masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mahasiswa KKN UNP Diusir karena Dianggap Mengkritik dengan Tidak Sopan, Wajarkah?
Mahasiswa KKN diusir karena mengkritik dengan cara tidak sopan, bagaimana cara mengkritik yang baik?


Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) belakangan ini tengah menjadi sorotan dan perbincangan publik setelah beredar viral video aksi dari beberapa oknum Mahasiswi yang membuat konten Tik Tok bernada sindiran terkait susahnya hidup di sebuah desa yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat.

Di dalam video yang viral di Instagram, Twitter dan Tik Tok tersebut beberapa orang mahasiswi asal UNP yang sedang Kuliah, Kerja, Nyata atau lebih sering disebut KKN mengeluhkan kehidupan mereka yang harus mandi di mushalla, tinggal mengkontrak, dan tidak ada air.

Konten tersebut pun mengundang respon serta tanggapan dari warga sekitar dan aparat desa yang berdampak pada diusirnya para mahasiswa KKN asal UNP tersebut karena dianggap telah mencemarkan nama Kecamatan Bungus karena membuat video tidak sesuai dengan fakta dan kehadiran mereka pun tidak memberikan dampak bagi desa tempat mereka melaksanakan KKN.


Konten Sensitif


Terkait konten video berisi sindiran bernada kritik yang viral di media sosial tersebut tentu saja memang perlu untuk dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua GanSis.

Di era modern dimana media sosial menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang dan semua hal dapat viral dengan mudah, maka kita perlu untuk memperhatikan adab, aturan, dan kesopanan di dalam membuat konten apapun itu apa lagi yang bernada kritik yang ditujukan pada sebuah lembaga atau pemerintah.

Mengkritik tentu hak bagi setiap warga negara, namun sebelum mengkritik kita sendiri harus paham tentang apa itu kritik dan seperti apa cara mengkritik yang baik dan tidak melanggar aturan sehingga kritik tersebut dapat diterima dan tidak menjadi masalah bagi kita sendiri yang memberikan kritikan.

Seringkali masih banyak orang yang salah dalam mengartikan kritik dan hujatan. Tidak sedikit orang yang bertujuan untuk mengkritik tetapi jatuhnya menghina, mencaci maki, atau bahkan menjelek-jelekkan tanpa bukti padahal seharusnya kritik berisi tanggapan atau kupasan yang disertai pertimbangan baik dan buruk dengan disertai fakta atau kenyataan yang ada.


Konten Sensitif


Berikut tadi GanSis beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam memberikan kritik dan membuat konten video entah apapun itu.

Sebagai seseorang yang dibekali dengan akal serta pikiran apa lagi telah mengenyam pendidikan tinggi, tentu Agan Sista harus dapat dengan bijak melihat dan menimbang mana-mana yang boleh untuk dilakukan dan tidak melanggar aturan sehingga aman dan tidak menimbulkan masalah bagi diri sendiri atau orang lain.

Mudah-mudahan dari kejadian ini dapat diambil pelajaran agar tidak terulang kembali kisah mahasiswa KKN diusir karena tidak memiliki adab dalam memberikan kritik atau saran yang ditujukan untuk masyarakat atau aparatur desa tempat mereka menjalani Kuliah Kerja Nyata.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nopel.megalodon
goeltom25338186
bukan.bomat
bukan.bomat dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.3K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan