si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Mission Accomplished: C-17 dan C-130J Sukses Evakuasi Warga India dari Sudan
Quote:


Beberapa negara sudah mengevakuasi warga negaranya dari Sudan yang sedang dilanda perang, setelah pada thread sebelumnya kita membahas Boeing 737-400 TNI AU yang mengevakuasi WNI dari Sudan; kini kita akan sedikit membahas proses evakuasi WNI (Warga Negara India) Gan. Sama seperti Indonesia, India juga mengerahkan pesawat militer untuk evakuasi warganya.

Mengutip artikel BQ Prime, sampai Jumat (28/04/2023) lalu; India telah membawa pulang sekitar 754 warga negaranya dari Sudan memakai pesawat angkut C-17 Globemaster III. Melalui Operasi Kaveri, India mengerahkan dua unit C-130J Super Hercules serta satu unit C-17 Globemaster III untuk evakuasi warganya via udara. Sama seperti Indonesia, warga negara India dijemput di Port Sudan untuk dibawa ke Jeddah (Arab Saudi) sebagai tempat transit; sebelum nanti diterbangkan ke India memakai pesawat militer atau komersial.

Sebagai informasi, dari 754 warga India yang diterbangkan ke Negeri Bollywood memakai C-17, sebanyak 392 orang turun di New Delhi, sementara 362 orang turun di Bengaluru. Sementara gelombang pertama dari 360 warga India dibawa ke New Delhi dengan pesawat komersial pada hari Rabu (26/04/2023). Sementara gelombang kedua terdiri dari 246 orang tiba di Mumbai dengan C-17 Globemaster III pada hari Kamis (27/04/2023).

Quote:


Melalui Operasi Kaveri, India telah menyelamatkan warganya dengan bus dari zona konflik di Khartoum dan daerah bermasalah lainnya ke Port Sudan. Kemudian mereka dibawa ke Jeddah dengan pesawat angkut Angkatan Udara India dan kapal Angkatan Laut India. India juga telah mendirikan ruang kontrol terpisah di Jeddah dan Port Sudan dan kedutaan besar India di Khartoum.

Menurut data Pemerintah India, total 1.360 orang telah dibawa pulang. Sementara itu jumlah warga India yang berada di Sudan cukup banyak Gan, yakni 3.400 orang. Di mana 1.000 orang doekategorikan sebagai PIO (Persons of Indian Origin), yakni keturunan warga India yang sudah menetap di Sudan selama beberapa generasi.

Selain pesawat, India juga telah mengirim kapal INS Sumedha, untuk membawa warga India dari Port Sudan menuju Jeddah. Gelombang pertama yang dibawa kapal terdiri dari 278 orang, pelabuhan utama negara ini terletak lebih dari 800 km dari ibu kota Khartoum.

Quote:


Untuk kapasitas angkut penumpang standar C-17 secara resmi adalah 80 orang di atas 8 palet, ditambah dengan 54 penumpang di kursi dinding samping. Jadi total penumpang yang dibawa adalah 134 orang. Sementara untuk operasi terjun payung, pesawat mampu membawa 150 pasukan dengan konfigurasi palet dan sidewall seats. 

Sementara itu kapasitas payload C-17 adalah 77,5 ton. Sementara C-17 India membawa 754 orang dari Sudan, kalau dirata-rata berat 754 orang penumpang semitar 60 kg, baru mencapai angka 45.240 kg. Jadi, C-17 memang sangat efektiv digunakan dalam misi evakuasi kemanusiaan Gan. Hal yang sama juga dilakukan AS, saat evakuasi 860 orang dari Afghanistan memakai C-17 pada Agustus 2021 lalu.

Meski tak punya payload sebesar C-17, tetapi C-130 milik India juga bisa mengangkut ratusan orang dalam sekali terbang Gan. Rata-rata Super Hercules membawa 116 sampai 137 orang dalam sekali penerbangan dari Port Sudan menuju Jeddah. Super Hercules punya payload 20.000 kg. Pesawat bisa mengangkut pasukan lintas udara sejumlah 92 prajurit, jika membawa pasukan reguler bisa membawa 128 prajurit. Di sisi lain, konflik di Sudan juga telah menunjukkan betapa pentingnya peran pesawat angkut militer dalam operasi kemanusiaan. Juga, rute udara masih jadi pilihan terbaik untuk melakukan evakuasi di wilayah konflik seperti Sudan atau Afghanistan.



------------------




Referensi Tulisan: BQ Prime
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Tonythompson94
geopoliticsgeek
aripmaulana
aripmaulana dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan