si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Ditata Seperti Susunan Batu Bata, Rusia Pasang Armor Kontakt-1 di Atap Tank T-72B3
Quote:


Inovasi yang dilakukan Rusia untuk armor tanknya terus berlanjut Gan, setelah pada akhir tahun 2021 lalu beberapa tank mereka dipasangi slat armor yang menyerupai sangkar. Sementara itu, baru-baru ini Kementerian Pertahanan Rusia memposting video latihan T-72B3 yang dioperasikan Distrik Militer Barat. Di mana pada atap tank tersebut telah dipasangi armor reaktif eksplosif (ERA) Kontakt-1 yang disusun seperti tatanan batu bata.

Secara umum, ERA bekerja untuk mempertahankan tank dari serangan proyektil armor piercing yang dilengkapi hulu ledak berdaya tinggi dan amunisi armor piercing sabot, proyektil anti tank akan bertumbukan dengan ERA sehingga menghasilkan ledakan sebelum senjata berhasil menembus kubah atau lambung tank.

Tumbukan antara proyektil anti tank dan armor ERA akan mengurangi efek dari ledakan senjata anti tank tersebut, serta menyelamatkan awak tank dan tank itu sendiri. Dalam beberapa aplikasi, saat dipasang pada sudut yang curam, armor ERA juga dapat berfungsi untuk membelokkan efek ledakan senjata anti tank.

Quote:


Armor sangkar yang digunakan Rusia dikenal dengan istilah cope cage atau armor cage
oleh Barat. Berfungsi sebagai armour pasif tambahan diluar bodi untuk menahan laju proyektil senjata anti tank. Dan memang tidak ada aturan baku dalam pembuatannya Gan, karena disesuaikan dengan desain tank serta dan titik lemahnya terhadap serangan senjata anti tank.

Tidak jelas apakah armor Kontakt01 yang disusun seperti batu bata dapat membuat tank Rusia benar-benar aman. Sementara armor seperti itu mungkin lebih melindungi terhadap serangan ringan dari mortir yang dijatuhkan drone atau drone kamikaze, di mana senjata tersebut hanya menimbulkan ancaman serius bagi tank dengan palka terbuka. Juga armor batu bata Rusia tampak ditempatkan secara datar, yang berarti armor itu kehilangan kemampuan untuk membelokkan sudut senjata anti tank lawan.

Evolusi dari armor milik tank Rusia yang terjadi selama satu setengah tahun terakhir menarik untuk ditonton. Jelas, saat ini pekerjaan masih terus berlangsung untuk membuat armor tersebut memenuhi tujuan yang dimaksudkan.



------------------




Referensi Tulisan: TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
yoseful
agusn6778
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.3K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan