Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Rating Tes Tabrak Daihatsu Xenia Turun Jadi 3 Bintang

Dalam bulan Juni 2023, ASEAN NCAP (New Car Assessment Programme) di Malaysia telah menguji tabrak Daihatsu Xenia 2023. Hasilnya, Xenia 2023 memperoleh rating 3 bintang dari rating maksimal 5 yang dapat dicapai.

Sementara itu, saat Daihatsu Xenia 2013 diuji tabrak oleh ASEAN NCAP, ia memperoleh rating 4 bintang. Mengapa terdapat perbedaan hasil tersebut?

Namun, perlu diingat agar tidak tertipu oleh hasil tersebut. Meskipun Daihatsu Xenia 2023 mendapat rating 3 bintang, bukan berarti aspek keselamatan mobil ini lebih rendah daripada Daihatsu Xenia 2013 yang mendapat rating 4 bintang.

Hal ini dikarenakan protokol pengujian yang berbeda, mengingat perbedaan 10 tahun antara kedua model tersebut.

Untuk diketahui, pengujian Daihatsu Xenia 2023 telah menggunakan protokol penilaian ASEAN NCAP 2021-2025.

Protokol ini mencakup 4 parameter penilaian, yaitu Perlindungan Penumpang Dewasa (Adult Occupant Protection/AOP), Perlindungan Penumpang Anak (Child Occupant Protection/COP), Bantuan Keselamatan (Safety Assist/SA), dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor (Motorcyclist Safety/MS). Dengan demikian, pengujian terbaru pada Xenia menjadi lebih kompleks.

Sementara itu, Xenia 2013 masih menggunakan protokol lama ASEAN NCAP yang saat itu hanya melibatkan penilaian Perlindungan Penumpang Dewasa (AOP) dan Perlindungan Penumpang Anak (COP), serta belum termasuk pengujian Bantuan Keselamatan, Keselamatan Pengendara Sepeda Motor, dan tabrakan samping (side impact).

Pada saat itu, Daihatsu Xenia 2013 memperoleh nilai AOP sebesar 12,34 atau sekitar 75%. Sedangkan nilai COP-nya adalah 33%.

Sementara itu, Xenia 2023 mendapatkan skor AOP sebesar 32,63 poin, COP dengan skor 14,37 poin, Bantuan Keselamatan sebesar 10,00 poin, dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor sebesar 7,50 poin. Berdasarkan hasil tersebut, Xenia 2023 memperoleh rating 3 bintang.

Untuk informasi tambahan, Daihatsu Xenia 2023 menawarkan perlengkapan standar berupa 2 airbag, sedangkan varian tertingginya menawarkan 6 airbag.

Fitur keselamatan standar pada mobil ini meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Seatbelt Reminder System (SBR) untuk pengemudi, serta teknologi Pedestrian Protection pada semua varian.

Spesifikasi Keselamatan Daihatsu Xenia 2023
Daihatsu Xenia 2023 sering digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan dan juga sebagai taksi online. Xenia varian terendah ini memiliki harga baru sekitar Rp220.150.000 OTR Jakarta pada bulan Juni 2023.

Daihatsu Xenia 2023 1.3 M didukung oleh platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) seperti varian-varian di atasnya. Kendaraan ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk peningkatan performa, akselerasi, kestabilan, serta teknologi dan fitur keselamatan terkini.

Meskipun termasuk varian dengan harga terendah, Xenia 1.3 M memiliki fitur keselamatan standar yang patut diapresiasi. Di dalamnya, terdapat fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dual airbag, emergency stop signal, dan ISOFIX.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:


TOYOTA AVANZA

MITSUBISHI XPANDER

NISSAN MARCH

Xenia 1.3 M mendapatkan lebih banyak bintang dalam hal keselamatan daripada Daihatsu Sigra (Spesifikasi | Berita), yang tidak dilengkapi dengan airbag, ABS, dan EBD.

Dalam tes tabrak pada tahun 2016, Sigra hanya mendapatkan satu bintang dalam hal keselamatan berkendara.

Untuk dapur pacu, Xenia 1.3 M menggunakan mesin 1.3L dengan kode 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, DOHC, 4 silinder segaris, dan dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 121 Nm pada 4.200 rpm.

Transmisi manual 5-percepatan digunakan untuk mengatur pergerakan putaran mesin.

Xenia 1.3 M dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan, termasuk power window untuk semua pintu. Selain itu, pengaturan spion samping dapat dilakukan secara otomatis hanya dengan menekan tombol.

Di dalam center cluster, terdapat head unit layar sentuh berukuran 7 inci dengan model floating yang terlihat modern. Sistem pendingin udara (AC) pada Xenia 1.3 M juga menggunakan tampilan digital, seperti beberapa varian di atasnya.

Untuk kenyamanan saat berkendara, Daihatsu Xenia 2023 1.3 M dilengkapi dengan double blower di baris keduanya, serta EPS (Electric Power Steering) dan tilt steering untuk pengemudi.

Mobil ini juga memiliki fitur default berupa kursi sofa yang dapat diatur menjadi long sofa mode dengan maju-mundur kursi baris kedua dan melepas headrest yang dapat diatur. Sandaran kursi di baris juga dapat direbahkan untuk kenyamanan saat berlibur bersama keluarga.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN
jlamp
iskrim
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2
1.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan