- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Stasiun MRT Thamrin dan Monas Sudah Setengah Jadi, Ini Progresnya


TS
killergodnana
Stasiun MRT Thamrin dan Monas Sudah Setengah Jadi, Ini Progresnya
Quote:

Progres Terkini Proyek MRT Fase 2A di Monas/Foto: Pradita Utama
Jakarta- PT MRT Jakarta (Perseroda) masih terus membangun Fase 2A yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI-Kota. Per 25 April 2023, progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP201 atau stasiun Thamrin dan Monas sudah mencapai 56,2%.
Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran tangga akses darurat (emergency access) gardu induk, pengecoran dinding peron (platform), pekerjaan bore pile untuk launching shaft box jacking entrance Jalan Museum, pekerjaan pengecoran dinding ventilation tower, dinding ruangan dalam gardu induk, pekerjaan waterproofing dan concrete backfilling gardu induk, pemasangan pipa saluran buangan air stasiun, dan pemasangan jalur kabel stasiun.
"Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan penggalian dan pengecoran roof slab sisi utara, penggalian concourse slab sisi selatan stasiun, jet grouting sisi selatan stasiun, dan pekerjaan pemasangan waterproofing roof slab sisi selatan dan utara stasiun," tulis Manajemen MRT Jakarta dalam keterangan tertulis, Jumat (5/5/2023).
Selain itu, mesin bor terowongan 1 (TBM-1) yang sudah berhasil mencapai Stasiun Bundaran HI dan menembus dinding (breakthrough), akan dibongkar lalu dipindahkan ke sisi utara Stasiun Monas untuk melakukan pengeboran southbound menuju Stasiun Harmoni.
Sementara, mesin bor terowongan 2 (TBM-2) sudah memulai pekerjaan pembangunan terowongan northbound menuju Stasiun Harmoni dan telah berhasil membangun sepanjang sekitar 456 meter (304 ring).
Di sisi lain, untuk CP202 (Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar), per 17 April 2023 pembangunannya sudah mencapai 12,388%. Cakupan pekerjaannya meliputi proteksi dan relokasi utilitas, pekerjaan canal decking, pembongkaran JPO lama, pembongkaran halte lama Harmoni, dan pekerjaan tes pit Transjakarta pile Harmoni.
Lalu, pembangunan untuk CP203 (Stasiun Glodok-Kota) sudah mencapai 32,43% per 25 April 2023. Untuk pekerjaan yang telah dilakukan di Stasiun Glodok meliputi melanjutkan pekerjaan galian middle slab/concourse slab, konstruksi top slab/roof slab, dan ground improvement persiapan peluncuran mesin bor terowongan (tunnel boring machine). Sementara di Stasiun Kota, meliputi pekerjaan pembangunan D-Wall sisi timur dan investigasi struktur TPO Kota saat ini.
"Sedangkan pengadaan CP 205 railway systems and trackwork (sistem perkeretaapian dan rel) telah dilakukan dilaksanakan dengan international competitive bidding. Call for tender telah dilakukan pada 25 Agustus 2022," paparnya.
Untuk CP 206 rolling stock (ratangga) telah dilakukan market sounding dan penyesuaian jumlah rangkaian kereta dari 14 rangkaian menjadi tujuh rangkaian. Rencananya, call for tender akan dilakukan pada kuartal pertama tahun ini. Sementara untuk CP 207 automatic fare collection (sistem pembayaran), call for tender akan dilakukan pada Juni 2023.
Sebagai informasi, pembangunan Fase 2A MRT Jakarta menelan biaya sekitar Rp 25,3 triliun. Dana yang didapatkan yaitu melalui dana pinjaman kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Jepang.
Adapun, pembangunan Fase 2A segmen 1 yaitu Bundaran HI-Harmoni ditargetkan selesai pada 2027, sementara untuk segmen 2 yaitu Harmoni-Kota ditargetkan selesai pada 2029. Selain itu, ada juga pembangunan Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat yang masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).
Sumber
Semoga pembangunannya lebih cepat dari target selesai deh

Diubah oleh killergodnana 07-05-2023 14:38






aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.1K
Kutip
42
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan