harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Begini Reaksi Tokoh Dayak Terkait Pernyataan Pesulap Merah Soal Ida Dayak!


Screenshot Pribadi

Seperti yang beberapa waktu Ida Dayak menghebohkan publik setelah pengobatannya beberapa waktu lalu mengakibatkan kemacetan di Cilodong, Depok. Ia adalah sosok praktisi pengobatan alternatif untuk menyembuhkan keseleo dan patah tulang. Atau simpelnya kita sebut tukang urut. Salah satu yang membuatnya ramai adalah pengobatannya yang gratis.

Menanggapi keramaian yang disebabkan Ida Dayak, Pesulap Merah sempat memberikan komentar mengenai pengobatan Ida Dayak. Termasuk minyak merah yang katanya manjur untuk menyembuhkan penyakit dan mengeluarkan darah kotor. Menurut Pesulap Merah, semua itu tidak ada hubungannya dengan hal supranatural sama sekali.

Terbaru, Pesulap Merah kembali membuat statement yang dianggap kurang pantas. Di mana ia menyebut akan banyak orang yang menantangnya untuk datang ke Kalimantan dan membuktikan kesaktian suku Dayak. Menanggapi tantangan itu, Marcel meminta untuk dibiayai ongkos perjalanannya dan sebut siapa tokoh Dayak yang harus ia temui dan ia akan lakukan pembuktian.


Sumber Gambar

Kalau tidak terbukti maka ia akan ganti ongkos itu dengan jumlah 10 kali lipat! Ucapan Marcel yang terkesan menantang itu mendapat tanggapan dari salah satu tokoh Dayak bernama Yohannes Nabau. Dalam TikTok-nya ia menyebut bahwa sebagai orang dengan banyak pengikut, Marcel tidak pantas mengucapkan kata-kata seperti itu.

Yohannes menilai seharusnya Pesulap Merah menggunakan kata-kata dan bahasa yang lebih adem. Lebih mengedukasi dan tidak terkesan menantang. Karena tidak semua orang bisa menerima perkataan Marcel di dalam video tersebut.

Sementara itu, sato tokoh adat Dayak lainnya yakni Eda Steven Lalung dalam TikTok-nya meminta untuk bertemu dengan Pesulap Merah untuk membicarakan perihal adat Dayak ini. Bahkan Pesulap Merah tidak perlu jauh-jauh ke Kalimantan karena rupanya Eda Steven Lalung yang malah mendatangi Pesulap Merah ke Jakarta.


Sumber Gambar

Keduanya sudah menjalin komunikasi dengan baik tanpa ada ketegangan. Menurutnya, Eda Steven Lalung menyampaikan supaya adat Dayak tidak dipandang seram dan menakutkan. Kini keduanya menjalin hubungan yang baik. Marcel pun bersyukur karena kini dirinya mendapat sahabat orang Dayak.

Terakhir, Ki Sanca Wulung dari asal Tasikmalaya juga memberikan saran supaya Pesulap Merah tidak nyinyi dengan kebaikan orang dan merasa paling pintar dari semua orang.

Ya, sejak dulu Pesulap Merah memang memiliki niat baik untuk mengedukasi masyarakat untuk tidak mudah tertipu dengan hal-hal dan praktek mistis. TS sangat mendukung apa yang ia kerjakan itu. Tapi yang perlu diingat adalah penggunaan bahasa. Tetap gunakan bahasa yang sopan untuk menghindari terjadinya blunder.

Konten Sensitif

Sumber Gambar

Mungkin memang gaya bicaranya yang keras, mungkin menurutnya tidak apa-apa bicara seperti itu. Tapi kan yang ia hadapi ini netizen, internet, siapa saja bisa melihat. Dan tidak semuanya dapat menerima seperti yang Yohannes Nabau katakana. Jadi alangkah baiknya, gunakan bahasa yang santun dan tidak terkesan menantang.

Apakah karena videonya dipotong sehingga terkesan menantang? Tidak juga. Bukan soal apa yang diucapkan, tapi cara mengucapkannya yang memang tak bisa diterima semua orang. Niatnya sudah bagus, tapi main aman sajalah.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, apakah perkataan Pesulap Merah ini salah? Videonya akan TS drop di reply pertama.emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
mancitybest
goeltom25338186
anakumakden
anakumakden dan 25 lainnya memberi reputasi
26
12.1K
321
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan