Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kgcgholib22Avatar border
TS
kgcgholib22
Situs Reddit Down Karena Penggunaan API Berbayar


Situs Reddit Down Karena Penggunaan API Berbayar

KOMPAS.com - Situs forum online Reddit mengalami down alias tidak bisa diakses pada Senin (12/6/2023). Reddit down tersebut diyakini merupakan imbas dari protes besar-besaran yang dilakukan oleh pengguna dan subredditor (pemilik forum).

Pengguna Reddit tengah melakukan protes massal soal kebijakan baru soal penggunaan API (Application Programming Interface) Reddit berbayar mulai 19 Juni 2023. Sebelumnya, API Reddit ini tidak dipungut biaya alias gratis.

API Reddit ini memungkinkan pengembang (developer) aplikasi mengakses informasi dari platform Reddit. Kemudian, developer mengemas informasi tersebut ke dalam satu aplikasi alternatif untuk pengguna yang tidak suka menggunakan aplikasi resmi Reddit.

Banyak pengguna Reddit yang akhirnya mengakses konten Reddit melalui aplikasi pihak ketiga populer seperti Apollo, Narwhal, Relay, dan Infinity.

Dilaporkan The Verge, lebih dari 7.000 subreddit menjadi privat atau read-only. Subreddit besar seperti game, musik, dan r/todayilearned, serta forum khusus fandom seperti Harry Potter dan Taylor Swift, telah bergabung dalam protes API berbayar Reddit ini.

Salah satu subreddit yang juga ikut protes adalah r/indonesia. Forum yang menjadi tempat diskusi soal Indonesia itu terpantau menjadi privat. Jadi hanya pengguna yang disetujui saja yang bisa mengakses forum ini dan ikut diskusi di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, akses ke Reddit masih diblokir, sehingga pengguna di Indonesia biasanya mengakalinya menggunakan Virtual Private Network (VPN).


Banyak subreddit melakukan protes sejak 12-14 Juni, namun beberapa memilih tetap "diam" tanpa batas waktu atau sampai ada perubahan dari kebijakan API berbayar Reddit. Menurut laporan The Verge, protes tersebut membuat situs Reddit.com tidak loading pada tanggal 12 Juni. Ketika itu, terpantau ada 43.000 pengguna yang juga melaporkan gangguan di Reddit lewat situs pemantau

Penulis : Galuh Putri Riyanto
Editor : Wahyunanda Kusuma

Reddit tewas gan RIP r/indonesia
erfsdf
fathroni
bukhorigan
bukhorigan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan