang bekas. Negara-negara sekutu atau mitra AS tentu punya peluang untuk meminang F-15E yang akan pensiun. Mulai resmi beroperasi sejak tahun 1989, F-15E telah menjadi bagian pemting dari Angkatan Udara AS untuk melakukan misi serangan darat dan serangan udara-ke-udara. Dan setelah 34 tahun bertugas, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal.

-------------------





Referensi Tulisan: Air & Space Forces Magazine& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
gonugraha76
gabener.edan
jlamp
jlamp dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.8K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan