Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Semakin Mantap, Roketsan dari Turki Mulai Produksi Rudal Anti Tank UMTAS-GM
Quote:


Industri pertahanan Turki kembali bikin kejutan Gan, setelah dalam 6 bulan terkahir didominasi kabar dari pengembangan drone dan pesawat tempur, kini produksi untuk senjata anti tank kabarnya sudah dimulai. Artikel Army Recognitionmenyebutkan jika Roketsan sudah mulai memproduksi senjata anti tank bernama UMTAS-GM pada awal bulan Mei 2023. Sementara itu Murat Ikinci selaku General Manager dari Roketsan mengatakan jika produksi massal diharapkan bisa selesai akhir tahun ini. Namun, tidak disebutkan berapa jumlah senjata yang akan diproduksi.

UMTAS-GM merupakan akronim dari Uzun Menzilli Tanksavar Sistemi - Geleceğin Muharebe Sistemi. Yang jika diterjemahkan berarti Sistem Anti Tank Jarak Jauh - Sistem Tempur Masa Depan. Senjata anti tank yang dikembangkan oleh Roketsan ini memiliki jangkauan tembak hingga 8 kilometer dan juga dapat mencapai target pada ketinggian maksimum 4 kilometer.

Rudal tersebut dirancang untuk diluncurkan dari berbagai platform, termasuk helikopter (yaitu Atak 2), UAV, dan kendaraan darat. Rudal dilengkapi dengan dual-mode imaging seeker, yang memungkinkannya untuk secara akurat mencapai target diam dan bergerak pada siang atau malam hari.

Rudal dilengkapi dengan hulu ledak tandem penembus lapis baja, yang dapat menembus lapis baja setebal 1.200 mm. Hulu ledak tandem terdiri dari dua tahap; tahap pertama menembus armor, sedangkan tahap kedua meledak di dalam target, menyebabkan kerusakan maksimum.

Quote:


Rudal ini menggunakan sistem navigasi inersia (INS) dan sistem GPS untuk navigasi dan panduan. INS menyediakan data posisi dan kecepatan rudal, sedangkan GPS memungkinkan rudal untuk secara akurat menuntun rudal ke sasarannya.

Dari segi dimensi, rudal UMTAS-GM memiliki panjang 1,9 meter, diameter 160 milimeter, dan berat sekitar 47 kilogram. Rudal memiliki kecepatan Mach 0,9 dan dapat mencapai kecepatan maksimumnya dalam waktu kurang dari 30 detik. Sistem propulsi rudal adalah motor roket berbahan bakar padat, yang memberikan kecepatan dan kemampuan manuver yang diperlukan.

Sepertinya rudal ini memang dibuat khusus untuk diluncurkan dari platform kendaraan tempur, drone dan helikopter Gan. Tidak dibuatkan versi man portable, yaitu ATGM yang dioperasikan oleh personel di darat. Sementara itu, untuk ATGM versi man portable, Roketsan telah membuat ATGM Karaok. Yang juga sudah memulai uji coba dan diproduksi pada pertengahan 2022 lalu. Di sisi lain, kabar diproduksinya UMTAS-GM telah menunjukkan betapa cepatnya proses produksi dan pengembangan senjata di Negeri Ottoman. Sesuatu yang terus menjadi standar industri pertahanan mereka saat ini.




--------------




Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: Roketsan
rubah007
nowbitool
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.2K
29
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan