muyasyAvatar border
TS
muyasy
Pro dan Kontra Wisuda Sekolah TK sampai SMA, Bagaimana Tanggapanmu?
Pixabay


Banyak yang berkata bahwa wisuda di kalangan sekolah taman kanak-kanak, sekolah dasar negeri maupun sekolah menengah atas atau sekolah swasta yang mendebat tentang digunakannya memakai toga.

Wisuda dengan memakai toga itu sendiri melambangkan kerja keras yang selama ini dilalui sebagai pelajar, mencapai kelulusan dan lebih tepatnya cocok untuk dipakai oleh mahasiswa atau mahasiswi. Akan tetapi, banyak yang menyayangkan jika hal tersebut digunakan wisuda oleh anak yang bersekolah TK sampai SMA.

Selain itu keluhan tersebut tidak hanya tentang wisuda dengan memakai toga. Banyaknya wali murid mengeluh tentang mahalnya menyewa baju atau kebaya untuk menghadiri wisuda dan iuran yang terlalu mahal jika untuk acara wisuda itu sendiri.

Kabar tentang semua ini menuai pro dan kontra di semua kalangan. Sampai ada artikel lain yang mengatakan bahwa ada salah satu wali murid protes kepada Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Karim. Beliau pun menyetujui dengan usul wali murid tersebut yang di mana nantinya acara wisuda di sekolah TK sampai SMA ditiadakan.

Bagaimana dengan kabar ini yang sudah dilayangkan? Banyak yang merasa lega dan ada pula yang merasa tetap biasa saja.



Google



Ada pun, kenapa acara wisuda di sekolah TK sampai SMA ini digelar? Itu karena ada alasannya. Lalu, kenapa banyak yang tidak setuju dengan acara wisuda ini? Simak ulasan di bawah ini :


1.Sebelum acara wisuda digelar, sebelumnya sudah ada rapat dari wali murid dengan para guru dan sudah disepakati bersama. Setuju atau tidak dengan acara tersebut.

2.Biasanya saat kelulusan pihak sekolah mengadakan rekreasi. Namun, saat ini diganti dengan acara wisuda untuk menghindari berwisata di luar karena takut jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan. Seperti contohnya kecelakaan.

3.Banyak yang menyebutkan bahwa acara wisuda digelar untuk memperoleh kenangan dan pengalaman baru.

4.Seharusnya acara wisuda di sekolah TK sampai SMA cukup memakai kebaya saja. Jika menyewa kebaya terlalu mahal, lebih baik memakai baju muslim atau baju yang sopan untuk menghindari biaya penyewaan yang terlalu mahal.

5.Biasanya hal seperti di atas harus diadakan musyawarah dulu agar tidak terjadi kekecewaan yang kebanyakan dari pihak wali murid. Karena belum tentu pihak wali murid sanggup untuk menyewa kebaya karena faktor ekonomi.

6.Cukup mengadakan wisuda sekolah di halaman sekolah saja. Karena lebih sakral. Memang ada beberapa yang menyewa gedung untuk acara wisuda sekolah. Namun, yang disayangkan adalah seharusnya acara tersebut jangan terlalu buang uang. Alasannya lebih baik uang iurannya dibuat untuk pendaftaran sekolah selanjutnya. Akan tetapi, biasanya hal itu sudah dimusyawarahkan oleh pihak sekolah dan para wali murid

7.Fenomena kali ini entah siapa yang memulai bahwa anak didik yang akan diwisuda wajib untuk memberikan kado kenang-kenangan kepada guru. Nah, jika ini inisiatif wali murid atau para murid itu sendiri tidak mengapa karena di sini tidak ada paksaan soal biaya. Namun, beberapa tahun belakangan ini banyak yang mengatakan selain anak yang di wisuda memberikan kado pada gurunya, malah kelas 1 SD sampai 5 SD wajib memberikan kenangan. Iurannya pun cukup mahal. Maka dari itu banyak sekali keluhan-keluhan di luar sana yang mengatakan tentang nominal yang dikeluarkan sangat banyak.



emoticon-I Love Kaskus


Tentang acara wisuda yang digelar di gedung atau di halaman sekolah memang sah-sah saja. Karena kesepakatan bersama harus dijunjung tinggi. Soal kewajiban memberi kado kenang-kenangan kepada guru, apakah itu diharuskan? Seharusnya tidak. Karena apa?


Google



Bukan tentang wajibnya, tetapi di sini harus ada rasa ikhlas untuk memberikan kado pada guru yang selama ini telah mengajarkan ilmu sampai hari kelulusan tiba. Bukan hanya itu, karena belum tentu juga wali murid bisa untuk memberikan iurannya. Memang di luar sana banyak sekali orang yang tidak mampu.

Bahwasanya kado paling baik adalah masa-masa di mana saat bersekolah itu adanya rasa kekeluargaan.

Itulah pro dan kontra tentang diselenggarakannya acara wisuda di sekolah. Semoga saja kabar kedepannya lebih baik lagi supaya tidak ada lagi omongan buruk tentang pendidikan.


Sumber opini pribadi
Diubah oleh muyasy 18-06-2023 21:35
bukhorigan
bukhorigan memberi reputasi
1
1.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan