mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Warga Asmat Sambut Jokowi: Presiden yang Mau Lihat Kami di Hutan Rimba


Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 06 Jul 2023 13:39 WIB

Presiden Jokowi melakukan kunker ke Asmat, Papua Selatan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Ewer di Asmat, Papua Selatan. Di sela-sela peresmian itu, Jokowi sempat menyapa warga Asmat yang datang ke area bandara.
Berdasarkan rekaman video dari fotografer kepresidenan Agus Suparto yang diterima detikcom, Kamis (6/7/2023) rombongan warga Asmat tampak berdiri di luar pagar area Bandara Ewer. Mereka berteriak memanggil Jokowi.

Mayoritas warga Asmat itu mengenakan ikat kepala dan telanjang dada. Mereka juga tampak berjoget-joget menunggu kedatangan Jokowi.


Tak lama kemudian, Jokowi keluar dari Bandara Ewer dan menyapa warga Asmat. Warga Asmat ada yang mendoakan Jokowi semoga panjang umur

"Bapak umur panjang," teriak salah satu warga yang disambut teriakan warga lainnya.

"NKRI harga mati!" teriak warga Asmat lainnya.

Jokowi kemudian menyalami warga satu per satu. Beberapa orang anak-anak Asmat juga tampak menghampiri dan bersalaman dengan Jokowi.

Presiden Jokowi menyapa warga Asmat, Papua Selatan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Di lokasi juga terdengar teriakan warga yang menegaskan bahwa NKRI harga mati. Dia menyebut Jokowi Presiden yang mau datang ke hutan Asmat.

"Harga mati NKRI. Asmat harga mati untuk NKRI. Jokowi hebat, Jokowi Presiden ke-7 datang lihat kami di lumpur dan hutan rimba ini. Jokowi Presiden yang kami cintai, lanjutkan!" teriak salah satu warga yang.

Jokowi dan warga Asmat kemudian melakukan sesi foto bersama. Para warga pun tampak antusias saat sesi foto bersama.


Presiden Jokowi foto bersama warga Asmat, Papua Selatan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi hari ini telah meresmikan Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan. Jokowi bersyukur bisa meresmikan bandara tersebut.

"Puji syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, yang telah dibangun hari ini siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat," ujar Jokowi seperti yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/7).

Jokowi menyebut peresmian Bandara Ewer sangat penting. Karena menyangkut konektivitas dan keterhubungan antarwilayah di Papua.

"Akan mempercepat mobilitas orang dan barang dan akan membuka isolasi dan mempercepat kiriman-kiriman logistik," kata Jokowi.


https://news.detik.com/berita/d-6808...i-hutan-rimba.







Resmikan Pengembangan Bandara Ewer, Jokowi: Untuk Membuka Keterisolasian

06 Juli 2023 13:19 
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Bandara Ewer, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, dapat membuka keterisolasian dan mempercepat mobilitas individu dan barang di wilayah tersebut.

"Ini penting sekali, konektivitas, keterhubungan antarsebuah wilayah baik kabupaten, provinsi maupun pulau karena akan mempercepat mobilitas orang dan mobilitas barang, dan akan membuka isolasi," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Terminal Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis, 6 Juli 2023.

Bandara Ewer di Asmat, kata Jokowi, telah melayani penerbangan dari Timika sebanyak dua kali sepekan, dari Kamur sebanyak empat kali penerbangan dalam satu pekan, dan dari Merauke sebanyak empat kali sepekan.

Jokowi berharap Bandara Ewer juga membuka wisata Asmat dan memberikan efek pengganda ekonomi bagi perekonomian di Papua Selatan.

"Kita ingin dengan selesainya Bandara Asmat ini, Asmat semakin berkembang dan maju dan kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat di Provinsi Papua Selatan secara umum akan semakin baik dan semakin meningkat," kata Jokowi.

Bandara Ewer telah dikembangkan sejak 2018 hingga 2022 dengan total anggaran Rp287 miliar yang berasal dari APBN.

Setelah dilakukan pengembangan, bandara ini memiliki landasan dengan ukuran 1.650 m x 30 m, sehingga mampu didarati pesawat tipe ATR72-600. Untuk terminal penumpang, bandara memiliki ukuran 488 m2, yang dapat memuat kapasitas hingga 14 ribu penumpang per tahun. BPMI Setpres
https://www.medcom.id/foto/ekonomi/G...keterisolasian

bandara di Asmat diperbaiki dan dikembangkan lebih bagus
itkgid
riyopw
viniest
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.4K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan