harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Viral Sapi Kurban Menangis Saat Akan Disembelih? Begini Penjelasannya!


Sumber Gambar

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang menjadi makanan konsumsi orang-orang banyak. Sebagai salah satu hewan berbadan besar, sapi cukup memenuhi kebutuhan manusia akan daging dan juga protein. Apalagi permintaan daging sapi di mana-mana begitu tinggi untuk diolah menjadi berbagai olahan makanan di dunia.

Konsumsi daging sapi di Indonesia sendiri bisa dibilang tinggi walau masih di bawah konsumsi daging ayam. Karena banyak sekali kuliner Indonesia yang menggunakan daging sapi. Apalagi di momen mendekati Idul Adha, pasti akan banyak daging-daging sapi yang diolah menjadi berbagai makanan dan hidangan di momen spesial.

Jauh sebelum Idul Adha pun, kita sudah bisa melihat ada banyak sapi dan kambing yang dijajakan di pinggir jalan untuk dijual. Sapi ini nantinya akan dibeli dan disembelih pada saat perayaan hari Idul Adha. Dan menurut kepercayaan mereka, dengan berqurban sapi atau kambing maka nantinya hewan ini akan menjadi kendaraan ke surga (kalau ada).


Sumber Gambar

Nah baru-baru ini beredar sebuah video yang cukup ramai di TikTok. Di mana ada seekor sapi yang terlihat menangis menjelang hari raya Idul Adha. Seolah-olah dia sudah tahu pada hari itu nantinya ia akan disembelih dan mati. Terlihat jelas sapi itu sendiri duduk sambil meneteskan air mata di wajahnya dengan tali yang mengikatnya.

Kejadian ini banyak yang mengaitkan bahwa sapi ini sedang menangis sedih karena akan disembelih pada hari raya kurban nanti. Beberapa komentar menyebutkan bahwa sapi tersebut bukan sedang menangis sedih, akan tetapi sapi tersebut menangis bahagia karena hendak dikurbankan untuk Allah SWT dan dagingnya akan menjadi manfaat bagi yang membutuhkan.

Akan tetapi Dosen Fakultas Kedokteran Hewan UGM memberi pendapat lain. Sapi itu tidak sedang menangis melainkan memang kelenjar matanya sedang mengeluarkan air. Air mata sendiri diproduksi setiap hari oleh binatang seperti sapi sehingga menyebabkan adanya bekas pada wajah sapi. Mungkin juga kelenjar air matanya juga memiliki kelainan sehingga banyak air mata keluar.

Konten Sensitif

Sumber Gambar

Jadi, tidak ada hubungannya air mata mengalir di sapi menandakan sapi sedang menangis, sedih, atau bahagia. Karena air mata sapi tidak untuk menggambarkan perasaan mereka. Hanya hewan primata saja yang menangis karena perasaan psikologisnya seperti kera, simpanse dan orangutan. Jadi untuk hewan ternak, mereka tidak bisa menangis tapi bisa mengeluarkan air mata.

Memang sangat normal jika mata mengeluarkan air mata karena memang memiliki kelenjar air mata di matanya. Dan air mata itu sendiri sangat normal jika dikeluarkan binatang karena berfungsi untuk menjaga kelembaban mata hewan. Selain itu juga berguna untuk membersihkan mata dair debu yang masuk dan kuman-kuman. Sama seperti manusia.


Sumber Gambar

Air mata yang keluar dari hewan sama sekali tidak bisa diartikan untuk perasaan mereka karena fungsi ari mata murni untuk kesehatan matanya. Kecuali binatang primata seperti monyet yang memang bisa sedih dan menangis hingga mengeluarkan air mata. Tapi hewan pun bisa merasakan sedih meskipun bentuk ekspresinya beda-beda.

Dari sini kita bisa belajar kalau menangis tidak selalu menggambarkan ekspresi kesedihan. Karena tidak semua hewan bisa menangis karena sedih. Bahkan kita sendiri pun begitu, kita tak perlu menangis untuk mengeluarkan air mata. Saat menguap, saat kelilipan pun kita mengeluarkan mata.

Jadi, sapi itu tidak menangis karena disembelih ya. Tapi karena memang normal mengeluarkan air mata. Ingat, hewan tidak punya akal.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, apakah ada pendapat lain terkait hal ini? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
6666661234
dxid
edilokonga503
edilokonga503 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.5K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan