si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
DPR Menyetujui Hibah 15 Unit Bushmaster Dalam Kondisi Refurbished dari Australia
Quote:


Menyambung tulisan yang TS tulis hampir 2 tahun yang lalu tentang hibah Bushmaster untuk TNI, kali ini ada update terbaru jika anggota DPR di Senayan sudah menyetujui hibah 15 unit Bushmaster dari Australia. Kilas balik pada 9 September 2021, Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton dan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dalam pertemuan di Jakarta untuk menandatangani perpanjangan kerja sama pertahanan atau Defense Cooperation Arrangement antar kedua negara. Dalam pertemuan itu juga dibahas hibah sebanyak 15 unit Bushmaster.

Dirangkum dari detik.com, Komisi I melakukan rapat pada 3 April 2023 bersama Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk membahas hibah Bushmaster. Setelah mendengar pemaparan dari Wamenhan dan Panglima TNI, pimpinan rapat sekaligus Wakil Ketua Komisi I Abdul Haris membacakan kesimpulan rapat. Mengatakan jika Bushmaster akan digunakan untuk mendukung serta meningkatkan kemampuan personel Satgas Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia (OPPD).

Sementara itu Wamenhan RI menyampaikan 4 keuntungan hibah Bsuhmaster dari Asutralia sebagai berikut:

1. Aspek Teknis

Rantis (kendaraan taktis) Bushmaster dalam kondisi baik dan siap pakai, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelatihan dan operasi.

2. Aspek Strategis

Hibah tidak mengikat Indonesia terhadap Australia di kemudian hari. Sebab, Bushmaster dihibahkan tanpa syarat apa pun. Karena tanpa syarat apa pun, rantis siap digunakan untuk mendukung tugas PMPP TNI dalam rangka operasi perdamaian dunia.

3. Aspek Politis

Menurut Wamenhan, hibah Bushmaster dapat meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Australia, khususnya di bidang pertahanan dan operasi perdamaian. Serta tidak mempengaruhi kebijakan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dan mendukung operasi perdamaian dunia.

4. Aspek Ekonomis

Indonesia tidak mengeluarkan biaya apapun dalam penerimaan hibah 15 unit rantis Bushmaster. Menurut Wamenhan, hibah dapat mengurangi anggaran dana pemeliharaan PMPP TNI hingga 5 tahun ke depan. Kemhan dan TNI tidak perlu mengalokasikan dana anggaran untuk pembelian rantis untuk misi daerah gurun pasir, karena Bushmaster masih dapat beroperasi hingga 20 tahun ke depan.


Quote:


Senagai tambahan informasi nih Gan, Wamenhan Herindra menambahkan jika ke-15 unit rantis dalam keadaan refurbished, total nilai pengadaan serta peralatan pendukung untuk Bushmaster adalah AUD 29 juta atau sekitar Rp 290 miliar. Total 15 unit Bushmaster yang akan diterima terdiri dari 13 varian Troops, 1 varian Command, dan 1 tipe Ambulans serta suku cadang pendukung. Australia juga akan memberi beberapa pelatihan mulai tanggal 22 Mei hingga 7 Juli 2023 untuk pengoperasian Bushmaster.

Angkatan Darat Australia total memiliki 946 unit Bushmaster, di mana rantis ini juga sudah dikerahkan ke Irak dan Afghanistan. Keunggulan Bushmaster adalah mampu melindungi personel dari ancaman ledakan bom, IED (Improvised Explosive Device) dan serangan senjata api. Dari total 100 unit Bushmaster yang dikerahkan di Irak dan Afghanistan yang terkena serangan ranjau; tidak dilaporkan adanya korban jiwa. Hal ini merupakan wujud dari ketangguhan Bushmaster dalam melawan ledakan ranjau. Total 20 unit Bushmaster juga telah dihibahkan ke Ukraina. Dan dibawah ini adalah spesifikasi lengkap Bushmaster:


Bushmaster

Negara Asal: Australia
Produsen: Thales
Keu: 2+8
Bobot Kosong: 12,4 ton
Panjang: 6,6 m
Lebar: 2,5 m
Tinggi: 2,65 m
Mesin: Caterpillar 3126 ATAAC diesel (300 hp)
Kecepatan Maksimum: 100 km/jam (on road)
Daya Jelajah: 800 km
Persenjataan: 1 x senapan mesin kaliber 7.62 mm/12.7 mm




------------------




Referensi Tulisan: Anadolu Agency& detik.com
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 08-07-2023 15:16
angelkidz
gonugraha76
69banditos
69banditos dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan