Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Wow, Chery Omoda 5 Versi EV Bakal Masuk ke Indonesia
Wow, Chery Omoda 5 Versi EV Bakal Masuk ke Indonesia
Chery International secara global memperkenalkan Chery Omoda 5 EV di Shanghai Auto Show 2023 pada hari Selasa (18/4/2023). Meskipun unit yang dipamerkan masih merupakan prototipe, versi produksinya akan mulai dipasarkan pada bulan September tahun ini.

Produksi Chery Omoda 5 EV akan difokuskan terlebih dahulu pada opsi setir kiri, dan tiga bulan setelah itu, opsi setir kanan akan menyusul. Ini adalah kabar baik bagi pasar Indonesia.

Shawn Xu, Wakil Presiden Chery International yang juga menjabat sebagai Presiden PT Chery Sales Indonesia (CSI), memastikan bahwa unit display Omoda 5 EV akan dibawa ke pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tanggal 10-20 Agustus 2023.

“Kami juga akan membawa dan memperkenalkan unit show Omoda 5 EV di GIIAS 2023,” kata Shawn dalam sebuah sesi wawancara eksklusif di Kantor Pusat Chery International di Wuhu, Cina, pada hari Kamis (20/4/2023).

Spesifikasi Chery Omoda 5 EV diinformasikan pada acara Driving Future Omoda & Jaecoo Brand Day pada Kamis malam. Untuk pasar global, nama resminya adalah Omoda C5 EV, dengan ‘C’ sebagai akronim dari Crossover.

David Lu, Kepala Insinyur Omoda & Jaecoo, menjelaskan bahwa Omoda 5 EV dilengkapi dengan baterai berkapasitas 61 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil listrik ini memiliki jarak jangkauan 450 km setelah pengisian penuh baterai.

Ini berbeda dari klaim di Shanghai Auto Show yang menyebutkan jarak jangkauan hingga 700 km. Dengan jarak tempuh 450 km, Omoda 5 EV memiliki daya jelajah yang mirip dengan Hyundai Ioniq 5 varian Signature Long Range yang mencapai 451 km.

Omoda 5 EV sudah dilengkapi dengan sistem pengisian baterai cepat atau fast charging. Pengisian dari posisi 0 hingga 80 persen dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 35 menit saja. Namun, perlu dicatat bahwa klaim ini tidak disertai dengan besaran daya listrik atau watt yang dibutuhkan.

Chery Omoda 5 EV memiliki efisiensi energi yang baik, dengan konsumsi listrik pabrikannya mencapai 15 kWh per 100 km atau setara dengan 1 kWh untuk jarak 6,6 km.

Dengan desain keseluruhan ini, Chery Omoda 5 EV dapat mencapai akselerasi dari posisi diam menuju 100 km dalam waktu 7,8 detik. Mobil ini juga memiliki Coefficient Drag (CD) atau hambatan angin di bawah 0,293, yang menunjukkan bahwa Chery Omoda 5 EV memiliki aerodinamika yang cukup mengesankan.

Power yang dihasilkan dari motor listriknya adalah 165 kW atau setara dengan 221 Hp, namun belum ada besaran torsinya yang diumumkan. Chery menyatakan bahwa dengan desain dan performa yang dimiliki, Omoda 5 EV dapat menarik beban hingga 750 kg.

Chery Omoda 5 EV dilengkapi dengan fungsi Vehicle to Load (V2L) yang memungkinkan mobil ini menjadi sumber listrik pendukung mobilitas penggunanya dalam kegiatan outdoor di mana saja dan kapan saja.

Keamanan juga menjadi fokus utama dari Chery Omoda 5, karena mobil SUV listrik ini telah lulus uji tabrak (crash test) Euro NCAP dengan predikat bintang 5.

Dengan demikian, mobil ini dapat dikategorikan sebagai mobil yang sangat aman dengan proteksi yang tinggi. Perlu diketahui bahwa Chery International memiliki perangkat uji tabrak sendiri di fasilitas manufakturnya yang terletak di Wuhu, Cina.

Interior Chery Omoda 5 EV
Dengan basis yang sama dengan versi bensinnya, spesifikasi interior Chery Omoda 5 EV 2023 tidak akan berbeda jauh.

Bagian kabin dilengkapi dengan teknologi terkini dengan tampilan visual yang estetis, seperti lampu ambient LED 64 warna yang terhubung dengan mode pengemudi dan irama musik.

Material jok, dashboard, dan doortrim terbuat dari bahan berkualitas. Untuk membuat kabin terlihat lebih lapang serta mendongkrak kemewahan, terdapat beberapa aksen panel kayu pada dashboard dan konsol tengah.

Head unit besar berukuran 10,25 inci tersambung dengan panel cluster digital. Head unit ini dapat mengakomodir sistem audio seperti radio, serta mendukung Android dan Apple CarPlay.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:


TOYOTA YARIS

HONDA FREED

MITSUBISHI XPANDER

Selain itu, head unit ini juga dapat menampilkan kamera parkir serta fitur pendukung mobil lainnya.

Ada juga AC digital dan wireless charging yang memudahkan penumpang dan pengemudi untuk mengisi baterai gawai.

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dari Negeri Tirai Bambu ini telah dilengkapi dengan fitur start/stop engine dan rem parkir otomatis untuk mendukung kenyamanan pengemudi.

Chery Omoda 5 EV seharusnya dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap seperti versi bensinnya, termasuk fitur ADAS yang terintegrasi dengan beberapa fitur keselamatan seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping and Automatic Low/High Beam Switching, Electronic Power Steering (EPS), Traffic Signal Recognition System, serta fitur modern lainnya.

Chery juga menginformasikan bahwa SUV listriknya siap untuk dilengkapi dengan fitur V2L (vehicle to load) yang dapat memberi pasokan listrik ke berbagai produk elektronik. Ini sangat penting, terutama bila kamu sedang berkegiatan outdoor bersama Omoda 5 EV.

Perkiraan Harga Chery Omoda 5 EV
Untuk harganya, informasi yang dapat kami sampaikan adalah bahwa Chery menyatakan Omoda 5 EV kemungkinan akan memiliki rival terdekat yaitu Hyundai Ioniq 5. Di Indonesia, mobil SUV listrik dari pabrikan Hyundai dijual mulai dari Rp 748 juta (OTR Jakarta).

Sehingga mobil listrik Chery seharusnya dapat dijual dengan harga yang lebih terjangkau, terutama jika diproduksi secara lokal di Indonesia.

Oleh karena itu, harga Omoda 5 EV 2023 seharusnya berkisar antara Rp 500-600 jutaan. Terlebih lagi, jika mobil ini mendapatkan subsidi, maka harga SUV ini akan semakin murah.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN
Wow, Chery Omoda 5 Versi EV Bakal Masuk ke Indonesia
bang.toyip
jenrinaldo09
rassakhiy
rassakhiy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan