Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seher.kenaAvatar border
TS
seher.kena
Ketum PBNU: Nasab Gus Dur dan Bung Karno Bertemu di Maulana Ishaq Atabarki Quraisy
Ketum PBNU: Nasab Gus Dur dan Bung Karno Bertemu di Maulana Ishaq Atabarki Quraisy

suaramerdeka-banyumas.com- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menyatakan silsilah Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno bertemu dengan Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Hal itu disampaikan Gus Yahya dalam ceramahnya dalam Halal Bihalal PCNU Lumajang sebagaimana dikutip dari kanal TVNU.

"Gus Dur dulu pernah mengatakan bahwa silsilah nasab saya (Gus Dur, red) ini bertemu dengan Bung Karno pada Syekh Maulana Ishaq attabarki Quraisy," jelasnya sebagaimana mengawali kutipan video tersebut.

Sebagaimana diketahui, Gus Dur yang merupakan cucu dari KH M Hasyim Asy'ari jika dirunut silsilahnya sampai pada Sultan Hadiwijaya Jaka Tingkir yang berujung pada trah Brawijaya sebagaimana Bung Karno.

Hal itu disinggungnya karena saat ini ada orang yang sedang meragukan sejumlah silsilah para ulama termasuk wali songo yang selama ini diyakini merupakan para keturunan Nabi Muhammad SAW.

Terkait hal inilah Gus Yahya yakin kalau siapa saja yang memimpin umat Islam merupakan bagian dari suku istimewa Quraisy yang merupakan asal Nabi SAW.

"Bapak Ibu sekalian ini soal keyakinan Mau percaya mau tidak terserah," katanya.

Tapi menurut Gus Yahya, ini keyakinan dan ini sebetulnya yakin bagian dari thariqah bahwa di dalam masyarakat muslim di tengah-tengah Darul Islam.


Barang siapa diberi bagian kepemimpinan oleh Allah subhanahu wa ta'ala maka sangat bisa diyakini bahwa di dalam dirinya Ada hal terkait Quraisy.

"Abu Bakar Ash Sidiq radhiyallahu anhu berkata dan beliau menuliskannya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kita yakini kepada Duriyah rasulillah.

Kalau sama-sama Arab kenapa sulit ya beneran karena di tengah-tengah orang Arab itu ada tradisi apa namanya apa yang mencegah mereka untuk dengan mudah berbaur satu sama lain," katanya.

Dijelaskan Gus Yahya, hal itu terjadi di sebagian para keturunan Arab tidak seluruhnya berasal dari Quraisy.

Sementara itu, orang-orang pribumi khususnya Jawa, Madura, Aceh dan sebagainya terkenal dekat dengan para orang Arab yang diyakini merupakan keturunan nabi diantaranya adalah para wali sanga yang saat ini sedang diragukan silsilahnya oleh sejumlah orang


https://banyumas.suaramerdeka.com/na...abarki-quraisy

Bagus sekali gus
pilotproject715
sorken
sc5
sc5 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan