Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Lukas Enembe Emosi ke Jaksa-Penyidik KPK Saat Tanda Tangan Berkas Perkara

Lukas Enembe Emosi ke Jaksa-Penyidik KPK Saat Tanda Tangan Berkas Perkara
Annisa Aulia Rahim - detikNews
Jumat, 12 Mei 2023 18:28 WIB

Lukas Enembe setelah diperiksa KPK (Yogi/detikcom)
Jakarta - Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe segera menjalani persidangan terkait dugaan kasus suap dan gratifikasi. Pengacara Petrus Bala Pattyona mengungkapkan kliennya emosional karena tak terima ingin diadili.
Petrus menyebut, saat penandatanganan berkas perkara, Lukas sempat meluapkan emosi ke jaksa dan penyidik KPK. Dia menyebut Lukas memang sedang dalam keadaan tensi darah yang tinggi.

"Dia bilang, 'Kamu tipu-tipu, kamu bohong semua.' Dia marah ke jaksanya, ke penyidiknya," ungkap Petrus kepada wartawan, Jumat (12/5/2023).

"Memang sempat diperiksa dokter tensinya. Dokter berkesimpulan Pak Lukas dalam keadaan sakit," imbuhnya.

Lukas Enembe diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka suap, gratifikasi, hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dalam kasus suap dan gratifikasi, Lukas diduga menerima aliran uang hingga Rp 11 miliar.

Penyidik kini menyerahkan Lukas Enembe dan barang bukti ke Tim Jaksa KPK usai berkas perkara dinyatakan lengkap.

"Setelah berkas perkara, baik syarat formil maupun materiilnya lengkap Hari ini diagendakan pelaksanaan penyerahan tersangka dan barang bukti dengan tersangka LE dari tim penyidik kepada jaksa KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (12/5).

Ali mengatakan berkas perkara yang telah lengkap itu merupakan kasus suap dan gratifikasi Lukas Enembe. Mantan Gubernur Papua itu kini bakal segera disidangkan di kasus tersebut.

"Proses ini untuk perkara dugaan penerimaan suap dan gratifikasi," katanya.
https://news.detik.com/berita/d-6717...erkas-perkara.





Pengacara Ungkap Momen Enembe Kalap di KPK, Tensi Darah Hingga 180
Lukas Enembe Emosi ke Jaksa-Penyidik KPK Saat Tanda Tangan Berkas Perkara
CNN Indonesia
Jumat, 12 Mei 2023 18:26 WIB
Bagikan : 
Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe dikabarkan marah besar kepada penyidik dan jaksa KPK saat pemberkasan sebelum sidang kasus korupsi (Detikcom/Andhika Prasetia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe marah kepada penyidik dan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga tensinya naik.
Menurut Anggota tim penasihat hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona mengatakan momen itu terjadi saat agenda pelimpahan berkas penyidikan perkara suap dan gratifikasi kepada tim penyidik dan jaksa KPK.

"Dia bilang 'kamu tipu-tipu, kamu bohong semua.' Dia marah ke jaksa dan penyidiknya, sehingga sempat berhenti lama dan dokter juga memeriksa Pak Lukas," ucap Petrus di Gedung KPK, Jumat (12/5).

Menurut kesaksian Petrus, Lukas Enembe marah besar ketika ditanya tentang hal-hal yang disangkakan kepadanya. Emosi yang tinggi membuat Lukas sempat berhenti bicara.

Dokter pun turun tangan. Petrus menyebut dokter bahkan menyimpulkan kondisi Enembe sedang sakit.

Di dalam ruangan tempat penyerahan berkas, Petrus mengaku melihat 18-20 orang penyidik, jaksa penuntut umum, dan dokter. Dia merasa keramaian itu juga makin membuat Enembe mudah tersulut amarah.

"Di tengah-tengah agenda penyerahan berkas Pak Lukas sakit. Tensinya cukup tinggi 180," ujar Petrus.

KPK telah selesai melakukan penyidikan dengan melengkapi berkas perkara suap dan gratifikasi tersangka Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan penyerahan berkas dilakukan pada hari ini.

Ali mengatakan penyerahan tersebut dilaksanakan setelah berkas perkara, baik syarat formil maupun materiil perkara Lukas sudah lengkap.

"Hari ini diagendakan pelaksanaan penyerahan tersangka Lukas Enembe dan barang bukti dengan dari Tim penyidik kepada Jaksa KPK," ujar Ali dalam keterangannya.

(psr/bmw)
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ah-hingga-180.

Lukas Enembe segera dibawa ke pengadilan di tengah tensi darah naik
sc5
sc5 memberi reputasi
1
655
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan