Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Menakjubkan! Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Bintang Hijau di Alam Semesta

Menakjubkan! Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Bintang Hijau di Alam Semesta

Saat mengamati bintang-bintang menggunakan teleskop nampaknya kita tidak pernah menemui bintang benar berwarna hijau. Mayoritas bintang yang kita temui biasanya hanya berwarna kuning, putih, biru, dan merah. Bahkan sedari kecil pun pasti kita tidak pernah mengetahui penjelasan ilmiahnya mengapa bintang hijau tidak eksis di alam semesta. Mau sesusah apapun kamu mencari di langit, bintang hijau tak akan kamu temukan.

Lantas hal apakah yang menyebabkan tidak adanya bintang berwarna hijau di alam semesta. Apakah ada pengaruh atmosfer bumi yang menyebabkan warna bintang berubah atau ada penjelasan lainnya yang dapat menjelaskan mengapa di alam semesta ini tidak terdapat bintang berwarna hijau. Penasaran bagaimana penjelasan ilmiah mengenai tidak adanya bintang berwarna hijau, mari kita cermati dengan saksama pada thread kali ini!


Menakjubkan! Ini Dia Penjelasannya Mengapa Tidak Ada Bintang Hijau di Alam Semesta

Sejak zaman dahulu penemuan fakta bahwa tidak adanya bintang berwarna hijau sudah menjadi perdebatan para astronomer masa lampau. Kendati demikian misteri luar angkasa tersebut perlahan-lahan terungkap dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Di zaman sekarang misalnya, misteri tidak adanya bintang hijau akhirnya sudah dapat terjawab secara ilmiah.

Jadi, di alam semesta bintang memancarkan bermacam-macam warna. Hal ini bergantung dengan tingkat suhu yang dapat dicapai oleh bintang. Makin panas suhu yang dihasilkan maka makin tinggi frekuensi gelombang yang dapat dipancarkan sehingga bintang cenderung akan mengikuti spektrum biru yang memiliki frekuensi tinggi. Sebaliknya, makin dingin suhu bintang maka makin rendah frekuensi gelombangnya sehingga warna yang dihasilkan akan merepresentasikan warna spektrum merah yang berfrekuensi rendah.


Quote:


—oOo—


Itu dia penjelasannya mengapa bintang berwarna hijau tidak pernah ditemui di alam semesta. Nampaknya cahaya hijau ternyata berada di tengah-tengah spektrum cahaya tampak sehingga untuk menghasilkan warna tersebut sangat mustahil untuk direpresentasikan oleh bintang. Jika gansis mau melihat cahaya hijau dari bintang maka gansis dapat menggunakan filter cahaya biru dan merah yang dapat menonaktifkan cahaya tersebut sehingga hanya cahaya hijau yang lolos!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
fachri15
fathroni
senokrn
senokrn dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2.5K
86
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan