Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matt.gaperAvatar border
TS
matt.gaper
10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia: Rp5 Juta Sebulan Sudah Nyaman


Banyak negara dengan biaya hidup termurah di dunia, Indonesia dan beberapa negara ASEAN lainnya termasuk di dalamnya. Biaya hidup dalam hal ini adalah besaran uang yang dibutuhkan seseorang untuk hidup nyaman dan berkecukupan.

Komponen yang dihitung masuk dalam biaya hidup antara lain biaya sewa hunian, biaya makan, harga listrik, dan biaya-biaya lainnya. Pada negara-negara termurah ini, seseorang bisa hidup cukup dengan uang tak lebih dari USD500 per bulan, atau setara Rp7,48 per bulan.


Namun US News membuat daftar yang berbeda. Daftar yang dibuat berdasarkan tolok ukur biaya hidup masyarakat di Amerika Serikat, juga berdasarkan banyak kategori selain biaya akomodasi sehari-hari.

Adapun kategori yang dihitung adalah kualitas hidup, kebudayaan, keterbukaan pada bisnis, stabilitas politik, HAM, entrepreneurship, kekuatan perekonomian, adaptabilitas dengan modernisasi, dan masih banyak lagi.


10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah

1. Thailand

Biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal dengan nyaman di negara ini untuk satu orang mencapai sekitar Rp8,34 juta. Sementara biaya hidup satu keluarga dengan dua orang anak adalah Rp29 juta.

Harga satu porsi makanan di tempat makan biasa mencapai Rp34.000 per porsi. Biaya kebutuhan listrik untuk hunian berukuran 85 meter persegi mencapai Rp1 juta per bulan. Harga bensin sekitar Rp17.000 per liter.

2. Vietnam

Biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di Hanoi, Vietnam, untuk satu orang diperkirakan mencapai Rp7,3 juta. Sementara biaya hidup untuk satu keluarga dengan dua anak mencapai Rp25,89 juta per bulan.

Harga satu porsi makanan di tempat makan biasa mencapai sekitar Rp31.000 per porsi. Biaya listrik untuk hunian seluas 85 meter persegi adalah Rp1,14 juta per bulan. Sementara harga bensin mencapai Rp17.000 per liter.

Harga sewa satu kamar di pusat kota untuk satu orang mencapai sekitar Rp5,7 juta per bulan. Sementara harga sewa satu kamar di luar kota besar untuk satu orang mencapai Rp3,28 juta per bulan.

3. India

Untuk hidup dengan nyaman di India secara rata-rata lebih murah 32% dari Indonesia. Biaya hidup untuk satu orang mencapai Rp4,80 juta per bulan. Sementara biaya hidup satu keluarga dengan dua anak mencapai Rp16,45 juta per bulan.

Harga makanan di restoran biasa mencapai sekitar Rp36.000 per porsi. Tarif listrik untuk hunian dengan luas 85 meter persegi mencapai sekitar Rp544.000 per bulan. Sementara harga bensin mencapai Rp18.000 per liter.

Harga sewa satu kamar untuk satu orang di kota besar di India mencapai Rp2,70 juta per bulan. Sementara harga sewa kamar serupa di luar kota besar mencapai Rp1,73 juta per bulan.

4. Filipina

Biaya hidup di Filipina sedikit lebih mahal dari Indonesia. Biaya hidup untuk satu orang di negara tersebut mencapai Rp7,54 juta per bulan. Sementara biaya hidup untuk satu keluarga dengan dua orang anak mencapai Rp25 juta per bulan.

Harga makanan di restoran biasa bisa mencapai Rp53.000 per porsi. Sementara tarif listrik untuk hunian seluas 85 meter persegi diperkirakan mencapai Rp1,49 juta per bulan. Sedangkan harga bensin mencapai Rp18.000 lebih per liter.

Harga sewa satu kamar untuk satu orang di kota-kota besar di Filipina mencapai Rp4,81 juta. Sedangkan harga sewa satu kamar di luar kota-kota besar mencapai Rp2,72 juta per bulan.

5. Indonesia

Indonesia menduduki peringkat keempat negara dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Biaya hidup yang dibutuhkan satu orang untuk tinggal dengan nyaman di Jakarta adalah Rp6,84 juta.

Harga makanan satu porsi bisa mencapai Rp25.000 per piring. Sementara tarif listrik satu bulan untuk satu rumah selama sebulan bisa mencapai sekitar Rp900.000 per bulan. Sedangkan harga bensin mencapai Rp10.000 lebih per liter.

Harga sewa kamar di Jakarta sendiri bisa mencapai sekitar Rp1 juta hingga Rp3 juta lebih per bulan untuk satu orang. Sementara harga sewa rumah kecil selama setahun bisa mencapai Rp20 juta lebih untuk biaya sewa setahun.

6. Malaysia

Biaya hidup di Malaysia sedikit lebih mahal dari Indonesia. Seseorang membutuhkan biaya setidaknya Rp6,9 juta untuk hidup di negara tersebut selama sebulan. Sementara biaya hidup satu keluarga dengan dua orang anak bisa mencapai Rp24 juta per bulan.

Harga satu porsi makanan di Malaysia mencapai sekitar Rp38.000 per porsi. Sementara tarif listrik untuk hunian seluas 85 meter persegi bisa mencapai Rp655.000 per bulan. Namun harga bensin di Malaysia masih tergolong murah, yakni mulai dari Rp6.000 per liter.

Harga sewa kamar di kota-kota besar di Malaysia bisa mencapai Rp5,41 juta per bulan. Sementara harga sewa kamar di luar kota-kota besar bisa mencapai Rp3,72 juta per bulan.

7. China

China adalah negara besar dengan banyak provinsi. Biaya hidup di negara ini untuk satu orang mencapai Rp8,39 juta per bulan. Sementara satu keluarga dengan dua orang anak bakal membutuhkan biaya hidup sekitar Rp30,39 juta per bulan.

Harga makanan di China mencapai sekitar Rp52.000 per porsi. Sementara tarif listrik dan akomodas hunian lainnya bisa mencapai Rp804.000 per bulan. Sedangkan harga bensin dibanderol sekitar Rp17.000 per liter.

Harga sewa satu kamar di kota-kota besar di negara ini mencapai Rp8,34 juta per bulan. Sementara harga sewa satu kamar di luar kota-kota besar bisa mencapai Rp6,20 juta per bulan.

8. Mexico

Biaya hidup di negara ini juga lebih mahal dari Indonesia, namun masih terjangkau. Satu orang membutuhkan biaya sekitar Rp8,67 juta per bulan untuk hidup dengan nyaman di Mexico. Sementara satu keluarga dengan dua orang anak membutuhkan setidaknya Rp31 juta.

Harga makanan di restoran biasa bisa dibanderol sekitar Rp127.000 per porsi. Sementara tarif listrik dan biaya akomodasi hunian lainnya bisa mencapai Rp900.000 per bulan. Sedangkan harga bensin mencapai sekitar Rp19.000 per liter.

Sementara biaya sewa satu kamar di kota besar mencapai Rp8,22 juta. Sedangkan harga sewa kamar di luar kota besar mencapai sekitar Rp5,02 juta per bulan.

9. Turki

Turki adalah satu-satunya negara Eropa yang dianggap memiliki standar biaya hidup yang tergolong murah. Satu orang membutuhkan uang hanya sekitar Rp7,04 per bulan. Sementara satu keluarga dengan dua orang anak bakal membutuhkan sekitar Rp24,62 juta per bulan.

Harga makanan di restoran biasa dibanderol mulai dari Rp73.000 per porsi. Tarif listrik dan biaya akomodasi hunian lainnya bisa mencapai sekitar Rp1,06 juta per bulan. Sementara harga bensin dibanderol sekitar Rp16.000 per liter.

Harga sewa satu kamar di kota besar di negara ini mencapai Rp6,20 juta per bulan. Sementara harga sewa satu kamar di luar kota besar bisa dibanderol sekitar Rp4,15 juta per bulan.

10. Bangladesh

Bangladesh adalah negara lain di Asia Selatan yang masuk dalam daftar negara dengan biaya hidup termurah di dunia. Satu orang hanya membutuhkan Rp5,37 juta untuk tinggal dengan nyaman selama sebulan. Sementara satu keluarga dengan dua orang anak membutuhkan Rp18,43 juta saja per bulan.

Harga makanan mencapai Rp27.000 per porsi. Sementara tarif listrik dan biaya akomodasi hunian lainnya mencapai Rp515.000 per bulan. Sedangkan harga bensin di negara ini dibanderol sekitar Rp15.000 per liter.

Harga sewa satu kamar di kota besar di Bangladesh mencapai Rp1,52 juta per bulan. Sementara harga sewa di luar kota besar dibanderol sekitar Rp900.000 lebih selama sebulan.

Demikianlah sederet negara dengan biaya hidup termurah di dunia tahun ini. (NKK)


https://www.idxchannel.com/economics...n-sudah-nyaman

Semakin tinggi perbedaan penghasilan rata-rata dibandingkan biaya hidup maka negara tersebut menjadi negara sejahtera, contoh walau biaya hidup singapura jauh lebih mahal, tapi karena penghasilan penduduknya jauh diatas biaya hidup nya maka dapat dikatakan negara maju
Diubah oleh matt.gaper 04-06-2023 04:37
mahfudz.umri
mang.jebot
mang.jebot dan mahfudz.umri memberi reputasi
0
1.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan