mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Tiba di Kantor PCNU Kendal, Para Biksu Thudong Dipijat Oleh Banser
Tiba di Kantor PCNU Kendal, Para Biksu Thudong Dipijat Oleh Banser

Kompas.com - 27/05/2023, 20:47 WIB Lihat Foto 32 biksu yang melakukan ritual jalan kaki, saat disambut oleh pengurus PCNU Kendal.
KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN(KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN)

Penulis Kontributor Kendal, Slamet Priyatin | Editor Khairina

KENDAL, KOMPAS.com-Sebanyak 32 biksu dari Thailand yang menggelar tudhong atau ritual jalan kaki, sempat istirahat 2 kali, ketika melakukan perjalanan dari Weleri ke kantor PCNU Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2023) sore.

Sesampainya di kantor PCNU, 32 biksu yang disambut ribuan warga Kendal tersebut, langsung istirahat. Mereka mendapat pelayanan pijat kaki yang dilakukan oleh anggota banser. Pada kesempatan itu, lewat perwakilannya, 32 biksu mendapat kenang -kenangan lukisan Gus Dur (KH. Abdulrahman Wahid) dari pengurus PCNU, Izzudin.

Izzudin mengucapkan selamat datang dan kepada 32 biksu yang melakukan ritual jalan kaki, dan mempersilakan istirahat.

“Kami punya tukang pijat, silahkan yang mau pijat,” kata Izzudin.

Sementara itu, salah satu biksu yang melakukan ritual jalan kaki, Banthe Katandhamo atau Banthe Wawan, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kendal, juga PCNU.

Ia mengaku dirinya dikawal oleh orang Islam selama perjalanan. Ini menunjukkan masyarakat Indonesia, sangat menjunjung tinggi toleransi.

Banyak orang luar negeri yang takut ke Indonesia karena adanya informasi yang salah. Kami menyaksikan sendiri, ternyata masyarakat Indonesia menjunjung tinggi toleransi. Kami akan menginformasikan biar mereka tidak takut datang ke Indonesia,” kata Banthe Wawan.

Ke-32 biksu yang melakukan ritual jalan kaki masuk ke Kabupaten Kendal, Sabtu pagi. Mereka istirahat di pendopo kecamatan Weleri, kemudian melanjutkan perjalanan ke kantor PCNU Kendal.

Selama perjalanan ke Weleri hingga ke PCNU Kendal, mereka istirahat 2 kali, yaitu di SPBE Truko dan pabrik gula Cepiring.

Selama perjalanan, mereka dikawal oleh polisi, TNI, dan Banser.

[b] Setelah dari kantor PCNU, para biksu akan melanjutkan perjalanan ke Gereja Santo Antonius Padua Jalan Pemuda Kendal. [/b\

: https://regional.kompas.com/read/202...t-oleh-banser.


Sambut 32 Biksu Thudong, Ratusan Warga Kendal Padati Pinggir Jalan

Kompas.com - 27/05/2023, 18:12 WIB 1 1 Lihat Foto 32 biksu yang melakukan ritual jalan kaki, saat tiba di Kendal.

KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN(KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN) Penulis Kontributor Kendal, Slamet Priyatin | Editor Khairina

KENDAL, KOMPAS.com-Ratusan warga Kendal, Jawa Tengah memadati pinggir jalan Raya Kendal, Sabtu (27/5/2023) sore.

Mereka menyambut kedatangan 32 biksu dari Thailand yang menggelar tudong atau ritual jalan kaki .

Warga banyak yang mengeluarkan minum dan buah -buahan di pinggir jalan untuk diberikan oleh para biksu tersebut.

Seperti yang diakui oleh Rifky. Warga Karangsari Kendal tersebut rela mengeluarkan minuman dan buah–buahan sebagai rasa simpati. Sebab, mereka sudah berjalan kaki dari Thailand menuju Borobudur dan melewati Kendal.

“Sebagai manusia, saya sangat hormat kepada para biksu tersebut. Saya terenyuh,” kata Rifky.

Rifky berharap, semua biksu yang melakukan ritual jalan kaki tersebut, diberi kesehatan oleh Tuhan.

“Mereka mau mampir ke gedung PCNU untuk istirahat. Semoga tetap sehat,” ujar Rifky.

Sama dengan Rifky, Muslimah, warga Patebon Kendal, mengaku ingin menyambut para biksu, yang berjalan kaki. Meskipun dirinya muslim, tambah Muslimah, sebagai manusia harus bisa saling menghormati.

“Semoga mereka sehat, sampai Borobudur nanti,” kata Muslimah.

Ke-32 biksu yang melakukan tirakat jalan kaki, masuk ke wilayah Kabupaten Kendal, Sabtu pagi setelah melakukan perjalanan dari Batang. Mereka beristirahat di Weleri, kemudian melanjutkan perjalanan ke kantor PCNU Kendal.

https://regional.kompas.com/read/202...pinggir-jalan.



Rombongan Biksu Thudong Diberi Hasil Bumi oleh Petani Batang

Sabtu, 27 Mei 2023 @20:45 wib 7 LANJUTKAN PERJALANAN: Rombongan Biksu Thuddong saat singgah di Rumah Dinas Bupati Batang. (IST)

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Masyarakat Kabupaten Batang antusias menyambut rombongan 32 biksu dari berbagai negara Asia Tenggara yang melintas.

Puluhan biksu itu bahkan mendapat derma berupa hasil bumi dari para petani. Sebelumnya, mereka mendapatkan sambutan dari Pemkab Batang.

“Tidak ada dukanya. Duka itu hilang ketika ada suka. Lha sukanya itu antusias luar biasa (sambutan dari masyarakat),” kata Bhante Katadhamo atau Biksu Wawan dari Indonesia, Jumat (26/5).

Puluhan biksu itu melaksanakan ritual Thudong atau jalan kaki menuju Candi Borobudur. Puncak kegiatan para biksu itu adalah perayaan Waisak. Ia bercerita, selama perjalanan tidak ada kendala berarti. Bahkan sambutan masyarakat membuat perjalanannya meriah.

Sejak dari Perbatasan Batang-Pekalongan, ratusan masyarakat tampak menyambut para biksu itu di pinggir jalan. Lalu, para biksu mampir di rumah dinas Bupati Batang dan dijamu sarapan pagi. Perjalanan kemudian berlanjut ke arah timur menuju Kabupaten Kendal. Di depan kantor Desa Simbangdesa, para biksu mendapat Derma hasil bumi dari Omah Tani.

“Ini sumbangan dari petani, ada sayur, ada buah. Buahnya ada pisang, tomat, semuanya diambil langsung dari kebun,” kata perwakilan Omah Tani, Gotama Bramanti.

Tidak hanya Omah Tani, berbagai elemen yang menyambut para biksu yaitu SPN, Cakrawangsa, Petanesia dan sebagainya. Bramanti menuturkan bahwa sumbangan dari petani untuk menunjukkan rasa toleransi bangsa Indonesia.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, para biksu ini akan berhenti di tiga lokasi. Yakni di rumah dinas bupati, kedua istirahat di Tulis dan ketiga tidur di Banyuputih. Hari ini pukul 05.00 pagi akan menuju ke Kendal. Baca juga: Hadirkan Semua Hasil Bumi dan Bazar “Mudah-mudahan rombongan para biksu ini sampai tujuan akhir di Candi Borobudur dengan selamat dan sehat semuanya,” ujarnya. (yan/zal)


https://radarsemarang.jawapos.com/be...petani-batang/

Diceritain sama tukang jual getuk waktu mereka lewat di Indramayu rame . Warga-warga kasih minuman ke mereka.

bukan.bomat
sorken
qavir
qavir dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan