Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kali.dondongAvatar border
TS
kali.dondong
Banjir Makin Parah, Warga Minta Kali Baru Jaktim Dikeruk
Kompas.com - 21/06/2023, 11:35 WIB
Penulis Nabilla Ramadhian | Editor Nursita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah warga RT 001/RW 01 Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, pernah meminta Kali Baru di Jalan Raya Bogor dikeruk. "Ada beberapa nanya, 'Bu RT, bisa enggak ya kali dikeruk?' dan 'Tolong kalinya dikeruk'. Karena sepengetahuan saya memang kali belum pernah dikeruk," ucap Ketua RT 001/RW 01 bernama O'oh di Kramatjati, Selasa (20/6/2023).

O'oh memahami permintaan warga karena dia sudah menetap di dekat Kali Baru sejak 1978. Saat ini, Kali Baru mudah meluap setiap mendapat kiriman dari Bogor karena adanya pendangkalan. Kondisi turap yang sudah bocor di banyak sisi juga memperparah banjir.

O'oh mengaku, sejauh ini permintaan pengerukan kali masih ditampung para pengurus RT, belum diteruskan ke tingkat kelurahan maupun kecamatan. Sebab, mereka masih mempertimbangkan akses menuju tepi Kali Baru yang mungkin terlalu kecil untuk alat berat mengeruk kali.

Waspada sejak 2019
Warga setempat mulai waspada dengan kondisi Kali Baru sejak 2019 karena air Kali Baru jadi lebih sering meluap. Sebab, kondisi turap di sisi Jalan Raya Bogor dan permukiman warga sudah tidak lagi sempurna.

Banyaknya celah membuat air menjadi lebih mudah merembes, terutama ke arah permukiman karena kondisi celah lebih besar. "Paling parah beberapa tahun belakangan ini, sejak sekitar 2019. Kalau banjir di permukiman, genangan air paling parah 1 meter. Warga enggak bisa ke mana-mana karena akses keluar susah," jelas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Banjir Makin Parah, Warga Minta Kali Baru Jaktim Dikeruk


Waspada Banjir Gan mumpung masih musim kemarau
bukan.bomat
odjay05
nomorelies
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan