gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
PKS Buka Peluang Airlangga Jadi Cawapres Anies
Jakarta - Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal menanggapi pertemuan antara Ketum Partai Golkar Airlangga Hartato dengan Ketua Majelis Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu. PKS menilai pertemuan itu kemungkinan Demokrat mengajak Golkar untuk mendukung Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan.

"Mungkin Demokrat mengajak Golkar mendukung Anies," kata Iqbal dikonfirmasi, Rabu (3/5/2023).

Iqbal mengatakan hubungan antar partai politik dibutuhkan menjelang Pemilu 2024. Ia menegaskan jika Koalisi Perubahan masih solid dan ingin memperbesar kekuatan.

"Komunikasi antar parpol sangat diperlukan agar terjalin karena politik dinamis, koalisi perubahan masih solid dan terus berkomunikasi dengan partai lain bagian memperkuat koalisi," ucapnya.

Iqbal lantas menjawab peluang Airlangga menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan. Dia menilai semua tokoh berpotensi jadi cawapres Anies. Dia menilai saat ini situasi masih dinamis lantaran belum ada pembahasan di internal secara rinci.

"Saat ini semua calon berpeluang termasuk Pak Airlangga karena belum ada pembahasan di internal koalisi. Jadi masih dinamis dan akan dilihat potensi yang bisa menambah suara. Bila Golkar bergabung akan menguatkan Koalisi Perubahan," ucapnya.

Selain Airlangga Hartato, Iqbal mengatakan ada beberapa tokoh yang potensial menjadi Cawapres Anies. Di antaranya, Gubernur Jawa Timur Khofifah hingga Menparekraf Sandiaga Uno.

"Iya, belum ada pembahasan serius (posisi Cawapres terbuka). Selain Airlangga, Khofifah, Sandi, AHY, Aher berpeluang jadi Cawapres," imbuhnya.

Sebelumnya, pertemuan Airlangga Hartarto dan SBY bersama Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berlangsung pada Sabtu (29/5/2023) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Dari pertemuan tersebut, terdapat satu hal yang disepakati Airlangga dan AHY. Airlangga mengatakan, Golkar dan Demokrat sepakat bahwa dalam pemilu pemenang tidak mengambil semuanya.

"Dan ke depan Golkar dan Demokrat sepakat bahwa Pemilu itu bukan the winner takes it all," kata Airlangga usai pertemuan.

https://news.detik.com/pemilu/d-6701...cawapres-anies

Peraih 12% peringkat kedua 2019 mau di jadikan babu non partai sama partai 1 digit...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
bukan.bomat
ivanind
asurizal
asurizal dan 14 lainnya memberi reputasi
15
2.1K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan