Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Sebarkan Ajaran dari Pintu ke Pintu, FKUB Beri Ultimatum Pengurus Saksi Yehuwa
Sebarkan Ajaran dari Pintu ke Pintu, FKUB Beri Ultimatum Pengurus Saksi Yehuwa

8 June 2023 12:29 PM


Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tarakan, Syamsi Sarman.

TARAKAN – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tarakan kembali menerima laporan adanya aktivitas saksi Yehova yang menyebarkan ajaran secara door to door di Kelurahan Juata Permai dan Pamusian. Diketahui, dari laporan masyarakat jemaat saksi Yehova mendatangi rumah masyarakat dan mengajak masyarakat meyakini ajarannya. Hal itulah yang diungkapkan Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tarakan, Syamsi Sarman.

Syamsi menjelaskan laporan adanya aktivitas misionaris Saksi Yehova secara door to door bukanlah kasus pertama kalinya di Tarakan. Sebelumnya di tahun lalu pihaknya juga sempat menerima laporan bahwa adanya masyarakat yang didatangi oleh jemaat Saksi Yehova dengan motif yang sama. Sehingga beberapa waktu lalu FKUB Tarakan memanggil pengurus Saksi Yehova untuk dimintai keterangan.

“Belum lama ini kami dapat laporan bahwa ada kegiatan jemaat Saksi Yehova menyebarkan ajarannya secara door to door. Kejadiannya yang di Perumahan PNS dan di sekitar dekat Stadion Satu Adil. Kami sudah tindaklanjuti dengan pemanggilan kepada pengurusnya. Sudah dilakukan klarifikasi juga. Mereka mengaku tidak pernah menginstruksikan jemaatnya untuk menyiarkan ajaran door to door,” ujarnya, (7/6).

“Kami mengingatkan agar pengurus Saksi Yehova dapat bersikap tegas terkait hal ini karena ini sudah terjadi kesekian kalinya. Sebenarnya tidak masalah kalau mereka menyiarkan ajarannya ke sesama jemaatnya, tapi masalahnya mereka mendatangi rumah secara random yang penghuninya bukan jemaatnya,” sambungnya.

Dikatakannya, laporan ini merupakan kesekian kalinya setelah tahun lalu pihaknya juga menerima laporan yang sama. Bahkan, ia menyebut sebelumnya aktivitas saksi Yehova lebih masif karena dilakukan di tempat umum yakni Pelabuhan Tengkayu I. “Saya kurang ingat ini ke berapa kalinya, sebelumnya juga pernah dilaporkan ke daerah Sebengkok, kemudian di Pelabuhan Tengkayu, itu kebetulan saya yang langsung turun bersama Ketua FKUB. Mereka membagikan pamflet kepada setiap orang yang lewat, tanpa memperhatikan keyakinan mereka apa,” tuturnya.

Kendati demikian, beberapa hari lalu pihaknya dan pengurus Saksi Yehova telah membangun komitmen agar hal ini tidak kembali terulang. Jika nantinya Jemaat Saksi Yehova melanggar, maka FKUB Tarakan akan melaporkan hal ini kepada pihak berwajib. “Kemarin kami mendatangi dengan tim yang lengkap bersama semua pemula agama yang diakui pemerintah. Karena ini sudah kesekian kalinya, kalau kembali terulang maka ini akan kami laporkan ke pihak berwajib. Kami juga menyerahkan tindak lanjutnya di Polres Tarakan,” tukasnya.

“Saya kira ini tidak ada hubungannya dengan kontestasi politik, saya kira ini tidak ada hubungannya dengan politik. Ini memang murni aktivitas mereka (saksi Yehova),” lanjutnya.

Wakil Ketua Bidang Kristen FKUB Tarakan Pdt Joko menerangkan, sebenarnya pihaknya tidak berkenan jika Saksi Yehova dikaitkan dengan agama Kristen. Kendati demikian, ia memahami secara administratif Saksi Yehova masuk dalam bagian sub Kristen. Lanjutnya, pihaknya menyayangkan aktivitas Saksi Yehova yang meresahkan masyarakat. Sehingga ia mengharapkan pemerintah dapat mengambil sikap tegas terhadap keberadaan Saksi Yehova.

“Kemarin kami sudah menindaklanjuti persoalan ini, kalau normatif tidak jadi masalah tetapi kalau ada hal yang meresahkan masyarakat kita akan bergerak. Intinya kalau penyebarannya door to door, sudah menganggu kenyamanan. Pada intinya kalau hal ini terulang ini akan diproses hukum,” tukasnya.

“Kalau saya pribadi melihat saksi Yehova bukan bagian dari Kristen. Namun secara administrasi mereka masuk bagian Kristen meski sebenarnya kami merasa mereka buka dari bagian Kristen itu sendiri. Sebenarnya ini kembali kepada keputusan pemerintah, kalau dari kami tentu merasa saksi Yehova bukan ajaran Kristen karena ini sudah menyimpang cukup jauh dari Kristen pada umumnya,” pungkasnya. (zac/lim)

https://radartarakan.jawapos.com/dae...-saksi-yehuwa/
nomorelies
bukan.bomat
bukan.bomat dan nomorelies memberi reputasi
2
1.9K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan