Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Nih Gan, Suzuki yang Mirip Grand Vitara Tapi Lebih Murah
Nih Gan, Suzuki yang Mirip Grand Vitara Tapi Lebih Murah
Suzuki Fronx yang sempat ditampilkan pada Auto Expo di India awal tahun 2023 ini rencananya akan diluncurkan pada minggu kedua April mendatang.

Menariknya, mobil baru yang akan dirilis di India ini memiliki konsumsi bahan bakar yang setara dengan Low Cost Green Car (LCGC) Indonesia.

Meski belum diluncurkan, beberapa spesifikasi penting Suzuki Fronx sudah bocor ke publik. Menurut laporan dari media otomotif India, Suzuki Fronx akan dibekali dua pilihan mesin K-Series, yakni 1.200 cc dan 1.000 cc turbo.

Kedua mesin ini menawarkan angka performa yang berbeda. Mesin 1.000 cc turbo misalnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 100,06 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 147,6 Nm. Mesin ini akan ditawarkan dalam transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 6 percepatan.

Mesin lain yang ditawarkan oleh Maruti Suzuki untuk Fronx adalah mesin K-Series 1.2 liter N/A (natural aspirated).

Mesin ini akan mampu menghasilkan tenaga maksimal 89,73 PS dan torsi puncak 113 Nm. Suzuki Fronx akan ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan AMT 5 percepatan.

Lembar spesifikasi Suzuki Fronx terbaru mengungkapkan bahwa mobil tersebut dapat memiliki konsumsi bahan bakar hingga 21,5 kilometer per liter (km/l) pada transmisi manual dan 20,01 km/l pada transmisi otomatis dengan mesin bensin 1.0 liter turbo.

Sedangkan mesin 1.200 cc lebih irit bahan bakar, Suzuki Fronx diklaim mampu mencapai 21,79 km/l pada transmisi manual dan 22,89 km/l pada transmisi otomatis.

Konsumsi bahan bakar di atas merupakan syarat untuk mobil LCGC yang memiliki minimal 20 km/liter. Mereka hemat bahan bakar untuk penggunaan perkotaan.

Selain mesin yang hemat bahan bakar, Suzuki Fronx juga akan bersaing dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dari segi dimensi. Ini karena panjang crossover kurang lebih sama.

Eksterior Suzuki Fronx
Dari segi dimensi, Fronx memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.550 mm, dan wheelbase 2.520 mm. Selain itu, crossover tersebut memiliki ground clearance 190 mm.

Dibandingkan dengan Raize, SUV kompak ini memiliki panjang 4.030 mm x lebar 1.710 mm x tinggi 1.635 mm x jarak sumbu roda 1.475 mm. Sedangkan ground clearance-nya 200 mm.

Untuk desain eksterior, Suzuki telah mengeluarkan pernyataan resmi di laman Nexa Experience bahwa Fronx didesain sebagai sebuah crossover.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:


TOYOTA FORTUNER

HONDA CR-V

MITSUBISHI XPANDER

Desainnya terinspirasi dari Suzuki Grand Vitara dan Baleno, dan hal ini sangat terlihat jelas di bagian depan mobil. Kombinasi tersebut membuatnya tampil maskulin, tetapi tetap manis dilihat.

Grille jaring pada mobil terlihat sangat menonjol dengan aksen krom, DRL LED, dan bumper yang cukup besar dengan lampu di atasnya.

Eksteriornya menampilkan sentuhan macho dengan penggunaan overvender berwarna hitam dan roof rail yang belum diketahui fungsinya. Apakah roof rail hanya aksesoris semata atau bisa digunakan sebagai pembawa roofbox, masih belum diketahui.

Interior Suzuki Fronx

Dalam hal interior Suzuki Fronx 2023, terdapat tampilan modern seperti Suzuki Baleno dengan sentuhan aksen perak pada dashboard SUV ini. Selain itu, ada kombinasi warna two tone (merah dan hitam) pada jok, dashboard, dan panel pintu.
Nih Gan, Suzuki yang Mirip Grand Vitara Tapi Lebih Murah

Konfigurasi joknya cukup untuk empat orang dengan empat head rest, dua di depan dan dua di belakang. Namun, bagasinya hanya dapat menampung barang sebanyak 308 liter, yang lebih kecil dari kompetitornya seperti bagasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang mencapai 369 liter. Hal ini disebabkan oleh dimensi Suzuki Fronx yang tidak terlalu besar.

Suzuki Fronx dilengkapi dengan fitur head unit berukuran 9 inci dengan dukungan sistem SmartPlay serta konektivitas ke Android Auto dan Apple CarPlay. Terdapat pula fitur AC digital, wireless charging, keyless entry dengan tombol Start/Stop, paddle shift, dan cruise control.

Untuk fitur keselamatan, tipe tertinggi Suzuki Fronx memiliki 6 titik airbag, Hill Hold Control, Electronic Stability Program (ESP), reverse parking sensors dengan bantuan kamera 360, serta sistem pengereman yang sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Namun, kekurangan Suzuki Fronx terletak pada fitur teknologi keselamatan aktif yang tidak dilengkapi. Rival-rivalnya seperti Toyota Raize sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS), sedangkan Daihatsu Rocky juga memiliki Advanced Safety Asisst (A.S.A.).

Harga

Harga Suzuki Fronx resmi untuk pasar India pada April 2023 dijual mulai Rp 134 jutaan untuk varian mesin 1.2 liter dan Rp 175 jutaan khusus yang bermesin 1.0 Liter Turbo.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN

Nih Gan, Suzuki yang Mirip Grand Vitara Tapi Lebih Murah
jlamp
rassakhiy
rassakhiy dan jlamp memberi reputasi
2
2.5K
18
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan