si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
TCG Anadolu Resmi Bertugas, Inilah Falgship Terbaru Angkatan Laut Turki
Quote:


Pada hari Senin, 10 April 2023, Angkatan Laut Turki resmi menugaskan kapal barunya, TCG Anadolu, yang sekarang menjadi kapal perang terbesar di negara itu. Anadolu digolongkan sebagai kapal serbu amfibi, tetapi para pejabat di Turki mengatakan mereka memiliki rencana besar untuk menggunakan kapal itu sebagai pengangkut berbagai drone bersenjata. Dalam acara yang digelar hari Senin kemarin juga dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

TCG Anadolu dibuat berdasarkan desain dari kapal serbu amfibi Spanyol Juan Carlos I, pemotongan plat baja TCG Anadolu dilakukan pada 30 April 2016 di Galangan Kapal Sedef di kota Istanbul. Untuk peletakan lunas blok pertama dilakukan pada 5 Februari 2018. Pada 4 Mei 2019, Anadolu diluncurkan dari dok kering. Kapal lalu menyelesaikan pelayaran teknis pertamanya pada 7 Maret 2022, dilanjutkan dengan uji coba laut (sea trial) pada Juni 2022, dan pengirimannya ke Angkatan Laut Turki selesai pada 21 Januari 2023.

Dalam upacara yang juga diadakan di Sedef, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mencatat bahwa 70% material Anadolu menggunakan suku cadang dan komponen yang dibuat di Turki. Termasuk senjata, sistem tempur, radar, kemampuan pencarian dan pelacakan inframerah, dan rangkaian perangkat peperangan elektronik.

Kapal serbu amfibi juga dikenal sebagai LHD (landing helicopter dock), dengan dek penerbangan besar di atas dan dek tambahan di belakang. Ini dimaksudkan untuk memproyeksikan pasukan ke darat selama serangan amfibi menggunakan helikopter, kapal pendarat, dan kendaraan lapis baja ringan dan berat.

Quote:


Pada bulan Februari 2023, dilaporkan bahwa untuk mewujudkan pergeseran sayap udara Anadolu, kapal tersebut telah menjalani sedikit perbaikan pada infrastrukturnya untuk mendukung operasi drone dengan lebih baik. Ini termasuk pengenalan stasiun kontrol drone dengan terminal satelit untuk koneksi jarak jauh, pemasangan 'sistem rol' di haluan kapal untuk membantu meluncurkan pesawat tanpa awak, penambahan sistem penangkap roda gigi di geladak untuk memfasilitasi pendaratan kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV), dan jaring pengaman untuk pemulihan jenis drone yang lebih kecil. Untuk operasional drone dan helikopter, dek Anadolu memiliki luas 9.200 meter persegi.

Tergantung pada misinya, TCG Anadolu dapat membawa 12 pesawat tempur berawak atau tak berawak, 21 jenis helikopter, dan drone tempur sebagai aset udara. Untuk misi serbuan amfibi Anadolu dapat membawa muatan berups 13 unit Main Battle Tank (MBT), 27 unit kendaraan tempur serbu amfibi ZAHA, 6 pengangkut personel lapis baja, 33 kendaraan ringan dan berat, dan 15 trailer di geladaknya. Untuk menggeser pasukan marinir dan perlengkapannya, Anadolu bisa membawa 4 landing craft mechanized (LCM) dan 2 landing craft, vehicle, personnel (LCVP).

Anadolu memiliki panjang 231 meter, lebar 32 meter dan bobot 27.436 ton. Kapal induk ini memiliki kecepatan tertinggi 20,5 knot dan jangkauan 9.000 mil laut (90 hari) saat terisi muatan penuh. Kapal bisa membawa satu batalion yang terdiri dari 1.400 personel serta diawaki oleh 400 pelaut. Kapal ini juga dilengkapi fasilitas kesehatan yang lengkap, dan Presiden Erdogan menyebut jika kapal kelak juga bisa dilibatkan dalam misi kemanusiaan.

Quote:


FYI nih Gan, sebenarnya dulu TCG Anadolu akan dilengkapi dengan F-35B sebagai sayap udaranya. Tetapi karena Turki membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia, maka kontrak pengadaan dan pengembangan F-35 diputus oleh Amerika. Tak kehilangan akal, Turki kemudian memilih drone Bayraktar TB3 sebagai ganti F-35 untuk beroperasi di TCG Anadolu.

Bayraktar TB3 adalah drone tempur yang dikembangkan dari varian Bayraktar TB2, versi TB3 memiliki desain sayap lipat untuk beroperasi di TCG Anadolu. Selain TB3, kelak Anadolu kemungkinan juga akan dilengkapi dengan Bayraktar Kizilelma, drone tempur bermesin jet.

Kini TCG Anadolu resmi menjadi flagshipdi Angkatan Laut Turki Gan, flagship sendiri diartikan sebagai kapal utama yang mempunyai persenjataan mumpuni diantara kapal lainnya. Di sisi lain, Anadolu juga jadi kapal terbesar pertama yang berhasil dibuat oleh Turki. Membuktikan jika mereka tak melulu bergantung pada teknologi dari Amerika. Sementara itu, untuk menyokong industri dalam negeri, Presiden Erdogan mengatakan akan meningkatkan anggaran pertahanan mencapai US$75 miliar pada periode berikutnya.




--------------




Referensi Tulisan: indomiliter.com& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 26-04-2024 15:09
69banditos
black.robo
sormin180
sormin180 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan