Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sakpattanaAvatar border
TS
sakpattana
6 Manfaat Jagung Bagi Manusia di Kehidupan dan Industri
6 Manfaat Jagung Bagi Manusia di Kehidupan dan Industri

Jagung adalah salah satu jenis bahan pangan yang sering kita konsumsi, makanan ini memiliki rasa manis dengan harga yang murah. Jagung bisa kita konsumsi dengan berbagai cara pengolahan yang beragam dengan rasa yang enak dan lezat. Tetapi tahukah kamu bahwa ada manfaat jagung bagi manusia lainnya selain diolah menjadi berbagai makanan yang lezat?
Perlu kamu ketahui, tanaman jagung adalah sebuah tanaman yang masuk dalam jenis rumput-rumputan. Jagung juga menjadi tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia, karena jagung digunakan sebagai bahan pokok, selain beras.

Tanaman Jagung juga merupakan tanaman yang bermanfaat untuk diolah menjadi pakan ternak, menjadi tepung jagung, minyak jagung, dan menjadi produk lainnya. Selain itu, produk turunan dari hasil pengolahan jagung juga digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan makanan ringan dan campuran kopi.

Manfaat Jagung Bagi Manusia di Kehidupan

Dan di bawah ini akan kami jelaskan lebih detail tentang manfaat jagung bagi manusia. Baik manfaat jagung bagi kesehatan ataupun manfaat jagung bagi kehidupan manusia.

1. Batang dan Daun Jagung Sebagai Pakan Ternak

Selain digunakan sebagai bahan bakar pengganti kayu bakar, batang dan daun jagung juga bermanfaat sebagai pakan ternak. Untuk bisa digunakan sebagai pakan ternak, batang dan daun jagung akan dicacah. Kemudian langsung diberikan kepada ternak, ataupun dicampur dengan bahan tertentu untuk meningkatkan nutrisi.

2. Kerajinan dari Kulit Jagung

Manfaat jagung bagi manusia selanjutnya adalah memanfaatkan kulit jagung untuk dijadikan sebagai kerajinan. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat menggunakan bahan kulit jagung.

Sehingga limbah hasil panen jagung, kulit jagung ini bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Kulit jagung bisa dibuat menjadi kerajinan seperti tas, karangan bunga, pigura, mahkota atau produk kerajinan lainnya.

3. Biji Jagung Menjadi Bahan Pangan

Seperti kita ketahui biji jagung sendiri memiliki manfaat utama sebagai bahan pangan atau bahan pokok. Di Indonesia sendiri, biji jagung sering dikonsumsi masyarakat sebagai pengganti beras. Karena jagung memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan tinggi serat.

Selain itu, jagung juga lebih aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit tertentu yang menghindari mengkonsumsi nasi.

Biji jagung selain digunakan sebagai bahan pokok, juga sering dibuat menjadi olahan makanan ringan seperti keripik jagung, berondong/pop corn, jagung serut, marning dan olahan jagung lainnya.

4. Pakan Ternak dari Olahan Biji Jagung

Selain dikonsumsi manusia, olahan biji jagung juga sering dibuat untuk menjadi pakan ternak. Untuk dijadikan pakan ternak, biji jagung akan digiling dan dicampur bakatul. Sehingga dengan campuran ini akan membuat hewan ternak lebih cepat gemuk dan memiliki kualitas daging yang bagus.

5. Pakan Ternak dari Bonggol Jagung

Bogol jagung juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Cara pengolahannya adalah bonggol jagung digiling, kemudian dijadikan menjadi tepung kering.

Pakan ternak dari tepung bonggol jagung ini dikenal dengan nama concobu. Pakan ternak ini memiliki kandungan protein, asam amino, mineral, dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan pada hewan ternak.

6. Baik Untuk Kesehatan Tubuh Manusia    

Manfaat jagung bagi kehidupan manusia selanjutnya adalah dari segi kesehatan. Ketika jagung dikonsumsi, ada beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan seperti :

Menjadi sumber energi bagi tubuh manusia
Baik untuk kesehatan mata, karena jagung mempunyai kandungan zat karotenoid
Membantu menaikan berat badan, karena jagung mempunyai karbohidrat tinggi
Pengganti gula tebu untuk penderita diabetes, karena gula jagung tidak menyebabkan kenaikan insulin bagi penderita diabetes
Menangkal radikal bebas
Mencegah depresi
Melancarkan pencernaan
Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat Jagung Bagi Manusia di Industri

Selain manfaat jagung bagi manusia yang disebutkan di atas, jagung juga bermanfaat untuk menjadi hasil olahan atau produk turunannya seperti :

Minyak Jagung
Tepung Jagung
Bahan Pembuatan Bahan Kimia
Kertas
Susu Jagung
Sirup Jagung
Gula Jagung
Mie Jagung
Sereal Jagung

Jadi itulah tadi beberapa manfaat jagung bagi manusia di kehidupan ataupun di industri yang bisa Anda ketahui.



0
119
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan