harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Mengapa Ahmad Dhani Melarang Once Membawakan Lagu Dewa 19? Ini Sebabnya!

Sumber Gambar

Dunia musik di Indonesia memang sudah memiliki sejarah panjang dengan berbagai lika-liku dan macam-macam jenis tren di dalamnya. Mulai dari solo, hingga band. Dari dangdut hingga rock, semua memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu band yang cukup terkenal adalah Dewa 19 yang dibentuk sejak 1986 lalu.

Band yang identik dengan Ahmad Dhani ini memang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan konser terakhirnya yang diadakan di JIS beberapa waktu lalu berjalan sukses dan menarik minat puluhan ribu orang untuk datang. Konser itu pun disebut-sebut full house. Salah satu yang kini sudah jadi mantan personel band ini adalah Once.

Sejak keluar dari Dewa 19 pada 2010 lalu, Once memilih untuk bersolo karir sendiri dan memiliki beberapa lagu. Namun ada hal yang menarik di mana Ahmad Dhani melarang Once untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Banyak isu yang berkembang di mana dikabarkan terjadi konflik antara Ahmad Dhani dan Once. Tapi sang vokalis Dewa 19 tidak membenarkan hal itu.


Sumber Gambar

Menurut Ahmad Dhani, alasannya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 adalah karena Once sudah keluar dari band tersebut pada 2010 lalu. Menurutnya ini adalah resiko yang harus diterima, jika ia sudah keluar dari band maka tidak diperkenankan untuk bernyanyi lagu band itu lagi.

Ahmad Dhani juga menyinggung konser dan tur Dewa 19 yang akan diadakan usai lebaran nanti. Jadi selama berjalannya konser mereka, Dhani tidak ingin ada konser-konser lain yang menyanyikan lagu Dewa 19. Mungkin untuk menjaga ekslusivitas lagu-lagu ini di dalam Dewa 19.

Selain itu ada juga masalah royalti. Menurutnya, penyanyi yang menyanyikan lagunya di suatu acara seharusnya membayar royalty bila lagunya dibawakan di suatu acara. Ia tidak menuntut si penyanyi, melainkan event organizer-nya. Namun meski begitu, sebagai seorang penyanyi seharusnya memiliki niat baik untuk sekiranya meminta izin untuk membawakan lagu Dewa 19 yang diciptakan Ahmad Dhani.


Sumber Gambar

Kabarnya, jika diketahui Once menyanyikan lagu Dewa 19 tanpa persetujuan Ahmad Dhani, maka vokalis Dewa 19 itu tak akan ragu untuk membawanya ke jalur hukum. Hal ini sebagai bentuk ketegasan seorang pencipta lagu terhadap karya-karyanya.

Di samping isu-isu yang beredar, Ahmad Dhani mengaku tetap berteman baik dengan Once. Tapi untuk urusan bisnis seperti ini, memang ia harus tegas. Ya biar bagaimana pun, lagu-lagu ini memang ciptaan Ahmad Dhani dan dia berhak menerapkan aturan main apa pun terhadap karyanya.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, apakah yang dilakukan Ahmad Dhani sudah tepat?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
arsenalkufc
jintuang
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
8.2K
252
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan