Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lynna123Avatar border
TS
lynna123
5 Cara Mempromosikan Brand Melalui TikTok
TikTok telah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Saat ini, TikTok memiliki pengguna aktif hingga 800 juta orang. Rata-rata pengguna TikTok menggunakan aplikasi ini selama 52 menit per hari. 
Data tersebut menunjukkan tingginya minat untuk menyimak konten terutama video viral TikTok. Selain itu, pengguna TikTok memiliki kecenderungan untuk membagikan video yang mereka lihat ke berbagai platform media sosial yang digunakan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia marketing secara daring terutama TikTok.
Untuk meningkatkan brand awareness dan bahkan penjualan, tim promosi brand sudah mulai menjelajahi TikTok. Berikut cara promosi brand melalui TikTok;

Buat Akun Bisnis TikTok
Sebelum memutuskan untuk membuat akun bisnis TikTok, pahami terlebih dahulu tentang aplikasi media sosial TikTok itu sendiri. Meski pengguna aktif TikTok sudah ratusan juta di seluruh dunia dan punya jaminan meningkatkan brand awareness, perlu diketahui juga karakteristik dan perilaku dari penggunanya.
Informasi tentang karakter dan rentang usia atau demografi dari pengguna TikTok dapat mempermudah upaya untuk menentukan apakah produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand Anda cocok untuk dipasarkan di TikTok. 
Untuk melancarkan kegiatan promosi brand di TikTok, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun bisnis di TikTok. Setelah mengunduh aplikasi TikTok dan memasukkan data serta informasi yang diperlukan, langsung alihkan akun Anda ke akun bisnis. Pilihan ini ada di menu 'Kelola Akun Saya'.

Pastikan anda menggunakan foto yang menarik untuk foto profil, gunakan foto profil agar pengguna lain mengetahui akun TikTok tersebut resmi milik brand Anda, tulis biografi singkat tentang brand Anda, lalu sertakan tautan ke website toko daring dan/atau platform lain yang telah dimiliki.
Meski membuat konten terlihat mudah, pada kenyataannya, membuat konten yang benar-benar dapat menarik minat pengguna tidaklah semudah yang dibayangkan. Akan tetapi, tidak perlu khawatir. Membuat konten TikTok viral bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. 

Agar dapat menarik minat audiens, konten TikTok Anda harus meninggalkan kesan berharga dalam benak para pengguna. Buatlah video yang berkualitas tinggi, gunakan audio dan visual yang sesuai dan memikat. Untuk itu, pastikan konten yang dibuat memiliki value yang dapat diunggulkan. Dengan value yang ditawarkan, hampir bisa dipastikan bahwa audiens dan calon konsumen akan merasa tertarik meluangkan waktunya untuk menyimak konten yang disuguhkan.

Membuat Konten Viral di TikTok
Buatlah konten yang menarik dan menyenangkan. Pelajari tiap konten TikTok yang sedang trending dan viral. Cara ini penting agar konten yang dibuat dapat diterima oleh audiens secara alami.
Berikut beberapa jenis konten promosi yang dapat dijadikan inspirasi untuk menarik konsumen:

Behind the Scene atau Life at (nama brand)
Pada fase ini, konsumen mulai tertarik dan peduli dengan apa yang mereka beli, konsumsi, dan pakai. Oleh karena itu, konten behind the scene menjadi strategi yang tepat untuk menggaet calon konsumen.
Bagikan kisah keseharian brand, ceritakan kisah awal dibangunnya brand atau masa-masa awal memformulasikan suatu produk, share bahan apa saja yang digunakan untuk membuat produk, atau cara pengemasan produk sebelum dikirim.

Konten edukasi: 
Meski sering dianggap membosankan dan tidak menarik, konten edukasi ternyata bisa menarik minat audiens. Bagikan ilmu pengetahuan populer yang terkait dengan brand atau produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Video tutorial
Video tutorial selalu jadi penyelamat. Di dunia kecantikan dan make-up, misalnya, banyak sekali video tutorial dengan total view yang cukup tinggi. Data ini menunjukkan bahwa video tutorial sangat menarik untuk disimak.

Manfaatkan Filter, Effect, dan Sound (Lagu) Viral di TikTok
Fitur unik TikTok dibanding media sosial lainnya adalah, TikTok memfasilitasi penggunanya dengan filter, effect dan sound yang dapat membuat konten TikTok menjadi viral. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, brand bisa dikenal meskipun hanya memiliki jumlah followers yang masih sedikit. Caranya yaitu dengan "menumpang" di filter, effect, dan sound yang sedang trending. Strategi ini dianggap cukup efektif untuk meningkatkan jumlah views, mendatangkan followers baru, dan menaikkan TikTok engagement rate.

Bangun Kerjasama dengan Influencer
Influencer dalam media sosial memiliki peran yang sangat penting untuk memperluas jangkauan konten sebuah brand. Hal ini disebabkan oleh besarnya komunitas yang telah dibangun oleh influencer melalui akun TikTok nya. Pada umumnya, mereka telah memiliki followers atau bahkan penggemar setia yang akan mengikuti apa yang mereka lakukan.
Untuk itu, salah satu cara untuk mempromosikan brand melalui TikTok adalah, dengan menyisihkan biaya untuk berkolaborasi dengan influencer TikTok. 
Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa sebuah brand tidak bisa sembarang menggunakan jasa influencer. Sebelum melakukan kerjasama, lakukan riset terlebih dahulu, pelajari dulu audiens dari influencer tersebut, juga tipe konten yang kerap diunggahnya. Untuk mendapatkan data ini, Anda dapat menggunakan fasilitas TikTok analytics tools seperti Analisa.io.
Langkah selanjutnya adalah tentukan batas konten yang jelas kepada influencer terpilih. Berikan juga kebebasan influencer dalam cara membuat konten agar sesuai selera followers mereka.
 


0
256
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan