Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

god.bless.usaAvatar border
TS
god.bless.usa
Luhut Emosi! Ekonomi Indonesia Terbaik di G20, Tapi Dikucilkan Amerika Serikat
Jakarta, CNBC Indonesia - Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi memastikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bahwa pemerintah tidak bisa diatur oleh negara manapun dan siapapun.

Hal ini disampaikan ketika menghadiri undangan rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

"Kita sebagai bangsa menunjukkan bukan negara yang diatur. Kita posisi negara yang tidak bisa diatur. Bersatu menghadapi ini," ungkapnya.

Seperti diketahui, Indonesia kerap disebut terlalu dekat dengan China, sehingga negara barat seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa tidak senang. Luhut membantah hal tersebut.

"Kita tidak Ingin diadu-adu, semua data menunjukkan ekonomi kita masih terbaik diantara G20," papar Luhut.

Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2023 yang mencapai 5,03% (year on year/yoy), menjadi tertinggi kedua di antara negara G20.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan tertinggi pada kuartal I-2023, karena ekonominya telah pulih lebih cepat dibandingkan pemulihan ekonomi negara G20 lainnya.

Namun, Indonesia masih memiliki sejumlah risiko yang harus dihadapi selama 2023-2024, seperti melandainya harga-harga komoditas andalan ekspor karena permintaan global melemah akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi. Ini disebabkan masih tinggi dan berkepanjangannya tren kenaikan suku bunga acuan di

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya buka suara perihal 'pengucilan' nikel dari Indonesia oleh Amerika Serikat (AS). Luhut menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pihak AS perihal tersebut. '

Sebagaimana diketahui produk nikel RI dikucilkan oleh AS lantaran diketahui nikel asal Indonesia tidak akan dimasukkan ke dalam paket kebijakan subsidi hijau melalui kredit pajakInflation Reduction Rate(IRA).

Luhut menyampaikan, bahwa ekspor nikel ke negara Eropa termasuk AS hanya 1%, sementara 99%-nya di ekspor ke China. "Kalau anda tidak setuju, saya bilang ke White Houseits okay, kita buka 99% ke China, tapi mereka bilang jangan, tapi mereka punya Inflation Reduction Rate (IRA)," terang Luhut, Jumat (9/6/2023).

Luhut menyampaikan bahwa Indonesia akan memiliki produksi baterai lithium untuk kendaraan listrik pada tahun 2025.

Menko Luhut menyebutkan bahwa saat ini, memang Indonesia baru bisa memproduksi nikel jadi berbentuk nikel org. Namun ke depan, downstream industri nikel juga akan masuk ke produksi baterai lithium hingga recycling akan selesai pada tahun 2025.

Dengan ini, Indonesia sebagai negara berkembang tidak akan lagi diatur-atur oleh negara maju.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ak-bisa-diatur

Begini Pak Luhut yg terhormat, bukankah Bapak bilang Indonesia itu Negara Superpower mini?

Jika Indonesia negara superpower mini, jangan takut dikucilkan amerika, lawan saja pak!


emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
nomorelies
j0ngoswi
j0ngoswi dan nomorelies memberi reputasi
2
1.5K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan