febi12283Avatar border
TS
febi12283
3 Sayuran yang Kerap Dijadikan Lalapan Makanan Di Indonesia


Ilustrasi lalapan(Pexels.com)



Makan dengan lalapan telah menjadi satu akar budaya dalam dunia kuliner nusantara sejak dahulu kala, kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka memakan sayuran segar dengan lauk pauk dan sambal yang tidak hanya menggoda selera tapi juga mampu membangkitkan nafsu untuk makan dengan lahapnya.


Selama ini kita mengenal suku sunda sebagai masyarakat yang gemar sekali dalam mengkonsumsi sayuran segar dan mentah kemudian dicampur dengan nasi dan sambal, padahal hampir seluruh wilayah nusantara mengenal apa itu lalapan yang sering menemani makanan dan hidangan khas dari kuliner asli Indonesia sampai saat ini. Dari beberapa lalapan yang ada selama ini, ada beberapa sayuran yang masih menjadi favorit dan kerap ada dalam setiap masakan khas setiap daerah, dan hal itu adalah:

 
1. Timun

Timun menjadi sebuah lalapan yang tidak bisa dipisahkan, tanaman yang bernama latin Cucumis Sativus ini memang disukai oleh banyak pecinta makanan nusantara, timun memang bisa dihidangkan hampir disemua makanan khas daerah Indonesia, bahkan timun sering kita jumpai dalam jajanan pasar kaki lima seperti nasi goreng bahkan mie goreng.

Hal itulah yang kemudian menjadikan timun sebagai sayuran yang kerap dijadikan lalapan untuk menemani hidangan makanan di rumah bersama keluarga, timun kerap disantap dengan sambal bahkan menggunakan lauk dan gulai sekalipun.
 
2. Kol

Sayuran kol menjadi lalapan kedua yang banyak kite temui saat ini, sering ada dalam makanan dan jajanan kaki lima, seperti nasi goreng, pecel lele dan ayam geprek, kol kerap dimakan mentah dengan dicuci terlebih dahulu.

Sayuran yang menyehatkan ini memang mudah ditemui di seluruh wilayah Indonesia, melimpahnya jumlah sayuran kol di pasaran menjadikan tanaman yang mudah tumbuh di dataran tinggi ini menjadi favorit pencinta lalapan diseluruh pecinta makanan khas nusantara.
 
3. Kemangi

Kemangi biasanya menjadi lalapan yang ada dalam makanan yang menggunakan sambal khas, dan nasi dengan aroma yang harum, seperti nasi uduk atau ayam bakar, manfaat kemangi dalam makanan menjadikan aroma sekitar makanan wangi dan enak untuk disantap.

Kemangi memang memiliki rasa yang sedikit tajam dilidah, tidak semua orang menyukai kemangi menjadi lalapan dalam sebuah hidangan, tapi aroma yang khas dan rasa yang unik itulah menjadikan kemangi favorit dan kesukaan bagi pecinta lalapan diseluruh Indonesia khususnya para pecinta kuliner nusantara.
 
 


Itulah tadi beberapa lalapan yang menjadi favorit bagi pecinta kuliner nusantara, sebagai bangsa yang mempunyai banyak tradisi memasak, kita mempunyai banyak sekali aneka tanaman dan sayuran yang bisa kita gunakan untuk menjadi teman dalam hidangan agar rasanya terasa nikmat dan penuh dengan cita rasa yang bikin kangen selamanya.






beyourself11
whitehair876
whitehair876 dan beyourself11 memberi reputasi
2
1.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan