Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vivinnatasch961Avatar border
TS
vivinnatasch961
Hubungan Kopi Dengan Pola Tidur Yang Buruk
Hayoo.. siapa nih yang suka minum kopi? Atau siapa nih yang sering minum kopi untuk begadang ngerjain tugas? Kalian tau gak sih bahaya minum kopi dalam begadang untuk kesehatan terutama untuk pola tidur? Simak penjelasan berikut yuk!
Zat kafein dalam kopi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah meningkatkan fokus dan kewaspadaan diri, menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit gula, mengurangi berat badan, menaikkan performa olahraga, mencegah kerontokan rambut, meningkatkan memori pada otak dan kemampuan memperoleh pengetahuan, dan menghindari penyakit kanker. Namun, meminum kafein yang terlalu sering memiliki efek samping bagi kesehatan yaitu insomnia, sering buang air kecil, gelisah, denyut jantung menjadi cepat, dan gangguan pencernaan. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan rhabdomyolysis. Pengonsumsian kafein telah terbukti menyebabkan pengaruh buruk terhadap durasi tidur dan menyebabkan kantuk di siang hari.

Apasih hubungan kafein dengan pola tidur?
Kafein yang terdapat dalam kopi dapat bekerja sebagai penghancur adenosin pada penerima rangsangan A1 dan A2 (A1R dan A2AR) karena memiliki struktur yang mirip dengan adenosin. Dampak psikostimulan kafein dapat diisolasi sebagai dampak penggerak psikomotorik dan dampak peningkatan kegembiraan. Peningkatan kegembiraan ditandai oleh pengaruh kafein yang menghambat adenosin melalui tugasnya dalam homeostasis tidur. Kafein mengurangi rasa kantuk yang diintervensi adenosin terutama pada aksi reseptor A1R yang terkait dengan kerangka kerja eksitasi yang meningkat, sedangkan kenaikan kemampuan bertindak terjadi akibat kerja kafein pada reseptor A2AR dengan implikasi mengontrol transmisi jalur stria dopamin di otak.

Trus, kalian tau nggak guys resiko dari pola tidur yang buruk?

Pola tidur yang buruk mengakibatkan kesehatan fisiologis dan psikologis menurun. Secara fisiologis, pola tidur yang buruk dapat menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan individu dan meningkatkan kelelahan atau mudah letih. Secara psikologis, dapat mengakibatkan ketidakstabilan emosional, kurang percaya diri, impulsif yang berlebihan dan kecerobohan
Tidur kurang dari lima jam dalam satu malam, dapat beresiko terjangkit depresi, stress, penyakit jantung, struk dan diabetes. Pada wanita, yang tidur sebanyak 6 jam atau kurang dari jumlah tersebut setiap malam memiliki peluang 62% lebih besar terkena kanker payudara, dibanding mereka yang tidur sebanyak 7 jam. Kurangnya jam tidur telah terbukti dapat mengakibatkan siklus hormon dan metabolisme menjadi tidak seimbang
Nah, sekarang sudah tau kan bahaya nya minum kopi untuk begadang dalam kesehatan. Oleh karena itu, kurang-kurangi minum kopi ya guys. Dan juga jaga pola tidur kalian. Ingat, kesehatan lebih penting loh dari segalanya. Ngerjain tugas pada malam harinya dibatasi juga. Karena tubuh juga butuh istirahat.
Zhendong.Wanmei
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
1
224
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan