Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fachzAvatar border
TS
fachz
Apakah Benar Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun?
Apakah Benar Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun?

Hei agan dan sista, pada artikel kali ini, kita akan bahas tentang Indonesia yang konon katanya dijajah selama 350 tahun oleh bangsa barat. Tapi, apakah beneran sih kita dijajah selama itu?

Banyak orang mempercayai bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh bangsa Belanda dan Portugis. Namun, sebenarnya fakta sejarah membuktikan bahwa Indonesia tidak dijajah selama itu.

Pertama-tama, perlu kita ingat bahwa Indonesia pada waktu itu terdiri dari berbagai kerajaan dan kesultanan yang saling berperang dan bersaing. Sebelum kedatangan bangsa barat, Indonesia sudah mengalami banyak pergolakan antarkerajaan dan terus berubah-ubah.

Kedatangan bangsa barat, tidak bisa kita anggap sebagai penjajahan seperti yang sering kita bayangkan. Bangsa barat hanya membangun hubungan dagang dan ekonomi dengan Indonesia untuk mencari bahan-bahan perdagangan seperti rempah-rempah yang langka.

Sebenarnya, hubungan antara bangsa barat dan Indonesia pada waktu itu adalah hubungan ekonomi yang saling menguntungkan. Mereka membawa keuntungan dengan memasarkan produk mereka di Indonesia dan sebaliknya, Indonesia juga diberi keuntungan berupa teknologi dari bangsa barat.

Memang benar, bahwa Belanda pada akhirnya berhasil menguasai Indonesia. Namun, ini terjadi setelah terjadinya perang dan konflik antara Belanda dan Indonesia. Pada akhirnya, Indonesia menjadi sebuah koloni Belanda sebelum akhirnya merdeka pada tahun 1945.

Jadi, dalam kesimpulannya, Indonesia tidak benar-benar dijajah selama 350 tahun. Hubungan antara bangsa barat dan Indonesia pada waktu itu adalah hubungan ekonomi yang saling menguntungkan. Namun, belakangan Indonesia jatuh ke tangan Belanda setelah adanya konflik.

Nah bagaimana menurut kalian, agan dan sista? Apakah Indonesia benar-benar dijajah selama 350 tahun? Jangan lupa berikan komentar dan cendol pada artikel ini ya!
scorpiolama
blaine123
blaine123 dan scorpiolama memberi reputasi
2
1.3K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan