Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Captain Majid, Kapten Tsubasa Versi Arab Saudi! Berikut Faktanya!

Sumber Gambar

Anime tidak bisa dipungkiri mendapat tempat tersendiri di berbagai belahan dunia. Mau dari latar belakang atau budaya apapun, anime tetap dicintai di berbagai negara. Alasannya karena memang animasinya lebih hidup dan enak dipandang. Ceritanya pun seru dan tidak melulu kekanak-kanakan seperti kartun pada umumnya.

Apalagi ada ribuan judul anime dengan jenis yang berbeda. Baik dari bentuk animasinya, jalan ceritanya hingga genre yang disuguhkan. Sehingga setiap orang memiliki minatnya sendiri dalam menonton anime. Penonton anime mencangkup banyak kalangan, karena banyaknya tema dan isu yang diangkat ke dalam kisahnya.

Sport atau olahraga jadi salah satu yang banyak ditemukan. Voli, basket, sepakbola hingga balap sepeda pun ada di anime. Bahkan beberapa diantaranya menjadi anime booming. Sepakbola sebagai olahraga paling digemari di dunia pun turut mendapat tempat spesial di hati para penonton anime. Kita pasti tahu serial Captain Tsubasa.


Sumber Gambar

Rupanya pecinta Captain Tsubasa tidak hanya di Indonesia dan Asia Timur lho. Di Timur Tengah khususnya Arab Saudi juga sangat menyukai serial bertema sepakbola ini. Bahkan sampai dialih bahasa ke bahasa Arab pada tahun 1990-an. Akan tetapi, nama Captain Tsubasa pada saat itu diganti menjadi Captain Majid.
Kenapa begitu?

Hal ini menurut TS dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta rakyatnya kepada Timnas Arab Saudi pada saat itu. Karena Majid merupakan nama dari kapten Timnas Arab Saudi pada saat serial Captain Tsubasa ini tengah tayang di Arab. Jika TS riset ke Wikipedia dan beberapa sumber lainnya, maka nama Majid yang dimaksud merujuk kepada Majed Abdullah.

Majed Ahmed Abdullah Al-Mohammed. Panjang ya namanya. Dia adalah salah satu legend klub Al-Nassr sebelym Cristiano Ronaldo. Yang sudah membela Al-Nassr salama 20 tahun dari tahun 1977 sampai 1997. Dia juga menjadi kapten Timnas Arab Saudi sejak 1977 hingga 1994, sehingga namanya pun diabadikan dalam anime Captain Tsubasa.


Sumber Gambar

Unik juga, selain mengalihbahasakan dialog dalam anime, nama tokohnya juga turut diganti. Mungkin stasiun TV yang menayangkan anime ini juga sudah berkomunikasi dengan Toei Animation danYoichi Takahashi terkait perubahan nama ini. Sehingga mereka juga tidak asal mengubah nama tokoh ciptaan orang sembarangan saja.

Pertanyaan TS adalah, bagaimana dengan tokoh lain? Apakah hanya Tsubasa yang diganti? Agak lucu kalau membayangkan Hyuga berhadapan dengan Majid. Satu tim namanya Jepang semua, tapi ada satu orang namanya Arab. Apakah dia pemain naturalisasi? Wkwkwk. Sayangnya tidak banyak info terkait Kapten Majid ini.

Konten Sensitif

Sumber Gambar

Hal serupa sebetulnya kerap terjadi di Indonesia. Mungkin kalian pernah mendengar Satria Baja Hitam? Nama sebenarnya dari tokoh superhero itu adalah Kamen Rider Black, tapi karena RCTI mengubah namanya jadi sampai sekarang orang tahunya ya Satria Baja Hitam. Supaya lebih mudah diingat dan lebih memberikan kesan Indonesia.

Apa yang dilakukan oleh TV Arab Saudi itu merupakan propaganda yang bagus supaya lebih banyak warganya yang lebih peduli dan mau mendukung Timnas Arab Saudi. Karena mungkin melalui anime Captain Majid inilah rakyat Arab menjadi tahu kalau ada Timnas yang perlu mereka dukung. Dan TS membayangkan betapa terkenalnya Majid Abdullah pada saat itu. Namanya menjadi tokoh anime hingga sekarang.

emoticon-2 Jempol

Anime apa lagi yang namanya diganti nih, GanSis?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
dickyb21
fathroni
rumput14ut
rumput14ut dan 17 lainnya memberi reputasi
16
5.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan