dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Manusia yang Aneh! Sudah Tahu Rasanya Pahit, Masih Juga Dimakan! Apakah Itu?
Hai, Gansist! Masak sayur apa hari ini?

Makan (nasi) tidak lengkap rasanya bila tidak menggunakan lauk berupa sayur. Sayur identik dengan lauk yang berbahan aneka sayuran dan dimasaknya memakai kuah, biasanya kuah santan.

Namun ada juga cara memasak sayuran tidak memakai kuah yakni dengan dibikin oseng-oseng yang hanya sedikit menggunakan kuah atau istilahnya nyemek-nyemek.

Berikut ini beberapa lauk yang patut Gansist coba meskipun rasanya pahit tetapi tidak membuat keracunan dan tentunya enak dijadikan lauk saat makan (nasi). Memang aneh orang Indonesia sudah tahu rasanya pahit masih pula dimasak dan dimakan. Itulah bukti bahwa manusia, makhluk yang paling rakus di dunia.

Kuy, disimak inilah deretan sayur yang rasanya pahit tapi bikin nagih dan nagih.

1. Oseng Pare



Untuk yang pertama ini bukan hal yang baru untuk Gansist ketahui, oseng Pare. Pare, sayur yang berwarna hijau ini rasanya sangat pahit tapi enak banget kalau dimasak dengan cara dioseng-oseng. Untuk mengurangi rasa pahit agar sedikit berkurang, setelah pare dipotong kecil-kecil bisa Gansist uleni dengan garam. Jangan keras-keras menguleninya ya, agar si pare tidak hancur. Setelah diuleni baru dicuci sampai bersih kemudian ditiriskan.
Oseng pare ini cocok banget dimasak dicampur dengan teri yang telah digoreng atau Gansist bisa mencampurkan dengan ati ampela. Wuih, dijamin pasti nagih!

2. Oseng bunga pepaya



Bunga pepaya, juga bisa dimasak lho Gansist meskipun rasanya pahit. Apakah Gansist pernah memasak oseng dari bunga pepaya? Oh, iya Gansist pilih bunga pepaya dari jenis pepaya gantung, grandel ( orang di kampung aku menyebutnya begitu). Cirinya, pada bunga pepaya ini bentuknya yang menjuntai panjang. Untuk mengurangi rasa pahit, sebaiknya sebelum dimasak atau dioseng-oseng, bunga pepaya direbus terlebih dahulu.

3. Oseng daun pepaya



Daun pepaya, pasti sudah sering Gansist menemui oseng-oseng yang satu ini. Sama seperti bunganya, untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya direbus terlebih dahulu sebelum dioseng-oseng. Ada beberapa tips agar rasa pahit berkurang yakni saat perebusan ditambahkan beberapa lembar daun jambu biji. Daun pepaya sangat cocok dioseng-oseng bisa Gansist menambahkan dengan teri ataupun tempe. Konon, banyak yang beranggapan tempe mampu menyerap rasa pahit sehingga kadar kepahitan sedikit banyak berkurang.

Selain ketiga tersebut, ternyata ada satu minuman yang berasa pahit tetapi bikin nagih pingin minum dan minum lagi. Jamu.

Jamu, merupakan salah satu minuman yang berasa pahit. Namun di dalam rasa yang pahit tersebut tersimpan berkhasiat yang dipercaya mampu berfungsi seperti obat. Kalau aku lebih sering minum jamu beras kencur yang bisa menambah stamina dan menyehatkan.

Nah, itu tadi beberapa makanan dan satu jenis minuman yang berasa pahit tetapi tidak menimbulkan keracunan bahkan banyak yang bilang malah menyehatkan. Apapun yang kita makan selama tidak berlebihan pasti baik untuk tubuh.

Ilustrasi: dok.prib
Narasi: oprib
rahmadharis5815
zimbenk
yasyah81
yasyah81 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan