Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iyang.raharj522Avatar border
TS
iyang.raharj522
Implementasi Penataan Kelistrikan Pada Alat
     Mojokerto, 7 Juli 2023 - Pengabdian Pada Masyarakat yang merupakan salah satu program dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum perguruan tinggi. Tujuan utama Pengabdian pada masyarakat adalah mengintegrasikan pengetahuan akademik yang telah diperoleh mahasiswa dengan kehidupan masyarakat serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya setiap tahun selalu melakukan Pengabdian Pada Masyarakat sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Untuk penempatan KKN tahun 2023 Universitas 17 Agustus 1945 menempatkan seluruh Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di daerah Mojokerto salah satunya yang berada di Desa Kepuhpandak.

     Dalam kegiatan Kuliah Pengabdian Pada Masyarakat di Desa Kepuhpandak, saya Azrial Krisna Raharjo dan dosen pembimbing yaitu Ibu Yenywaty Simamora, S.T., M.T.untuk melakukan Implementasi penataan kelistrikan pada alat untuk mendeteksi kadar PH yang digunakan untuk tanaman hidroponik. Alat tersebut ditempatkan pada balai Desa KepuhPandak untuk dijadikan control dari tanaman aquaponik  yang telah dirancang oleh kelompok IoT.

     Hidroponik merupakan metode budidaya tanaman yang menggunakankapas rockwool, melainkan media air yang diperkaya dengan nutrisi. Salah satu aspek penting dalam hidroponik adalah pemantauan kadar pH air, karena tanaman hidroponik sangat sensitif terhadap perubahan tingkat keasaman. Untuk memonitor pH air secara tradisional, petani hidroponik seringkali harus menggunakan alat yang mahal

     Untuk alat pendukung dari penatan kelistrikan pada alat yaitu Arduino IDE, Library: Blynk,Library: ESP8266, NodeMCU ESP8266, Modul Sensor pH, Relay 2, Channel, Motor DC, Resistor 1k, 2k Adapter 5V DC, Project Board, Kabel Jumper, Smartphone.




skema rangkaian alat pengendali pH Air



     Untuk desain rangkaian dari penataan kelistrikan sebagai berikut VU terhubung ke VCC Sensor pH dan VCC Relay, GND terhubung pada GND Sensor pH, GND terhubung pada Resistor 2 dan terhubung pada  GND Relay, A0 terhubung pada Resistor 2k dan terhubung juga pada Resistor 1k, Resistor 1k  terhubung pada Pin Data Sensor pH, D5 terhubung pada IN1 Relay, D6 terhubung pada IN2 Relay, Untuk (+) 5V DC terhubung pada Com Ch1 dan 2 dan untuk (-) 5V DC terhubung pada Kaki 1 MotorDC1 dan MotorSC2, NO Ch1 terhubung pada Kaki 2 MotorDC1 dan untuk NO Ch2 terhubung pada Kaki 2 MotorDC.




Alat sensor pH Aquaponik





Sosialisasi penataan kelistrikan pada alat


Alat pendeteksi pH air



#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya
#KampusMerdeka #PengabdianKepadaMasyarakat

#mojokerto#desaKepuhPandak



Diubah oleh iyang.raharj522 10-07-2023 01:59
0
129
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan