Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Panji Gumilang Al Zaytun Sebut Jangan Mau Mati di Tanah Suci yang Jauh
Panji Gumilang Al Zaytun Sebut Jangan Mau Mati di Tanah Suci yang Jauh, Disentil Tiktokers Pak Ndul

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang kini makin membuat heboh publik usai pernyataan kontroversialnya tentang tak mempercayai hadist Nabi Muhammad SAW

Jum'at, 02 Juni 2023 | 16:30 WIB


Panji Gumilang Al Zaytun Sebut Jangan Mau Mati Di Tanah Suci yang Jauh, Disentil Pak Ndul (Tiktok @ahyaraksara)

Suara Denpasar -  Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang kini makin membuat heboh publik usai pernyataan kontroversial nya tentang tak mempercayai hadist Nabi Muhammad SAW.

Kini ia membuat satu pernyataan kontroversial lagi dengan seruan untuk tidak usah mau meninggal dunia di tanah suci.

Menurutnya, tanah air Indonesia lebih suci daripada tanah suci di Makkah dan Madinah, Arab Saudi. Untuk itu, ia berseru agar tak usah memiliki keinginan untuk mati di tanah suci Makkah dan Madinah, cukup meninggal di Indonesia saja.

“Indonesia tanah suci, nggak usah mau mati di tanah suci yang jauh,” ujar Panji Gumilang dikutip Suara Denpasar dari akun Tiktok @ahyaraksara pada Jum’at, (2/6/2023).

Panji Gumilang berpendapat seperti itu didasarkan dari lagu Indonesia Raya Stanza ke 3. Namun sayangnya, ia membenturkan lirik lagu nasionalisme tersebut dengan keyakinan agama.

Menurut Tiktoker Pak Ndul, tanah di bumi itu semuanya suci, tanah di Indonesia pun tidak merupakan tanah yang najis. Pak Ndul meminta agar Panji Gumilang bisa membedakan ‘tanah suci’ dan ‘tanah yang suci’.

“Siapa juga mas yang mengatakan bahwa Indonesia itu najis, wong hakekatnya bumi ini suci. Bedakan tanah suci dengan tanah yang suci,” ujar Pak Ndul.

Ia menyayangkan bahwa Panji Gumilang tidak bisa membedakan antara konteks syariat ibadah dengan konteks kebangsaan. Ia menilai bahwa Panji Gumilang telah salah mengimplementasikan lagu Indonesia Raya stanza ke 3.

“Tanah Suci bagi umat Islam itu adalah Masjidil Haram dan itu adalah Makkah, tanah kelahiran Muhammad. Juga Madinah, dimana jasad mulia Rasulullah kembali dipeluk bumi. Disana Al-Qur’an diturunkan, disana agama Islam diwahyukan kepada nabi terakhir untuk umat akhir,” terangnya.

“Tidak ada yang salah mas dengan lagu Indonesia Raya stanza 3,” ujarnya

“Bedakan konteks syariat ibadah dengan konteks kebangsaan, cinta tanah air, nasionalisme. Lirik lagunya bener tapi implementasinya salah,” tambah Pak Ndul.

Di akhir video, Pak Ndul menyebut bahwa pernyataan kontroversial dari Panji Gumilang itu memiliki tujuan yang batil, Ia menyarankan agar Panji Gumilang tidak menjadikan Lagu  Indonesia Raya stanza 3 itu menjadi landasan syariat dalam beribadah. (*/Ana AP)

https://denpasar.suara.com/read/2023...okers-pak-ndul

Bung Tomo aja jg matinya disana
pilotproject715
4l3x4ndr4
sc5
sc5 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan